Solusi Tidak Bisa Membuka Microsoft Store

0

Apabila kalian memakai windows 8 dan 10 mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi microsoft store. Dengan memakai microsoft store, kalian bisa menginstall aplikasi yang kalian inginkan, seperti instagram.

Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan dari window, dan untuk memakainya kalian harus login dengan akun microsoft terlebih dahulu

Biasanya orang jarang sekali memakai aplikasi ini karena beberapa alasan, salah satunya sering terjadi error yang membuat microsoft store tidak bisa dibuka.

Baca Juga : Membuat Dark Mode Google Play Store

Hal ini bisa dikarenakan oleh beberapa hal, mulai dari koneksi internet, error cache, zona waktu dan lokasi yang salah dan lainnya. Untuk solusinya, kalian bisa membaca beberapa solusi microsoft store tidak bisa dibuka yang sudah saya rangkum di bawah ini.

Reset Cache Microsoft Store

Pesan error yang muncul Windows Store cache may be damaged, bisa dikarenakan oleh error dari cache microsoft store tesebut. Solusinya kalian tentu harus menghapus dan melakukan reset cache dari microsft store.

Caranya yang pertama, buka aplikasi run dengan menekan tombol windows + r, lalu ketik wsreset.exe dan enter atau tekan OK.

Kemudian, proses reset akan berjalan, kalian hanya perlu menunggu beberapa saat. Kalau sudah selesai, maka secara otomatis jendela cmd akan tertutup dan microsoft store akan terbuka

Manipulasi Cache Folder

 

Cara kedua bisa kalian pakai dengan manipulasi cache folder. Beberapa cache yang rusak dan error bisa kalian manipulasi ke folder baru sehingga microsft store tidak bermasalah saat dibuka.

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menutup semua layanan microsft store secara paksa memakai task manager. Untuk membuka task manager, klik kanan pada taskbar kemudian pilih task manager atau tekan tombol keyboard Ctrl+Alt+Del

READ  Cara Mengganti Bahasa WhatsApp

Baca Juga : Cara Logout dari Akun Google Play Store Android

Setelah itu, pilih aplikasi yang berhubungan dengan microsoft store, lalu klik kanan dan pilih end task

Selanjutnya kalian masuk ke folder berikut ini:  C:\Users\username\AppData\Local\Packages\\WinStore_[nilai sampah]\LocalState. Disini kalian akan melihat folder cache dan ganti folder tersebut dengan nama CacheTemp

Matikan Proxy dan VPN

 

Beberapa masalah koneksi internet, umumnya terjadi karena proxy yang tidak sengaja kalian pakai dan belum dimatikan.

Tak jarang proxy dan vpn ini akan membuat koneksi internet menjadi tidak stabil dan membuat kalian tidak bisa mengakses microsoft store.

Oleh sebab itu kalian harus mematikan vpn atau proxy yang dipakai sebelumnya.

Baca Juga : Cara Mengoptimalkan Pemakaian Google Play Store

Caranya mudah. Kalian klik icon wifi pada bagian kanan bawah taskbar. Kemudian klik Network & Internet settings. Di bagian kiri, silahkan pilih menu Proxy. Nanti di bagian Manual Proxy Setup, silahkan off-kan opsi use a proxy server.

Repair Microsoft Store Dengan Powershell Command

Mirip dengan cmd, powershell command juga bisa kalian pakai untuk memasukkan perintah untuk melakukan pengaturan.  Tetapi powershell command mempunyai akses yang lebih dari cmd.

Kalian dapat melakukan repair pada microsoft store memakai powershell command agar nantinya aplikasi tersebut bisa dibuka kembali.

Langkah awal, buka menu start lalu pada kolom pencarian ketik Powershell. Kemudian pada pilihan Powershell, silahkan klik kanan lalu tap opsi run as administrator

Baca Juga : Cara Backup dan Restore Data Xiaomi

Sesudah powershell terbuka, ketik perintah berikut, Add-AppxPackage-DisableDevelopmentMode-Register$env:SystemRoot\WinStore\AppxManifest.XML dan tekan enter

Tunggu proses repair selesai, kalau sudah restart komputer. Lalu kalian coba buka kembali microsoft store.

Sesuaikan Lokasi dan Waktu

Beberapa masalah sering muncul apabila settingan waktu dan lokasi yang dipakai salah atau tidak sesuai, termasuk saat membuka microsoft Store. Karena itu kalian perlu melakukan penyesuaian waktu, zona waktu dan lokasi.

Baca Juga : Cara Menambahkan Metode Pembayaran Telkomsel di Google Play Store

READ  Cara Mengirim Aplikasi Lewat WhatsApp

Kalian harus klik kanan pada bagian waktu atau tanggal di bagian bawah kanan taskbar. Kemudian klik adjust date/time. Pilih menu additional date, time, & regional settings. Lali, pilih change the time zone

Disini kalian bisa menyesuaikan zona waktu, tanggal hingga jam.

Itu tadi solusi microsoft store tidak bisa dibuka. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.