Sony Kenalkan Joystick PlayStation 5, DualSense!

0

Penjelasan panjang lebar dari Mark Cerny beberapa waktu lalu, mungkin membuat kalian sedikit kecewa. Di saat semua orang penasaran dengan bentuk PlayStation 5, Sony justru memberikan spesifikasi mendalam layaknya materi kuliah.

Padahal kami rasa itu juga penting karena akhirnya kalian bisa membayangkan betapa kuatnya PS5 dengan teknologi canggih. Sekarang, setidaknya rasa penasaran kalian pada PS5 akan sedikit berkurang. Sebab, Sony akhirnya mennampilkan joystick atau kontroler PS5 yang diberi nama DualSense.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Fungsi Dan Penggunaan USB OTG.

Dalam blog resminya, Sony mengenalkan DualSense sebagai joystick PS5 nantinya. Sesuai namanya, Sony ingin memberikan pengalaman baru ke para pemain lewat joystick buatan mereka.

Berbeda dengan controller DualShock, kontroler baru ini mengalami sejumlah perubahan. Yang paling mencolok adalah perubahan kombinasi warna.

Nampak Sony memberikan warna dominan putih dengan paduan hitam. Ditambah warna biru pada sisi touchpad kontroler DualSense ini.

Salah satu yang utama dari DualSense ini adalah tekonlogi haptic feedback. Nanti di sana para pemain bisa merasakan sensai getaran yang berbeda, langsung dari layar permainan ke genggaman lewat DualSense.

Akan tetapi, secara layout tombol tidak ada perubahan yang signifikan. Sama d-pad dikiri, tombol kotak, segitiga, lingkaran, dan silang di kanan.

Baca Juga : 2 Versi Terbaru Paystation 5 .

Teknologi baru yang disematkan ke kontroler ini adalah haptic feedbak yang memberikan sensasi bermain lebih nyata.

Dengan haptic feedback ini bisa mensimulasi getaran seperti di dunia nyata. Misal main game balap, akan terasa getaran seperti di mobil.

DualSense ini juga memberikan Adaptive Triggers (L2/R2). Yang membuat tombol jadi jadi terasa realistis seperti aksi dalam game.

Baca Juga : Game Call Duty Warzone Ungguli PC .

Tombol L2 dan R2 kini juga mengadaptasi teknologi adaptive trigger yang bisa pemainnya lebih merasakan aksi yang dilakukan di dalam permainan seperti contohnya saat menarik panah saat akan memakai busur. Akan terasa lebih berat. Juga memberikan sensasi berbeda ketika melepaskan anak panah.

Dan tetap dua buah analog stick berada di tengah bawah touchpad. Selanjutnya diselanya ada speaker, logo PlayStation dan microphone.

Yang terlihat berbeda adalah sisi ergonomisnya, yang sekarang lebih membulat dan mengikuti bentuk genggaman tangan.

Sony juga mengganti tombol Share dengan tombol yang disebut ‘Create’ yang bisa pemain gunakan untuk membagikan konten lebih banyak lagi. Fitur ini memungkinkan penggunanya menangkap screenshot sampai merekam gameplay untuk dibagikan ke media sosial.

DualSense juga dilengkapi dengan ada mikrofon built-in sehingga pemain bisa berbincang dengan teman bahkan tanpa headset.

Baca Juga : Game Valthirian Arc Hadir di Indonesia .

Di sisi belakang kini terlihat port USB type-C sebagai charger taupun untuk menyambungkan DualSense ke PlayStation 5.

Sony juga mengubah ukuran touchpad yang lebih luas. Juga memindahkan lightbar yang dulu di belakang kini di sisi touchpad.

Mereka mengklaim bahwa berat kontroler baru ini lebih ringan. Walau begitu, DualSense punya baterai dengan daya tahan yang lebih lama.

Hanya saja Sony belum membagikan informasi tentang keberadaan back buttom pada DualSense ini. Fitur yang diperkirakan akan jadi bawaannya.

Baca Juga : PC Remain Game Psikologi Uji Nyali .

Itulah wujud dari kontroler DualSense untuk PlayStation 5 yang akan menggantikan DualShock.

Di akhir blog, Presiden dan CEO Sony, Jim Ryan, masih yakin PS5 akan rilis sesuai jadwal, yakni pada musim liburan 2020 mendatang.

Apakah kalian makin tertarik dengan PS5? Sudah tidak sabar ingin menjajal kemampuannya dalam bermain game? Langsung tabung uang kalian dari sekarang agar nanti saat rilis kalian tidak kebabisan ya, Gaes.

Pastinya kalian akan mendapatkan pengalaman bermain game lebih seru dengan joystik baru dari Sony ini.

Semoga bermanfaat.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.