Steam Pecahkan Rekor dengan User Aktif Mencapai 20 Juta Orang Akibat Karantina Corona

0

Penyebaran pandemi Corona yang makin meluas hingga ke hampir seluruh dunia membuat banyak orang dan negara terkena dampaknya. Banyak orang terpaksa mengisolasi diri di dalam rumah untuk menghindari penyebaran pandemi Corona yang makin merata hampir ke seluruh dunia. 

Salah satu dampaknya adalah batalnya acara-acara pameran game yang biasanya dilaksanakan rutin setiap tahun. Di Indonesia sendiri, banyak sekolah terpaksa diliburkan untuk mencegah penyebaran virus ini selama 2 minggu. Menurut info yang beredar, masa inkubasi virus covid 19 ini adalah 14 hari. Karena itu, berbagai acara baik internasional, lokal, kunjungan, dan ujian sekolah pun harus diliburkan sementara waktu sampai wabah corona mereda.

Dengan adanya kejadian luar biasa ini, tentu saja banyak gamers yang merasa sedih dan kecewa karena mereka tidak bisa menghadiri pameran game yang sudah rutin diadakan setiap tahun tersebut. Mereka harus menunggu lagi untuk waktu yang belum bisa ditentukan untuk menghadiri acara pameran game-game terbaru tserebut.

Penyebaran COVID-19 juga mewajibkan masyarakat untuk melakukan segala hal di rumah, termasuk kerja, menghindari keramaian, dan ditutupnya sekolah-sekolah. Orang-orang yang mengikuti himbauan di berbagai negara untuk mengisolasi diri di dalam rumah, akhirnya membuat banyak hal yang bisa dilakukan di dalam rumah contohnya menonton televisi, bermain game, menjahit, berkirim data dengan sistem online, pembelajaran jarak jauh visa online juga, dan lain sebagainya.

Pemberitahuan yang mengharuskan orang-orang untuk mengisolasi dirinya di dalam rumah ini justru berdampak pada kenaikan jumlah pemain atau user aktif  di Steam. Mereka mendapat rekor baru dengan jumlah user yang aktif dalam waktu bersamaan mencapai hampir 20 juta orang.

Data statistik tracker milik Steam pada tanggal 15 maret kemarin saja mencatat ada 20.245.755 pemain yang bermain secara bersamaan dengan 6.326.383 pemain yang sedang bermain di dalam game. Terjadinya kenaikan jumlah pemain ini diduga disebabkan oleh penyebaran wabah virus COVID-19.

Di samping angka jumlah pemain yang aktif secara bersamaan, di steamdb.info juga ada rincian game yang paling banyak dimainkan. Counter-Strike: Global Offensive mencapai angkau 1 juta user aktif, di tempat kedua ada Dota 2 yang saat ini mencapai kurang lebih 600ribu user atau pemain aktif.

Sejak kenaikan jumlah User atau pemain aktif, peringkat game yang ada  di kolom game tidak berubah alias tetap. Di tempat ketiga, PUBG mencapai angka 300.115 pemain aktif yang bermain bersama. Untuk posisi di bawahnya, ada Grand Theft Auto V dan Rainbow Six Siege.

Buat kalian para gamers, akan selalu ada berkah di balik cobaan dari Tuhan. Dengan adanya karantina Corona ini, kalian justru bisa mengasah kemampuan kalian dalam gaming apakah meningkat atau stagnan. Kalian para gamers juga jadi tahu rekomendasi game apa saja yang bisa kalian mainkan meskipun berada di dalam rumah.

Pesan saya sih, meski hobi main game, jangan sampai lupa waktu. Lupa mengerjakan hal-hal lain untuk membuat masa depan kalian jadi lebih baik.

Demikianlah sekilas informasi terkait dampak karantina corona yang justru memberi keuntungan pada produsen pembuat aplikasi berbagai game yang sudah meluncur dan rilis di Indonesia. 

Sikapi dengan bijak. Jangan jadikan Corona alasan malas beraktivitas di dalam rumah. Maksimalkan potensi kalian dengan keterbatasan yang seharusnya tidak menjadi penghalan kesuksesan kalian.

Semoga bermanfaat artikelnya. Semangat buat yang masih sibuk gaming. Jangan lupa kewajiban lain dilaksanakan sebelum main game. 

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.