Sudah Cek Fitur Tukar Tambah di Tokopedia?

0

Tentu saja kamu sudah mengetahui Tokopedia, atau mungkin juga kamu sudah sering berbelanja di layanan tersebut. Tokopedia mempunyai suatu layanan yang mungkin kamu belum mengetahuinya, yaitu fitur Tukar Tambah! Fitur ini merupakan hasil kerja sama antara Tokopedia dan Laku6.com. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu datang ke toko offline untuk menukarkan ponselnya.

Ulasan kompas menyampaikan, peluncuran fitur ini di latarbelakangi oleh meningkatnya keinginan masyarakat untuk meng-upgrade smartphone di era digital ini. Peningkatan ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya daya beli smartphone oleh masyarakat pada tahun 2018, hingga menyentuh kisaran 38 juta perangkat.

Sama seperti proses tukar tambah pada umumnya, proses tukar tambah pada fitur ini dapat dilakukan dengan memotong harga smartphone baru dengan harga jual dari smartphone lama. Untuk menentukan harga jual smartphone lama Tokopedia akan melakukan berbagai pengecekan melalui aplikasi, selayaknya fitur test hardware smartphone pada umumnya.

Oke langsung cek saja ya bagaimana menggunakan fitur Tukar Tambah di Tokopedia. Simak baik baik ya!

  1. Tentunya kamu perlu mempunyai aplikasi Tokopedia di ponsel kamu. Cara downloadnya mudah sekali, silahkan buka Google Play Store atau Apple App Store (bagi pengguna Apple)
  2. Jika sudah ada, buka Aplikasi Tokopedia (jangan lupa login dengan akun kamu ya)
  3. Cari Smartphone dengan tipe yang kamu inginkan dengan fitur pencarian. Kemudian klik Filter Tukar Tambah
  4. Kamu akan melihat produk yang kamu cari dengan ditandai dengan tanda tukar tambah di bawah fotonya
  5. Gulir ke bawah lalu tekan banner “Tukar tambah sekarang juga”. Lengkapi detail produk yang akan dibeli dengan data seperti warna, jumlah, keterangan tambahan untuk penjual, dll
  6. Setelah pengisian selesai, klik Tukar Tambah, lalu klik Setuju agar aplikasi dapat mengecek model perangkat. Jika diminta nomor IMEI, jangan lupa untuk memasukannya ya
  7. Salin link yang tertera pada halaman yang ditampilkan. Kemudiak kirim link tersebut dan buka melalui perangkat lain. Ikuti petunjuk yang diberikan, seperti memfoto bagian depan dan belakang smartphone lama yang ingin ditukarkan (jangan menutup aplikasi Tokopedia sampai proses selesai)
  8. Setelah beberapa lama, aplikasi akan menampilkan harga jual smartphone lama berdasarkan kondisinya, sekaligus menampilkan harga smartphone baru yang sudah dipotong dari harga tersebut.
  9. Jika setuju, kamu bisa klik Lanjut Foto KTP, lalu foto diri sendiri bersama KTP. kemudian Unggah dan Beli Sekarang
  10. Cek kembali alamat pengiriman dan nomor telepon kamu. Pastikan dengan teliti ya!
  11. Jika semua sudah benar, klik tombok BAYAR dengan menggunakan metode yang kamu ingin gunakan.

Bagaimana? Apakah langkah-langkah diatas membantu kamu? Lakukan dengan hati-hati ya! Selamat mencobanya. Terima kasih telah menyimak sampai selesai, semoga bermanfaat. Salam teknologi 😊

Leave A Reply

Your email address will not be published.