Tanda Akun Instagram Dibajak dan Cara Mencegahnya

Sebagai pengguna tentu saja kamu akan merasa kesal sekaligus khawatir jika akun milikmu dibajak oleh hacker. Pasalnya hal ini bisa merugikan kamu baik secara materil maupun moril. Tergantung apa yang dilakukan oleh pembajak tersebut. Yuk simak ulasan berikut untuk mengetahui tanda akun Instagram milikmu dibajak dan bagaimana cara mencegah pembajakan akun Instagram!

0

Sekarang aplikasi media sosial yang satu ini sudah berkembang dan banyak digunakan dalam dunia bisnis sebagai media promosi produk secara online. Tidak hanya itu saja, kini semakin banyak pengguna Instagram yang berprofesi sebagai seorang selebgram yang bisa mendapatkan cuan melalui endorse yang diterimanya. Selebgram ini merupakan orang dengan followers yang banyak. Instagram sudah memiliki sistem keamanan sedemikian rupa demi melindungi data para penggunanya.

Instagram kini tidak hanya digunakan sebagai media sosial untuk hiburan dan kepentingan pribadi saja. Sekarang aplikasi media sosial yang satu ini sudah berkembang dan banyak digunakan dalam dunia bisnis sebagai media promosi produk secara online. Tidak hanya itu saja, kini semakin banyak pengguna Instagram yang berprofesi sebagai seorang selebgram yang bisa mendapatkan cuan melalui endorse yang diterimanya.

Selebgram ini merupakan orang dengan followers yang banyak. Instagram sudah memiliki sistem keamanan sedemikian rupa demi melindungi data para penggunanya. Namun tak bisa dipungkiri, media sosial yang satu ini masih sering mengalami masalah keamanan yang membuat tidak sedikit akun pengguna dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Sebagai pengguna tentu saja kamu akan merasa kesal sekaligus khawatir jika akun milikmu dibajak oleh hacker. Pasalnya hal ini bisa merugikan kamu baik secara materil maupun moril. Tergantung apa yang dilakukan oleh pembajak tersebut. Yuk simak ulasan berikut untuk mengetahui tanda akun Instagram milikmu dibajak dan bagaimana cara mencegah pembajakan akun Instagram!

Tanda – tanda akun Instagram sedang dibajak

Ada beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan untuk mengetahui akun Instagram dibajak atau tidak. Hal ini akan membantumu supaya tidak dirugikan lebih jauh dengan mengambil tindakan tertentu. Berikut adalah tanda – tanda akun Instagram dibajak:

Sering menerima notifikasi keamanan

Instagram akan memberitahu penggunanya jika ada upaya terus –menerus untuk menembus password yang dianggap mencurigakan. Nah sebaiknya kamu sering – sering membuka email untuk mengetahui adanya masalah pada akunmu. 

Adanya perubahan pada data

Perubahan data yang jarang kamu ubah juga dapat menjadi salah satu tanda akunmu sedang dibajak guys. Misalnya saja data seperti foto profil, biodata, alamat serta link yang terdapat di bawah profil akun Instagram milikmu.

Jumlah akun following bertambah

Salah satu kerugian yang dialami pengguna Instagram jika dibajak adalah akunmu dijual oleh para pedagang beli followers. Nah salah satu tandanya adalah adanya pertambahan pada daftar following padahal kamu tidak mengenali dan tidak pernah menambahkan akun tersebut. Jadi sering – sering ya cek jumlah following kamu.

Ada postingan yang mencurigakan

Tanda yang satu ini biasanya sangat kentara. Pasalnya kamu pasti akan mendapatkan like serta komentar dari teman – temanmu jika kamu memposting atau video tertentu. Ya walaupun cara ini biasanya jarang dilakukan para hacker karena takut ketahuan.

  1. Tidak bisa melakukan login menggunakan akun sendiri

Tanda kelima ini merupakan risiko paling besar ketika akun Instagram milikmu sedang dibajak guys. Ya! Kamu jadi tidak bisa login menggunakan akun yang dibajak karena biasanya password sudah diganti. 

Cara mencegah Instagram dibajak

  1. Mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor
  2. Menggunakan password yang unik dengan tingkat keamanan yang tinggi
  3. Tidak menyimpan password saat login di situs Instagram dekstop
  4. Tidak menyimpan informasi login ketika menggunakan perangkat orang lain
  5. Menggunakan aplikasi dan situs Instagram yang resmi

Salam teknologi! Nah itulah 5 tanda – tanda akun Instagram sedang di-hack yaa guys. Kamu bisa mengenali tanda – tanda tersebut dan mengambil langkah yang diperlukan jika ternyata akun milikmu sedang dibajak. Tingkatkan kewaspadaan sebelum kamu menjadi korban para hacker ya. Lakukan juga langkah pencegahan biar tak menyesal yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.