Tentang Virus Corona yang Perlu Kamu Ketahui!

0

Infeksi virus corona ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina pada akhir bulan Desember 2019. Setelah menimpa Wuhan, virus menyebar ke berbagai wilayah di Cina dan beberapa negara lainnya termasuk Indonesia.

Apa itu Coronavirus? Coronavirus adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Beberapa kasus memperlihatkan bahwa virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, pada faktanya virus ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan berat seperti paru-paru. Bahkan beredar berita bahwa virus ini dapat menyebabkan korbannya memiliki kerusakan fungsi paru-paru sebanyak 20-30% ketika sudah dinyatakan negatif dari virus corona. Benarkah begitu?

Jika kalian ingin mengetahui secara lengkap tentang apa itu virus corona, silakan menyimak penjelasan di bawah ini!

 

Tentang Virus Corona yang Perlu Kamu Ketahui!

 

Penyebab

Pada beberapa kasus, corona hanya dapat menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang. Namun, virus ini dapat menginfeksi pernapasan berat seperti pneumonia, MERS, dan SARS. Awalnya terdapat dugaan bahwa corona virus menyebar dari hewan ke manusia, namun ternyata virus ini juga dapat menyebar dari manusia ke manusia.

Penyebaran virus corona dapat melalui berbagai cara, yaitu:

  • Tidak sengaja menghirup percikan cairan saat seseorang yang positif corona sedang bersin
  • Memegang hidung, mulut, atau menggosok mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu setelah menyentuh benda yang terkena cipratan droplets seseorang yang positif corona.
  • Melakukan interaksi dengan orang yang mengidap corona, seperti berjabat tangan, berpelukan, dan lain sebagainya.

Bahayanya corona dapat menginfeksi siapapun tanpa memandang umur atau jenis kelamin. Corona memiliki efek yang lebih berbahaya pada orang yang lanjut usia, ibu hamil, orang yang sedang sakit atau yang memiliki imun rendah.

Baca Juga: Tidak Perlu Panik, Begini Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Daun Sirih

Gejala

Virus Corona atau COVID-19 bisa menyebabkan penderitanya mengalami beberapa gejala seperti flu, batuk, demam, sakit tenggorokan, dan tubuh yang mudah lelah. Jika gejala-gejala tersebut tidak berangsur membaik atau malah memburuk, disarankan untuk segera mengunjungi dokter. Demam yang menjadi gejala corona adalah jika demam berada diatas 38 derajat celcius. Virus ini memiliki masa inkubasi sekitar 2-14 hari setelah terpapar virus corona.

Baca Juga: Fakta Akurat Soal Corona, Awas Termakan Hoax!

Diagnosis

Saat mengunjungi dokter, pasien akan ditanyakan oleh dokter tentang gejala-gejala yang dialaminya. Lalu dilakukan tindakan pengetesan seperti uji sampel parah, tes usap tenggorokan untuk melihat virus pada dahak, dan rontgen dada untuk melihat infiltrat atau cairan yang berada di paru-paru.

Pengobatan

Selain melakukan karantina minimal 14 hari terhadap pengidap virus corona, dokter akan menganjurkan pasiennya untuk meminum air putih demi menjaga cairan dalam tubuh, lalu meningkatkan imun tubuh seperti memberikan obat demam yang aman sampai pasien dinyatakan negatif dari corona.

Baca Juga: Pantau Perkembangan COVID-19 Di Situs-situs Resmi Berikut Ini!

Pencegahan

Selain menjaga jarak dari keramaian sosial, mencuci tangan secara rajin dengan minimal waktu 20 detik. Minumlah vitamin, menjaga pola makan, dan berolahraga untuk menjaga imun tubuh agar tetap baik.

Baca Juga: Cara Nonton Live Streaming di Youtube

Berikut adalah penjelasan tentang virus Corona yang kini tersebar luas hampir di seluruh dunia. Semoga artikel ini dapat membantu memberikan informasi tentang virus tersebut, terima kasih sudah menyimak!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.