Tidak Perlu Panik, Begini Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Daun Sirih

0

Menyebarnya virus corona secara cepat dan semakin luas membuat masyarakat Indonesia mengalami “panic buying”. Masker, hand sanitizer, APD (Alat Pelindung Diri), hingga alkohol sekali pun kini sangat sulit untuk ditemukan. Masyarakat berbondong-bondong membeli keperluan untuk melakukan self quarantine. Harga masker, dan hand sanitizer kian melonjak. Banyak oknum nakal yang menjual masker dan hand sanitizer dengan harga yang tidak masuk di akal karena langkanya masker dan hand sanitizer.

Kalian dapat membuat hand sanitizer dengan menggunakan alkohol diatas 70%, namun dengan kondisi yang membuat alkohol ikut menjadi barang yang langka, kalian bisa membuatnya dengan bahan-bahan alami.

Baca Juga: Cara Download Lagu di Joox agar Bisa Didengar Offline

Banyak bahan alami yang dapat membunuh virus atau bakteri di tangan selain alkohol. Contohnya adalah daun sirih. Bagaimana daun sirih dapat digunakan sebagai hand sanitizer? Berikut penjelasannya di bawah ini!

 

Tidak Perlu Panik, Begini Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Daun Sirih

 

Daun sirih digunakan sebagai bahan untuk menyegarkan mulut dan membersihkan daerah kewanitaan. Namun ternyata tidak hanya itu, banyak sekali manfaat yang didapat dari daun sirih karena daun sirih memiliki vitamin seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, dan karoten yang berguna sebagai pengobatan dan pemeliharaan kesehatan.

Baca Juga: 5 Kode Rahasia Agar Pengguna Smart Tidak Tertipu

Selain itu, daun sirih dapat berguna sebagai antiseptik alami yang sangat ampuh karena daun sirih memiliki kandungan yang kaya akan polifenol, terutama chavicol yang memberikan perlindungan ganda dari kuman. Daun sirih dapat membunuh kuman pada luka, kandungan polifenol pada daun sirih dapat digunakan untuk mengurangi peradangan seperti radang sendi dan orkitis

Cara membuat hand sanitizer dengan daun sirih bukanlah hal yang sulit. Selain pembuatannya yang mudah, daun sirih juga mudah ditemukan. Tidak perlu panik atau mencari alkohol, karena kalian bisa memanfaatkan daun sirih untuk membuat hand sanitizer. Berikut cara pembuatan hand sanitizer dengan menggunakan daun sirih

Baca Juga: Tips dan Trik Dasar Menggunakan Youtube

Sipakan 50 gram daun sirih, 200ml air bersih, kompor, dan panci.

Jika sudah, cuci 50 gram daun sirih menggunakan air yang bersih. Kemudian potong daun sirih menjadi bagian kecil-kecil.

Rebus 200ml air bersih hingga mendidih, lalu rendam 50 gram daun sirih yang telah di potong-potong.

Ambil panci, lalu lakukan steam pada air rebusan daun sirih selama 30 menit menggunakan kompor.

Hasil steam dari air rebusan daun sirih tersebut dapat dijadikan sebagai etanol.

Ambil wadah kosong, lalu campurkan jeruk nipis dan ekstrak daun sirih. Aduk hingga merata dan tambahkan air agar campuran tersebut tidak terlalu berwarna.

Hand Sanitizer daun sirih, siap digunakan!

Baca Juga: Fakta Akurat Soal Corona, Awas Termakan Hoax!

 

Diatas berikut adalah penjelasan tentang membuat hand sanitizer menggunakan daun sirih, semoga dapat membantu bagi kalian para pembaca. Terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.