Tips Agar Notifikasi LINE Muncul dan Bunyi

0

Perkembangan teknologi perangkat mobile dengan segala kecanggihannya selalu diikuti dengan perkembangan aplikasi di dalamnya.

Di samping aplikasi BBM dan WhatsApp, LINE ternyata juga bisa mengalami masalah pada notifikasi. Yaitu tidak mau bunyi dan tidak muncul di notifikasi atau pemberitahuan.

Sedangkan notifikasi pasti sangat penting bagi kalian agar tahu ada pesan masuk, teleon, atau video call, dan sebagainya.

Apabila notifikasi tidak berbunyi dan tidak muncul, pasti akan membuat kalian lebih repot karena harus membuka LINE secara langsung agar tahu ada apa saja yang masuk ke akun kalian.

Baca Juga : 3 Cara Menentukan Arah Kiblat Dengan Smartphone Anda

Atau mungkin notifikasi LINE masuk tapi telat. Contohnya notifikasi tersebut seharusnya sudah masuk secara langsung, tapi ternyata butuh berjam-jam untuk bisa masuk ke Android kalian.

Kira-kira penyebabnya apa dan bagaimana mengatasi  mengatasi permasalahan tersebut? Berikut penjelasannya.

Mengatasi Pemberitahuan LINE Tidak Bunyi & Muncul

Pada umumnya notifikasi line yang tidak muncul dan berbunyi, mungkin saja disebabkan kelalaian kalian sendiri karena salah dalam men-setting Notifikasi Android. Atau bisa juga disebabkan android dibuat silent sehingga android juga tidak mau berbunyi.

Baca Juga : Cara Menentukan Smartphone Kamu Agar Masih Dapat Mendukung Whatsapp pada 2020

Penyebab lainnya bisa juga disebabkan karena file cache yang memberatkan LINE sehingga LINE serasa telat dalam memberikan notifikasi, RAM android penuh akibat banyaknya aplikasi berjalan, koneksi internet lemot, dan sebab lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Untuk mengatasi masalah tadi, kalian bisa mencoba beberapa tips sederhana berikut. 

Pastikan Fitur Pemberitahuan Telah Aktif

Sebelum melakukan hal lainnya, kalian harus cek dahulu pemberitahun pada aplikasi LINE, pastikan kalian sudah mencentangnya. Kalau belum, kemungkinan besar itulah penyebab aplikasi line tidak menampilkan pemberitahuan secara langsung dan otomatis.

Untuk cek Notifikasi LINE, kalian bisa membuka menu Pengaturan, kemudian klik opsi Aplikasi. Selanjutnya tap Unduhan. Setelah itu kalian cari aplikasi LINE, dan pastikan “Tampilkan Pemberitahun” dalam keadaan tercentang.

Cek Mode Android

Tips kedua adalah memastikan bahwa mode Android kalian sudah kalian atur dalam keadaan dering. Semua perangkat Android tersedia fitur “mode getar, mode dering, dan mode sunyi”.

Apabila kalian ingin LINE muncul notifikasi suara, pastikan kalau kalian sudah memilih “mode dering”. Dan jangan lupa juga, kalian harus meningkatkan volume dering sampai penuh. 

Baca Juga : Cara Agar Percakapan Daring Tak Bocor di Whatsapp

Untuk melakukannya, silahkan buka menu Pengaturan, lalu klik opsi Suara. Selanjutnya kalian tap opsi Volume, dan pada bagian tersebut, kalian bisa mengatur tingkat Volume Android sesuai keinginan kalian, utamakan pada bagian “Nada Dering & Pemberitahuan”.

 

Bersihkan File Sampah Android

Di samping mengatur notifikasi LINE, kalian juga harus menjaga memori Internal Android kalian. Pastikan memori Internet tidak dipenuhi oleh file sampah seperti history, cachetemporary, maupun file sampah lainnya.

Kalian bisa memakai apliaksi cleaner, seperti Clean MasterCM SecurityCM Booster, atau aplikasi cleaner lainnya. 

Baca Juga : 5 Alasan XBOX Series Lebih Baik dari PS5

Yang perlu kalian lakukan adalah membuka menu Settings, kemudian tap opsi Setelan Tambahan, lalu klik Manajemen Aplikasi. Segera cari aplikasi LINE, kemudian tap opsi Hapus Cache.

Paksa dan Hapus Data Aplikasi LINE

Cara keempat yang bisa kalian lakukan adalah menghapus data aplikasi LINE. Cara ini bisa dikatakan cukup ampuh dalam mengatasi aplikasi error atau pun macet.

Menghapus data aplikasi akan menghilangkan data aplikasi itu sendiri seperti basis datadata login, history, cachesetelan, dan lainnya. 

Kalian hanya perlu membuka menu Pengaturan, kemudian tap opsi Setelan Tambahan, klik menu Manajemen Aplikasi.

Setelah itu kalian cari “LINE” dan Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Untuk masuk pada Aplikasi LINE, kalian tinggal memasukkan ID dan Password yang sudah kalian buat sebelumnya ketika LINE belum terjadi masalah.

 

Update Aplikasi LINE

Cara berikutnya yang bisa kalian lakukan adalah memperbarui atau update aplikasi LINE langsung dari Google Play Store. Ini agar LINE bersih dari masalah atau error yang terjadi.

Apalagi, kalian juga akan memperoleh tampilan dan fitur dari aplikasi LINE itu sendiri. Untuk Update aplikasi caranya cukup mudah, kalian tinggal masuk pada Aplikasi Google Play Store. Cari LINE dan dari sana kalian bisa langsung Update aplikasi LINE.

LINE Tidak Berjalan di Latar Belakang

Penyebab lain, LINE tidak berjalan di belakang latar sehingga menghambat notifikasi untuk masuk ke smartphone Android kalian.

Ini biasanya terjadi pada smartphone dengan space RAM yang minim, di bawah 3 GB. Atau pengguna memakai fitur hemat data atau hemat daya, sehingga notifikasi pun tidak mau masuk.

Keadaan notifikasi LINE yang tidak berjalan di belakang layar memang banyak terjadi pada pengguna lain dan biasanya semua notifikasi akan masuk saat aplikasi dibuka. Yang akhirnya, semua chat dan panggilan bertumpukan.

Solusinya, kalian bisa mencoba untuk sering-sering membersihkan cache memori serta membuka aplikasi LINE.

Reboot Smartphone Android

Kalau semua cara di atas sudah kalian lakukan, maka cara terakhir yakni restart atau reboot smartphone android kalian. Tujuan dari reboot adalah supaya Sistem dan Aplikasi secara lebih segar dan baru.

Selesai reboot, kalian bisa memakai aplikasi LINE.

Itu tadi beberapa tips mengatasi notifikasi LINE tidak bunyi dan muncul.

 

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.