Tips Aman dan Lancar Ketika Upgrade Android

0

Tidak usah heran kalau Google selalu merilis OS Android versi terbarunya. Hal ini karena pasti sudah di tunggu-tunggu bagi yang sudah lama menantikannya. Yup, update OS Android pasti akan menjadi hal yang tidak pernah luput dari perhatian para pengguna android. Mereka menunggu agar mendapatkan versi terbarunya.

Baca Juga : Tips Upgrade Android

Nah, untuk kalian yang ingin upgrade sistem android ke versi terbaru, sebaiknya kalian perlu berhati-hati, dan jangan sampai salah langkah. Sebab apabila kalian salah dalam meng-upgrade, bukannya kalian memperoleh fitur terbaru tapi malah error pada software tertentu.

Terdapat banyak sekali smartphone yang mengalami Bootloap atau mati total akibat dari upgrade sistem. Hal ini terjadi disebabkan karena file corrupt atau upgrade sistem yang kalian lakukan tidak sempurna. Penyebabnya mungkin karena jaringan yang buruk atau baterai android habis.

Baca Juga : Cara Mempercepat Kinerja Mac OS yang Lambat

Bagaimana caranya agar bisa aman dan lancar saat upgrade OS Andorid? Kalian tidak perlu khawatir, Gaes. Saya sudah menyiapkan beberapa tips yang bisa kalian langsung praktekkan setelah membaca habis artikel ini.

Kuy kita cekidot!!

Tips Aman Dan Lancar Ketika Update OS Android

Gaes, ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan sebelum melakukan upgrade OS Android. Tips ini bermanfaat supaya nantinya upgrade yang kalian lakukan aman, nyaman, dan lancar. Simak kuy apa saja tipsnya.

Backup Semua Data Android

Backup atau copy semua data penting di android kalian mulai dari foto, video, musik, dokumen, dan lain-lainnya.  INi bertujuan supaya nantinya ketika terjadi hal yang tidak kalian inginkan, kalian dapat mengembalikan data penting kalian.

Baca Juga : Cara Lock jaringan 4G LTE Smartphone Xiaomi Permanen 

Kalian bisa backup semua data yang ada di Memori Internal ke Memori Eksternal, atau kalau mau bisa langsung kalian copy ke komputer atau laptop.

Isi Baterai Sampai Penuh (Full)

Melakukan proses upgrade sistem sangatlah lama sebab sebelumnya android akan mengunduh sistem yang baru secara online dan baru lah nanti terpasang di android kalian. Hal ini pastinya memerlukan daya yang besar. Untuk itulah kalian harus charger baterai android kalian sampai penuh.

ebenarnya daya baterai yang hanya 50% saja bisa untuk upgrade sistem, tapi untuk jaga – jaga alangkah lebih baiknya anda mengisi sampai 100%.

Pastikan Memori Internal Cukup

Hal yang tak boleh kalian lupa, mengecek memori internal, apakah masih cukup atau tidak. Sebab kalau memori internal kalian tinggal sedikit khawatirnya upgrade yang kalian lakukan terhenti ditengah jalan. Pastikan memori masih memipunya ruang kosong yang besar.

Baca Juga : Cara Membaca Pesan Whatsapp Yang Sudah Dihapus 2020

Apabila tinggal sedikit, kalian bisa menghapus beberapa aplikasi tertentu yang jarang kalian pakai. Di samping itu, kalian juga harus memindahkan data foto, video, dan musik di memori internal ke memori eksternal.

Koneksi Internet Harus Cepat dan Stabil

Apabila kalian ingin mengupgrade android secara langsung atau OTA, pastikan dulu koneksi internet kalian cepat dan lancar. Tujuannya supaya ketika pengunduhan file tidak terjadi corrupt atau terjadi kegagalan pada file tertentu.

Upgrade sistem itu sangat lama. Jika semakin lambat koneksi internet, maka semakin lama  pula upgrade yang kalian lakukan. Padahal kalau koneksi internet kalian cepat maka proses upgrade juga akan cepat.

Saran saya, untuk upgrade sistem lebih baik memakai koneksifitas WiFi. Seperti contohnya kalian memakai layanan Wifi dari telkomsel, tentu koneksinya akan aman dan cepat.

Jangan Tinggal Saat Proses Berjalan

Upgrade sistem sangat lama. Tapi itu bukan alasan kalian bisa meninggalkannya begitu saja. Jangan ditinggal, sebab jika nanti ada notifikasi tertentu yang butuh perintah dari kalian. Karena itulah kalian harus menunggu sampai proses upgrade selesai.

Baca Juga : Cara Menampilkan Layar Android ke Android Lain

Dengan menerapkan tips-tips di atas, maka upgrade yang kalian lakukan akan aman, nyaman, dan lancar. Tidak perlu khawatir masalah OS Android yang rusak, sebab jika kalian mengikuti sesuai aturan dijamin kerusakan bisa diminimalisir. Kalaupun nanti ada kerusakan, itu hanya pada softwarenya saja, jadi kalian bisa memperbaikinya kembali.

Demikianlah artikel singkat tentang tips aman dan lancar ketika upgrade smartphone Android.

Semoga bermanfaat, Gaes!

Leave A Reply

Your email address will not be published.