Tips Aman dari Kejahatan Siber saat Work From Home

0

Sampai hari ini, demi memutus rantai penyebaran Covid19, masyarakat dari berbagai masih terus melakukan aktivitas bekerja dari rumah. Hanya saja ini membuat beberapa oknum memanfaatkan keuntungan di tengah kebingungan dan kepanikan warga dunia mengatasi corona virus.

Ya. Para penjahat siber mulai sibuk mencari celah untuk meretas sejumlah data dan juga mengirim spam ke sejumlah perusahaan, bahkan membobol sistem kartu kredit seseorang demi keuntungan pribadi

mereka.

Adanya bukti kejahatan siber ini terungkap sejak munculnya lebih dari 100.000 domain baru yang didaftarkan pada beberapa pekan terakhir. Domain-domain tersebut mengandung kata ‘Covid’, ‘Virus’, ‘corona’, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Alasan dan Solusi Laptop Lemot Saat Work Home .

Memang kalau kita lihat sekilas, beberapa di antaranya sah atau terdaftar dalam legitimasi. Hanya saja ada kemungkinan pula domain-domain baru ini saling berhubungan. Kemudian sudah bisa ditebak, ini akan digunakan untuk menyebarkan malware ke pengunjung yang tidak menaruh curiga terhadap malware tersebut.

Untuk para pekerja yang beraktivitas dari rumah, saya memberikan saran untuk kalian mengikuti beberapa sistem keamanan yang biasanya sering dilakukan oleh perusahaan di kantor mereka. 

Baca Juga : Ahli Keamanan Peringatkan Work Form Home Rentan Diretas hacker.

Ini disebabkan karena hampir semua orang selalu mencari berita update terbaru seputar wabah covid19. Tentunya ini menjai peluang besar kalian sebagai pekerja terkena scam daripada saat bekerja di kantor dengan sistem keamanan yang biasanya lebih ketat.

Di sini saya akan memberikan beberapa tips ampuh agar kalian bisa menghindari diri dari serangan siber yang biasa dilakukan para penjahat dunia maya saat kalian bekerja dari rumah atau Work From Home.

Pencarian Online

Dengan adanya lebih dari 100.000 domain baru yang tadi saya sebutkan di atas, kalian harus waspada. Pencarian online adalah salah satu cara para penjahat siber memanfaatkan kalian.

Biasanya mereka akan memberikan tautan ke situs web yang menyebarkan malware, atau ke situs web berisi iklan yang muncul dari hasil pencarian kalian terhadap situs web ataupun media sosial.

Baca Juga : Cara Dwonload Video Anime Langsung Full 1 Season.

READ  Cara hack Facebook (FB), tapi Jangan Disalahgunakan

Tips dari saya, kalian harus selalu mengaktifkan filter situs web pada perangkat lunak antivirus kalian. Bisa juga dengan mengupayakan kalian hanya mengakses media terpercaya saat ingin mendapatkan informasi seputar berita terbaru atau yang lainnya.

Gaming

Sejak karantina berlaku bulan Maret kemarin, lalu lintas situs game online melonjak drastis dengan anjuran pemerintah untuk melakukan segala aktivitas dari rumah atau WFH. Baik belajar, bekerja, atau aktivitas lain nya. 

Oleh karena itu waspadalah untuk mengakses bermain game dengan memanfaatkan perangkat yang biasa kalian gunakan untuk bekerja dan mengakses server perusahaan.

Baca Juga : Tips Memilih Laptop Gaming.

Yang harus kalian tahu, para penjahat siber ini sangat cerdik dalam hal menerobos situs pihak ketiga dengan menempatkan aplikasi yang terinfeksi oleh malware. 

Saran saya, hati-hati dalam mengunduh aplikasi game. Unduh saja aplikasi dari sumber terpercaya seperti Google Play dan Apple Store.

Konferensi Video

Pada poin ini saya akan memberikan info bahwa sudah banyak terjadi belakangn ini serangan kejahatan siber saat banyak orang melakukan konferensi video seperti meeting-bombing, tautan chat yang ternyata mengandung malware, serta datangnya peserta yang tidak terotorisasi seperti tamu tak diundang.

Solusi untuk kalian, kalian bisa selalu menyertakan password agar tidak semua orang bisa bergabung dalam meeting online kalian. Jangan lupa untuk meninjau pengaturan privasi juga. 

Baca Juga : Cara Bekerja Efektif Dengan Video Call .

Kalian juga bisa menyalakan notifikasi sehingga kalian tahu kapan ada orang bergabung, menonaktifkan fungsi ‘join before host’. Dan yang terakhir, memakai sistem keamanan standar kantor kalian terlepas dari platform konferensi video mana yang kalian pilih untuk dipakai.

Kalau kalian hanya ingin bertemu virtual dengan teman, pakai saja smartphone, laptop, atau perangkat lain dengan baik. Pastikan juga kalian memakai versi terbaru dengan fitur kemanan yang juga terupdate secara berkala.

loT

READ  Cara Mudah Memblokir Pengguna WiFi Ilegal, Anti Dicuri!

Adanya konektivitas di berbagai perangkat ke internet, seperti lemari es, TV, sampai peralatan rumah lainnnya ternyata juga membuka peluang para penjahat siber menciptakan metode serang baru pula. Banyak item Internet of Things (IoT) yang dalam produksinya masih belum memerhatikan faktor kemanan karena dirasa tidak terlalu beresiko.

Baca Juga : Cara Koneksi Internet Android jadi Cepat 

Karena itu, penting untuk kalian mengubah sandi yang disertakan saat pembelian barang tersebut. Mungkin sepele, tapi kalian bisa bayangkan saat tiba-tiba kulkas pintar dimatikan dari jarak jauh, atau TV kalian dialihkan ke saluran berbayar tanpa izin kalian.

Virtual Private Networks (VPN)

Kondisi saat ini membuat banyak kantor mencari upaya agar bisnis mereka tetap berjalan, tapi belum ada usaha membangun konektivitas dari jaringan kantor ke rumah.

Router di rumah yang tersambung ke penyedia layanan internet kadang kalian biarkan di tempatnya dalam waktu lama tanpa peduli ternyata firmwarenya sudah usang. Karena itu ia jadi sangat rentan.

Baca Juga : Cara Menggunakan VPN Pada PC dan Android .

Solusi terbaik adalah kalian harus pastikan instal firmware baru dan ubah kata sandi kalian. Periksa juga apakah router kalian perlu diperbarui atau tidak. Hal kecil ini penting karena para penjaat siber akan tahu kalian sedang bekerja dari rumah.

Phising

Pencurian informasi lewat phising adalah metode yang populer di Indonesia sebab metodenya melihatkan pengiriman massal atau email atau pesan individu yang dibuat secara khusus. Metode ini memakai teknik pendekatan seperti marketing. Pelaku kejahatan siber akan mengirim pesan seolah meminta kalian terhubung dengan informasi terkini tentang Covid19.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Internet Positif .

Selalu waspada, dan jangan klik apapun yang ditawarkan mereka. Pastikan juga email kerja diakses lewat firewall kantor dan keamanannya terlindungi.

Penipuan Online

READ  Cara Ampuh Agar Tidak Terlihat Online di WhatsApp

Waspadalah dengan penawaran mereka yang seolah menjual produk, menawarkan layanan pengiriman ke pihak yang dituju oleh pembeli. Sebaiknya, belilah hanya dari pengecer atau platform online terpercaya.

Cloud

Disebabkan Cloud punya peran penting mendatangkan software sebagai layanan, sebaiknya kalian tanyakan kepada stf TI kantor kalian untuk memastikan infrastruktur kantor sudah menerapkan threat intelligent yang bisa melihat lalu lintas masuk dan keluar dalam ajringan. Ini demi memastikan perangkat yang kalian pakai WFH sudah mendapat perlindungan dari kemungkinan adanya serangan siber saat kalian akses jaringan perusahaan.

Baca Juga : Cara Menghapus Akun Mi Cloud .

Itu tadi beberapa tips aman selama kalian WFH atau bekerja dari rumah. Jangan lengah karena par apenjahat siber ini selalu mencari celah baik secara manual atau otomatis. Yang mereka pedulikan hanya mencari untung tanpa mau tahu kerugian kalian.

Baca Juga : Tips Menyimpan Data di Mi Cloud.

Semoga tips yang sudah dijelaskan di atas membuat kalian sadar untuk mengatasi kejahatan siber dan bisa terus melakukan aktivitas dari rumah secara cerdas dan bijak.

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.