Tips Backup Chat Line

Fitur ini bisa dikatakan sangat berguna, sebab apabila kalian tidak dapat melakukan backup maka sudah dipastikan kalian akan kesulitan untuk mencari history chat di perangkat smartphone lama.

0

Fitur backup di Line ini memudahkan kalian untuk menyimpan data chat di perangkat lama. Selanjutnya, dari data backup tersebut kalian dapat mengembalikan semua chat Line ke perangkat smartphone baru tersebut. 

Mungkin ada suatu waktu ketika kalian akhirnya berencana mengganti perangkat smartphone baru, atau ganti ID Line. Maka kemudian yang harus kalian lakukan adalah melakukan backup chat Line

Yang merepotkan kemudian adalah, kalian harus  memasang semua aplikasi yang kalian perlukan dan umumnya semua data aplikasi lama tidak dapat di transfer.

Tetapi tidak perlu khawatir, karena ada juga beberapa aplikasi yang menawarkan fitur backup, salah satunya yaitu aplikasi Line. Fitur backup di Line ini memudahkan kalian untuk menyimpan data chat di perangkat lama.

Selanjutnya, dari data backup tersebut kalian dapat mengembalikan semua chat Line ke perangkat smartphone baru tersebut. 

Bagaimana caranya? Kalian dapat menyimak penjelasannya berikut ini. Cek bareng kuy!

Backup Chat Line di Android dan iOS

Fitur ini bisa dikatakan sangat berguna, sebab apabila kalian tidak dapat melakukan backup maka sudah dipastikan kalian akan kesulitan untuk mencari history chat di perangkat smartphone lama.

Pada intinya, ketika kalian melakukan backup, maka kalian dapat menyimpan semua data yang dapat kalian  share atau transfer ke perangkat lain.

Di bawah ini ada beberapa cara backup Line chat.

Chat Tertentu

Pertama kalian dapat melakukan backup chat tertentu saja. Cara ini sangat bermanfaat apabila kalian tidak ingin memiliki data backup yang besar.

Untuk caranya, yang pertama kalian dapat langsung membuka aplikasi Line dahulu. Lalu silahkan masuk ke percakapan tertentu yang ingin kalian backup.

Ingat,  kalian dapat memilih chat dari grup, percakapan pribadi ataupun open chat.

Sesudah kalian masuk ke percakapan, tap ikon garis 3 yang ada di bagian kanan atas layar. Lalu gulir ke bawah sampai menemukan menu Pengaturan Lain dan klik opsi tersebut.

Berikutnya, tap menu Kirim Riwayat Obrolan untuk menyimpan backup dari chat tersebut.

Terakhir, pilih lokasi penyimpanannya. Tetapi memang sebaiknya disimpan di tempat yang aman, misalnya Google Drive maupun RAR.

Semua Chat

Langkah berikutnya kalian dapat juga melakukan backup semua chat Line sekaligus.

Dengan informasi, cara ini tidak dapat kalian pakai apabila kalian memakai Line Lite. Sebab memang fiturnya tidak ada.

Untuk langkah-langkahnya, silahkan kalian buka aplikasi Line di smartphone kalian. Lalu tap ikon Pengaturan yang ada di kanan atas layar.

Setelah itu silahkan kalian cari dan pilih menu Obrolan. Teruskan dengan tap menu Cadangkan/Pulihkan Riwayat Chat Obrolan untuk backup semua percakapan tersebut.

Terakhir, kalian dapat langsung tap menu Cadangkan ke Google Drive. Ingat, sebelum mencadangkannya, pastikan kalian sudah menyinkronisasi akun Google Drive ke Line tersebut.

Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai semua riwayat chat berhasil di cadangkan. Selesai.

Itu tadi dua cara yang bisa kalian pakai untuk melakukan backup Line di Android ataupun iOS.

Apabila ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.