Tips Backup Data Android

0

Kita saat ini memang jarang melakukan backup data di Android, tapi cara ini kalian perlu tahu juga, Gaes. Karena dengan membuat cadangan file atau data smartphone Android bisa menjadi solusi saat data kalian hilang atau sudah melakukan reset.

Sebagian orang pasti tidak mau data dan filenya yang ada di penyimpanan smartphone android kalian hilanh kan?

Oleh sebab itu, solusi terbaik supaya bisa mengembalikan file android yang hilang adalah dengan backup data dulu. Jadinya, kalian tidak akan perlu khawatir lagi saat data atau file tiba-tiba hilang.

Di samping itu, saat smartphone android kalian ada masalah dan butuh factory reset atau dikembalikan ke setelan pabrik, backup data di smartphone android kalian pasti angat diperlukan agar file kalian tidak hilang dan terhapus.

Tips Backup File dan Data Smartphone Android

Pekerjaan backup file dan data yang ada di smartphone android sangat mudah. Karena dengan backup, kalian bisa mengembalikan semua data dan file di smartphone android kalian saat suatu saat diperlukan.

Mudahnya bagaimana? Langsung saja cek ricek artikel di bawah ini sampai habis ya, Gaes. 

Backup Data Android via Akun Google

Pastinya semua tipe dan merk android mempunyai fitur backup lewat akun google. Cara ini adalah yang paling mudah dan aman untuk membackup data aplikasi, password dan lainnya.

Kalian hanya perlu log in di akun google tersebut untuk bisa melakukan restore atau memulihkan data backup. 

Pertamanya, masuk ke menu Pengaturan smartphone android kalian, lalu klik menu Sistem. Selanjutnya klik Backup & Reset. Terakhir, aktifkan Google Backup atau Back up my data. Ok.

Saat kalian sudah mengaktifkan fitur Google Backup, secara otomatis sistem akan melakukan backup data seperti password WiFi, riwayat telepon, data aplikasi termasuk setingan aplikasi, dan data lainnya juga.

Melalui Local Backup

Tahu tidak, Gaes? Smartphone android terbaru sekarang ini banya yang telah menghadirkan fitur backup secara bawaan. Biasanya ia dinamakan local backup karena memang disediakan merk smartphone android itu sendiri.

Nantinya file backup akan diproses dan disimpan ke penyimpanan pada smartphone android kalian. 

Caranya yang pertama, kalian pergi ke menu Pengaturan di smartphone android kalian, lalu masuk ke menu sistem. Selanjutnya klik menu Backup & Reset. Kemudian, klik opsi Local Backup.

Fitur dari local backup ini bisa membuat salinan data cadangan secara otomatis. Tapi ingat, local backup kadang tidak mendukung beberapa aplikasi sehingga data tidak bisa disimpan.

Memakai Easy Backup & Restore

Easy Backup & Restore adalah aplikasi yang bisa membuat file backup untuk data di smartphone android kalian dengan cepat dan mudah. Ini karena mereka memberi navigasi yang sederhana, jadinya kalian dapat dengan mudah mengoperasikannya.

Aplikasi ini bisa backup kontak, isi sms, bookmark, kalender, riwayat panggilan, dan data aplikasi. Hanya saja, aplikasi ini tidak bisa backup foto, video, dokumen atau file yang lainnya. Kalian bisa memindahkannya terlebih dahulu ke laptop atau flashdisk sebagai alternatif.

Backup via Titanium Backup

Gaes, aplikasi ini cukup populer dan ampuh untuk backup dan restore data di smartphone android. Ia juga punya fitur yang sangat lengkap dan bermanfaat saat kalian sering melakukan backup dan restore. Hanya saja, aplikasi ini butuh akses root supaya bisa dipakai maksimal.

Juga Baca : 5 Cara Praktis Melakukan Back Data di smartphone Android

Langkah awal, Download aplikasi Titanium Backup di playstore, lalu buka aplikasi tersebut.

Selanjutnya klik menu Backup/Restore di bagian atas. Klik Menu lalu tekan opsi Batch Actions.

Pilihlah Backup all user apps + system data untuk membuat salinan data dan aplikasinya.

Kemudian berikan centang pada aplikasi yang ingin kalian backup. Tunggu sampai proses backup selesai.

Kalian bisa menyimpan hasil backup atau salinan cadangan tersebut ke komputer atau penyimpanan kartu SD supaya tidak hilang.

Backup File / Data Android Ke PC

Cara ini cocok saat kalian hanya ingin membackup file seperti foto, video, dokumen atau file lainnya yang ada di penyimpanan smartphone android kalian.

Manfaatkan kabel USB untuk menghubungkan antara smartphone android ke PC. Lalu klik opsi untuk transfer file. Terakhir pindahkan file yang kalian inginkan ke PC atau laptop kalian.

Itu tadi beberapa tips membuat back up atau cadangan file atau data di smartphone android kalian supaya tetap aman. Pilihlah sesuai kebutuhan ya, Gaes.

Semoga bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.