Tips Cek Sensor HP Samsung

Lalu bagaimana caranya untuk dapat cek kondisi smartphone? Pada dasarnya sudah banyak yang tahu. Tetapi, bagaimana dengan cara cek fungsi sensornya? Ada yang belum tahu juga?

0

Kalian bisa coba menelepon atau terima telepon dari seseorang. Lalu kalian dekatkan smartphone ke tangan contohnya, maka layar akan mati.

Kalian pernah membeli perangkat smartphone second atau bekas? Biasanya untuk kondisi seperti ini kalian harus memeriksanya secara detail dan rinci untuk menghindari hal-hal yang tidak kalian inginkan.

Baik dari layar, body, atau bagian manapun yang memang sekiranya tampak secara fisik. Barulah setelah itu diteruskan dengan pergi ke segi sistem.

Kenapa? Alasannya sederhana. Kalian pasti tidak mau membeli perangkat smartphone yang sudah bermasalah, apalagi rusak kan, Gaes?

Lalu bagaimana caranya untuk dapat cek kondisi smartphone? Pada dasarnya sudah banyak yang tahu. Tetapi, bagaimana dengan cara cek fungsi sensornya? Ada yang belum tahu juga?

Jika begitu, mari bahas lebih lanjut secara tuntas, mulai dari penjelasan dari sensornya dulu. Cek kuy!

Sensor Smartphone

Pada smartphone Android khususnya keluaran saat ini, kebanyakan ada 6 jenis sensor yang tertanam dengan fungsi yang berbeda-beda.

Misalnya, kalian bisa coba menelepon atau terima telepon dari seseorang. Lalu kalian dekatkan smartphone ke tangan contohnya, maka layar akan mati. Tetapi, tidak ketika kalian menjauhkan layar dari tangan, maka layar akan kembali menyala.

Atau kalian pakai GPS di smartphone. Ini sebenarnya adalah bagian dari fungsi sensor yang tertanam di smartphone juga.

Pada dasarnya, dapat dikatakan jika sensor ini juga menjadi salah satu bagian komponen penting, yang mana akan membuat smartphone Android menjadi canggih seperti yang biasa kalian pikirkan.

Tips Cek Sensor di HP Samsung

Disebabkan sensor di smartphone berbentuk komponen, maka ini sangat mungkin menjadi rusak, Gaes. 

Pastinya  saja hal ini harus dihindari, supaya kalian tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk bisa cek sensor di smarthphone Samsung, langkah pertama kalian bisa buka Telepon (Dial) di smartphone Samsung yang ingin dicek kondisinya. Lalu, silakan ketik kode *#0#*.

Nantinya, akan tampil sebuah halaman pengecekan smartphone tersebut. Terakhir, klik menu Sensor.

Fungsi Sensor Smartphone Samsung

Pada menu pengecekan sensor akan ada banyak sekali pilihan. Mungkin ada sebagian yang kalian belum paham fungsinya apa saja.

Pertama, Accelerometer berguna untuk mendeteksi percepatan dari gravitasi bumi. Mudahnya, berguna sebagai fungsi dasar kompas dan dalam penggunaan GPS di smartphone. 

Kedua, Gyroscope. Berguna untuk mendeteksi posisi smartphone. Misalnya membedakan mana arah atas, bawah, dan sebagainya. Biasanya aktif saat sedang membuka game tertentu, conothnya PUBGM.

Ketiga, Abien Light, berfungsi untuk menyesuaikan sorotan cahaya layar smartphone secara otomatis dengan keadaan sekitar. Misalnya ketika terang, maka layar smartphone akan otomatis mengatur kecerahan layar, supaya tampilannya mudah terlihat.

Keempat, Proximity. Merupakan sensor yang membuat smartphone mati saat sedang menelepon (agar baterai hemat). Kelima,  Magnet Sensor, untuk mendeteksi magnet. Dipakai sebagai komponen fungsi dasar dari kompas.

Keenam, Temperature Sensor. Ada dua jenis sensor temperatur. Tapi yang dimaksud di sini yaitu untuk mengetahui suhu dari komponen smartphone Samsung itu sendiri. Berapa derajat suhunya sekarang, nanti kalian bisa tahu.

Ketujuh, Fingerprint. Sensor sidik jari yang umumnya ada di bagian belakang HP, depan, bahkan dikembangkan deteksi di layar. Kedelapan, Sound. Gunanya lebih ke penyesuaikan volume suara smartphone. Contohnya mengatur tingkat volume suara saat telepon di tempat yang ramai atau kondisi lainnya.

Bisa jadi ada jenis sensor lain di smartphone Samsung yang kalian gunakan, atau sebaliknya. Karena, spesifikasi tiap smartphone tidak sama.

Misalnya sensor Fingerprint. Ini biasanya hanya ada di smartphone Samsung keluaran baru. 

Bagaimana Jika Sensor di Smartphone Bermasalah?

Jika kalian mengalami masalah pada salah satu sensor di smartphone Samsung, sebenarnya ini dapat kalian perbaiki.

Caranya dengan mengganti komponen sensor lama yang mengalami kerusakan tersebut dengan komponen yang baru.

Kalian bisa membawanya ke tempat service smartphone, untuk mengetahui apa yang harus diperbaiki atau diganti.

Biayanya mungkin beragam, tetapi apabila smartphone kalian masih ada garansi, bisa saja gratis tanpa biaya, tergantung kebijakannya nanti. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.