Tips Cek Smartphone Sudah 4G atau Belum

Sebut saja perangkat smartphone. Jika dulu disebut handphone dan hanya bisa untuk telepon dan SMS, maka kini sudah hadir smartphone yang mempunyai performa dan spesfifikasi canggih. 

0

Pada dasarnya semua smartphone saat ini memang hampir semua  sudah mendukung jaringan 4G. Paling tidak, ini mulai berkembang sejak tahun 2015 ke atas.

Sekarang ini teknologi terus berpacu dengan waktu. Semakin cepat, dan semakin pesat. Banyak hal yang kemudian bisa menjadi alat dari teknologi tersebut untuk membantu banyak orang, terutama dalam komunikasi.

Sebut saja perangkat smartphone. Jika dulu disebut handphone dan hanya bisa untuk telepon dan SMS, maka kini sudah hadir smartphone yang mempunyai performa dan spesfifikasi canggih. 

Bukan hanya itu, jaringan yang dulu hanya bisa 2G atau 3G, kini sudah berubah 4G.

4G memang sudah menjadi jaringan wajib saat ini. Dengan kemudahan kuota yang murah, ping yang rendah, sertdan jugaa kecepatannya yang “wah”, merupakan satu dari sekian alasan, mengapa kalian harus memakai jaringan ini.

Pada dasarnya semua smartphone saat ini memang hampir semua  sudah mendukung jaringan 4G. Paling tidak, ini mulai berkembang sejak tahun 2015 ke atas.

Hanya saja,  masih ada perangkat handpone yang tidak sepenuhnya punah dengan jaringan 3G, biasanya tipe lama ini.

Oleh sebab itu, apabila kalian ingin memakai jaringan 4G di perangkat kalian, maka kalian harus tahu dulu, apakah perangkat tersebut memang sudah mendukung jaringan ini atau belum.

Bagaimana Memastikan Smartphone Sudah Mendukung 4G atau Belum?

Cara dalam artikel ini tidak terlalu sulit, tapi kalian harus memahaminya dulu sebelum menerapkannya. Apalagi kalian yang sudah ingin memiliki paket 4G.

Karena, paket tersebut tentunya akan sia-sia bukan apabila perangkat smartphone kalian sendiri justru belum mendukungnya?

Oleh sebab itu, yang pertama kali diperlukan di sini yaitu perangkat yang sudah mendukung 4G.

Terdapat beberapa cara cek yang dapat dibagikan, untuk memastikan sebuah perangkat sudah 4G atau belum.

Melalui Dus Smartphone

Ketika kalian dulu baru membeli smartphone, pasti kalian menerimanya sepaket dengan dusbook, yang mana adalah tempat perangkat tersebut disimpan bukan?

Kemudian, pada dusbook tersebut, keduanya sudah tertera berbagai ringkasan informasi-informasi smartphone, misalnya merk smartphone, tipe smartphone, dan spesifikasi smartphone secara singkat.

Pada bagian spesifikasi smartphone, kalian dapat melihat ringkasan informasi yang tertera tentang jaringan yang telah didukung.

Oleh sebab itu, kalian dapat mengecek apakah smartphone tersebut sudah 4G atau belum, hanya dengan memperhatikan informasi dukungan jaringan yang tertera di sana.

Jika memang sudah 4G, akan ada tulisan 4G LTE di dusbook-nya.

Searching Lewat Google

Google merupakan sumber informasi terbesar di dunia maya. Lewat perantara Google tersebut, kalian dapat memperoleh banyak informasi yang diperlukan.

Hal ini pun pastinya tidak mengecualikan masalah spesifikasi suatu smartphone, khususnya tentang dukungan jaringan yang sudah ia miliki.

Caranya, buka Google, lalu ketik spek smartphone, contoh “Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4” atau semacamnya. Jangan lupa lihat sesuai dengan tipe HP kalian.

Nantinya, Google akan memperlihatkan hasil pencarian. Kalian cukup membuka situs yang kiranya membahas spesifikasi perangkat tersebut.

Melalui Setelan Perangkat

Sebenarnya, apabila sebuah perangkat sudah mendukung jaringan 4G, maka kalian mengatur jaringan ke opsi LTE saja.

Dengan kata lain, apabila opsi setelan ini bsia kalian temui, artinya perangkat kalian telah sudah mendukung jaringan 4G.

Pilihan ini umumnya ada di setelan Jaringan Seluler

Pertama-tama, buka Setelan perangkat. Lalu, masuklah ke menu Kartu SIM.

Buka pengaturan Jaringan Seluler di sana, dan klik menu Jenis Jaringan. Kalau perangkat kalian telah support 4G, maka di sana akan ada pilihan sinyal LTE. Tetapi, jika perangkat kalian belum support 4G, maka pilihan tersebut tidak akan muncul (hanya ada 2G dan 3G).

Sebagai catatan, pastikan juga jika kartu SIM kalian sudah 4G, Gaes.

Berikutnya kalau kalian memakai smartphone dengan 2 slot SIM, lebih baiknya pasang kartu 4G di slot 1 saja. Sebab beberapa tipe perangkat hanya mendukung jaringan 2G dan 3G saja di slot SIM kedua. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.