Tips Daftar Versi Windows 7

Apa kalian juga tahu jika Windows 7 ada beberapa versi tersendiri? Belum ya? Karena itu mari baca sampai habis untuk mengetahuinya.

0

Hal ini juga diperlukan untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna computer itu sendiri. Salah satu yang terkenal yaitu Windows 7, yang sampai sekarang ini mempunyai cukup banyak pengguna.

Sistem operasi (OS) Windows sampai sekarang sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Bahkan sudah banyak disematkan disana berbagai fitur yang membuat nyaman pera penggunanya.

Hal ini juga diperlukan untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna computer itu sendiri. Salah satu yang terkenal yaitu Windows 7, yang sampai sekarang ini mempunyai cukup banyak pengguna.

Tetapi apa kalian juga tahu jika Windows 7 ada beberapa versi tersendiri? Belum ya? Karena itu mari baca sampai habis untuk mengetahuinya.

Cek bareng kuy!

Daftar Versi Windows 7

Untuk kalian yang ingin menggunakan OS Windows 7 di komputer atau laptop, mengetahui versinya ini sangat penting.

Alasannya sebab setiap versi Windows 7 memiliki fitur yang berbeda-beda, dan target penggunaan yang berbeda-beda.

Ini dia daftar lengkapnya, Gaes.

Windows 7 Starter Edition

Pertama, ada Windows 7 starter edition. Versi ini umumnya terpasang secara built-in di laptop. Windows 7 versi ini bisa dikatakan memerlukan resource paling sedikit. Sehingga cocok untuk laptop dengan spek apapun.

Tapi disebabkan paling ringan, fitur yang diberikan juga terbatas. Hanya bisa memakai wallpaper bawaan, RAM maksimal 2 GB. Hanya ada pada versi 32 bit, dan belum mempunyai fitur Internet Connection Sharing.

 Windows 7 Home Basic

Sesuai namanya, Windows 7 Home Basic ditujukan untuk OS penggunaan rumahan. Versi ini mempunyai fitur dasar yang tidak ada di starter edition.

Beberapa fiturnya antara lain fitur Live Taskbar Preview, tersedianya Windows Standard User Interface, fitur Internet Connection Sharing. RAM maksimal 8 GB, dan juga ada multiple monitor.

Windows 7 Home Premium

Windows 7 home premium merupakan versi upgrade dari home basic. Pada versi ini ada penambahan fitur-fitur baru.

Di antaranya fitur Mobility Center, fitur Advanced Windows Navigation. Dilengkapi Aero Glass GUI dan Multi Touch Support. Dpaat membuat homegroup di jaringan LAN. RAM maksimal 16 GB. Dan juga adanya tambahan game, seperti Internet Spade dan Chess Titans.

Windows 7 Profesional

Jika versi sebelumnya ditargetkan untuk pengguna personal, Windows 7 profesional ini lebih difokuskan ke bisnis kecil, misalnya sekolah dan toko.

 Fitur yang tersedia di versi ini juga lebih banyak, misalnya punya mode Windows XP, memiliki mode presentasi, dilengkapi fitur keamanan Encrypting File System. Dapat berfungsi sebagai Remote Desktop Server. RAM maksimal 192 GB, dan mempunyai akses Windows Server Domain.

Windows 7 Enterprise

Windows 7 enterprise tidak ditargetkan untuk pengguna umum, tetapi perusahaan besar. Biasanya menggunakan jenis lisensi OEM.

Jenis ini memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti fitur keamanan lebih terjamin melalui software BitLocker. Semua file yang tersambung ke PC bisa dienkripsi. Dilengkapi fitur Direct Access untuk menyambungkan jaringan kantor tanpa menggunakan VPN.

Adanya Brach Cache yang berguna untuk mempercepat sharing data melalui jaringan kantor. Dapat boot dari VHD, dan RAM maksimal 192 GB.

Windows 7 Ultimate

Terakhir yaitu versi Windows 7 ultimate. Versi ini sejatinya sama saja dengan enterprise, bedanya hanya bisa digunakan oleh personal.

Nah, sebab itu untuk fiturnya baik itu versi enterprise ataupun versi ultimate kurang lebih sama.

Di samping untuk personal, Windows 7 ultimate sering juga digunakan oleh developer dan praktisi IT.

Beda Windows 7 Biasa dan Versi SP1

Kalian tahu istilah SP1? SP1 ini adalah singkatan dari Service Pack 1. Artinya yaitu versi Windows 7 yang memperoleh tambahan update dan program.

Istilah lainnya yaitu file patch untuk membuat Windows jadi lebih aman dan kinerjanya jadi lebih maksimal.

Biasanya Windows 7 SP1 hanya tersedia di Windows 7 enterprise dan ultimate.

Kalian dapat memasang versi Windows 7 sesuai keperluan. Contohnya jika untuk personal, bisa menggunakan Windows 7 home basic atau premium. Atau jika ingin versi yang paling lengkap, bisa langsung menggunakan yang ultimate. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.