Tips dan Trik Dasar Menggunakan YouTube

0

Kalian adalah seseorang dengan pikiran penuh ide dan gagasan? Ingin langsung mempraktekkan dan yang terlintas adalah membuka YouTube? Kenapa harus YouTube?

Gaes, memang benar saat ini siapa saja kalau ingin melihat beberapa video klip musik keluaran terbaru, atau menemukan tutorial terbaru tentang suatu subjek, atau konten apapun yang ingin kalian ketahui, tempat pertama yang biasanya muncul di pikiran adalah YouTube. 

Tetapi, kalain harus tahu nih, bahwa ada beberapa tips dan trik dari fitur YouTube yang tidak diketahui oleh sebagian besar pengguna YouTube.

Di sini saya datang sengaja untuk membagikan pada kalian 6 fitur dasar YouTube yang akan memaksimalkan pengalaman kalian. Memudahkan pemakaian YouTube dan mengetahui trik serta tips dari YouTube yang akan menjadikan platform ini lebih menyenangkan dan efektif bagi kalian pengguna.

Siap, Gaes?

Bagikan Video Mulai dari Waktu Tertentu

Gaes, kalau kalian ingin membagikan video YouTube tepat pada titik tertentu, detik, menit tertentu, kalian bisa melakukannya dalam beberapa langkah sederhana.

Pertamanya, kalian hanya perlu jeda atau pause video di waktu ketika kalian ingin pengguna lain mulai menontonnya, dan klik kanan di layar video. Nanti satu menu akan muncul dari mana kalian bisa memilih “Copy video URL at current time” atau “Salin URL video pada saat ini” lalu bagikan. 

baca juga :  Cara Menyimpan Video IGTV

Dengan begitu, otomatis pengguna akan klik tautan yang disalin dan membuka video langsung pada waktu tertentu sesuai yang kalian mau.

Putar Ulang Video Secara Otomatis

Mungkin ada saat ketika kalian ingin melihat atau mendengar video di YouTube favorit secara berulang-ulang. Kalian bisa melakukannya dengan cara opsi di YouTube yang membuat kalian memutar ulang video apa pun secara otomatis.

Hal yang bisa kalian lakukan adalah dengan melakukan klik kanan pada video yang ingin kalian putar ulang secara otomatis dan dari menu yang muncul, pilih “Loop”. 

Baca juga : Cara Merekam Video Call di Smartphone

Otomatis, video akan terus diputar ulang secara otomatis sampai kalian masuk lagi ke menu tersebut dan menghapus centang di menu “Loop” tersebut.

Putar Video dalam Kualitas HD Secara Default

Kalian wajib tahu, kalau sebagian besar video di YouTube mempunyai kualitas video sudah ditetapkan dari kualitas terendah secara default sehingga bisa berputar secara lancar, meski ada di kecepatan internet yang rendah. Tetapi kalau kalian benar-benar yakin dengan kecepatan internet kalian, kalian bisa menyesuaikan sistem pada YouTube untuk selalu memutar video dalam format HD atau kualitas terbaik dari video YouTube.

Baca juga : Cara Mudah Download Video Instagram

Tips dan trik yang ketiga ini mengharuskan kalian dibantu ekstensi pihak ketiga untuk browser kalian. Ekstensi ini bernama Magic Actions for YouTube yang hanya ada untuk browser terbaik seperti Google Chrome dan Firefox.

Awalnya kalian aktifkan opsi HD Otomatis dalam ekstensi, kemudian pilih resolusi yang cocok untuk video YouTube kalian. Kalian bisa juga mengatur volume video kalian.

Pencarian Video yang Lebih Akurat

YouTube adalah aplikasi yang menyediakan jutaan video baik tutorial atau musik, film, dan lainnya. Pastinya kalau kalian ingin menemukan video YouTube secara detail sesuai keinginan kalian akan terasa sedikit sulit. 

Baca juga : Cara Mengunduh Video Pada Facebook

Bisa saja, kalian nanti harus melihat banyak sekali sebelum menemukan video yang sebenarnya ingin kalian tonton.

Apabila kalian mau memudahkan pencarian videonya, cukup tambahkan kata Allintitle: sebelum kata kunci yang kalian pakai untuk mencari video yang kalian inginkan. Nantinya hasil pencarian hanya menghadirkan video sesuai kata kunci yang kalian pilih.

Hapus Kata Kunci Spesifik dalam Pencarian

Gaes, kalian bisa memilih kata kunci spesifik untuk dicari. Contohnya, kalian ingin mencari tutorial tentang ‘daftar domain’; memakai formulir pencarian paling konvensional, maka kalian akan menemukan banyak video tentang cara mendaftar domain menggunakan Godaddy.

Sekarang, kita berpikir bahwa kita sedang mencari beberapa tutorial tentang pendaftaran domain dan kalian tidak ingin hasil video tentang register domain dari GoDaddy (karena Anda sudah menontonnya, atau karena alasan lain), Maka kalian bisa membuat pengecualian kata kunci dari hasil pencarian Anda dengan cara berikut : keyword –exluded keyword.

baca juga : Cara Merekam Video Tampa Membuka Camera

Biasanya, yang menjadi keyword adalah Register domain dan kata kunci yang di kecualikan atau exclude keyword adalah Godaddy, jadi kalian bisa mengetikkan dalam pencarian sebagai berikut Register domain –Godaddy.

Periksa Kecepatan Pemutaran video

Para pengguna YouTube pasti tahu tanda panel berwarna merah dan abu-abu yang asalnya dari buffering lambat dari video yang kalian tonton. Karena itu, agar tidak ada gangguan, kalian bisa melakukan tes kecepatan supaya mengetahui apa ada masalah dengan video atau koneksi internet kalian atau tidak.

Langkah awal, klik kanan video, lalu akan muncul menu, klik opsi  “Stats for nerds”. Nanti ada box informasi tampil di salah satu sudut layar video yang akan memberi kalian informasi kecepatan koneksi internet, aktivitas jaringan, dan kesehatan buffering video kalian.

Selain kecepatan koneksi, kotak informasi ini akan menampilkan banyak statistik lain tentang video yaitu ID Video, Frame, resolusi Optimal, dan Codec, dan sebagainya.

Itulah beberapa tips dan trik sederhana dari YouTube yang bisa memudahkan kalian dalam memakai YouTube dan meningkatkan pengalaman saat menikmati video di YouTube.

Semoga bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.