Tips Delete File Lainnya di Smartphone Xiaomi

0

Makin berkembangnya kemajuan teknologi sekarang ini memicu banyak vendor smartphone gila-gilaan melakukan inovasi dalam meluncurkan smartphone baru bersama aplikasi bawaan dan fitur layanan yang membuat para penggunanya harus secara cermat memilih dan menggunakan semua aplikasi tersebut ataukah tidak.

Semakin lama, semakin banyak yang terlena dengan banyaknya aplikasi dan fitur tambahan di smartphone kalian, tanpa sadar bahwa ada data lain yang masuk di smartphone kalian, Gaes.

Salah satu smartphone yang sering meluncurkan tipe baru adalah Xiaomi. Dengan tipe baru yang sering rilis dan budget yang tidak terlalu besar membuat kita sering berganti smartphone karena banyak kelebihan yang pastinya selalu ditawarkan. Bahkan Xiaomi sendiri kini menjadi produsen Smartphone terkenal dengan level sama dengan Samsung, Sony, dan Lenovo.

Masyarakat sangat mempercayai produk Xiaomi meski kalian tahu juga merk Xiaomi tergolong baru berusia 9 tahun. Mungkin, kalian termasuk salah satu pengguna smartphone Xiaomi.

Dan tidak mengherankan, dengan banyaknya para pengguna smartphone Xiaomi, banyak yang memberikan keluhan tentang memori Xiaomi yang menjadi sedikit akibat besarnya file lainnya. Ya, banyak yang mengalaminya, Gaes. Terutama kalian yang punya kapasitas memori terbatas.

File lainnya ini umumnya berisi jenis-jenis berkas yang beragam. Bisa dari berkas obb untuk game, file sampah, cache, photo_blob_micro_tumbnail_blob, sampai dengan file yang mungkin pernah kalian download dan lupa kalian pindahkan atau kalian hapus filenya.

Oleh karena itulah, kalian membutuhkan beberapa tips untuk men-delete file lainnya di perangkat smartphone Xiaomi kalian. Kenapa beberapa? Tentu saja disebabkan file yang dihapus bermacam-macam.

Berikut ini tipa delete file lainnya di smartphone Xiaomi, Gaes. Cekidot/

Tips Delete File Lainnya di Smartphone Xiaomi

Pertama, Hapus file ganda dan berkas yang sudah tidak terpakai. Kalian bisa menghapus berkas yang sudah tidak kalian pakai, Gaes. Bisa juga kalian pindahkan berkas itu ke memori eksternal, utamanya berkas-berkas dengan ukuran yang cukup besar.

File-file yang saya maksud adalah termasuk berkas APK, berkas dalam bentuk ZIP atau RAR, dokumen (termasuk Word, excel, ppt, dan PDF), juga folder yang tidak kalian pakai. 

Cara lain kalian bisa memakai fitur Cleaner dari aplikasi Security Xiaomi untuk melakukan pembersihan berkas-berkas ganda yang ada. Seperti berkas yang kita kirim dengan aplikasi WhatsApp atau aplikasi lainnya. Kalian juga bisa menghapusnya secara manual lewat File Manager.

Kalau cara ini masih belum berhasil. Cobalah cara selanjutnya.

Kedua, uninstall aplikasi yang sudah tidak terpakai. Cara ini tergolong mudah, Gaes. Kalian bisa langsung menghapus aplikasi yang kalian rasa tidak akan terpakai lagi. Apalagi jika itu adalah aplikasi game dengan ukuran data cukup besar, maka kalian akan membuat lega ruang penyimpanan di perangkat smartphone Xiaomi kalian.

Ketiga, hapus cadangan database WhatsApp kalian, Gaes. Biasanya cadangan database WhatsApp kalian akan memakan memori penyimpanan cukup besar, bahkan bisa mencapai 1 GB.

Karena itu, rajin-rajinlah membersihkan file cadangan WhatsApp kalian. Caranya gampang. Tinggal masuk ke aplikasi File Manager bagian internal. Kemudian cari folder WhatsApp, klik pilihan folder Database, lalu hapus database yang ada di folder ini.

Biasanya ini hanya pilihan. Kalian juga bisa menyisakan file yang paling baru untuk berjaga-jaga jika ada sedikit masalah, contohnya untuk mengembalikan pesan yang sudah terhapus sebelumnya.

Tambahan nih, Gaes. Kalian juga bisa menghapus folder Shared, .Trash, .Tumbs yang ada di folder WhatsApp.  Kalau folder ini tidak keluarm kalian harus mengaktifkan pengaturan Show Hidden File. Pastinya sudah tahu cara menggunakan fitur ini kan, Gaes.

Keempat, hapus file lainnya dengan TWRP. Gaes, maaf sebelumnya karena cara ini adalah yang paling ekstrim sebenarnya. Ekstrim karena membersihkan sistem memakai Custom Recovery TWRP.

Kalau kalian tahu, instal TWRP itu ternyata ada kegunaannya. Buat kalian yang suka gonta-ganti ROM, kalian wajib memakai TWRP ini, Gaes.

Kalian harus selalu sedia back up ROM agar data cadangan system yang sehat saat ROM yang sudah dicoba ternyata tak sebagus yang ada di iklan.

TWRP juga ada menu WIPE yang punya manfaat membersihkan system lebih dalam daripada kemampuan aplikasi pembersih bawaah.

Kalau aplikasi pembersih biasa hanya bisa menjangkau data dan Cache aplikasi, maka TWRP mamu mendapatkan sampah hingga ke Emulator Android itu sendiri yaitu Dalvik atau ART.

Caranya bagaimana?

Awalnya kalian masuk ke menu Settings, klik penyimpanan lalu cek berapa besar bagian File Linnya untuk kalian bandingkan dengan hasilnya nanti ya, Gaes.

Selanjutnya masuk ke System Recovery TWRP dengan menekan Power + Volume Atas kemudian lepaskan saat logo Mi keluar. 

Setelah kalian masuk ke menu utama TWRP, segera tekan pilihan Wipe, kemudian klik Advance Wipe dan beri centang partisi Dalvik ART Cache dan Cache. Klik itu saja ya, bukan yang lain lagi.

Kalau sudah, segera hapus dengan Swipe Slider ke kanan dan langsung Reboot System.

Biasanya proses Reboot awal ayau pertama kali akan membutuhkan waktu lama. Tetap tenang dan tunggu sampai proses selesai.

Gaes, biasanya dengan TWRP kalian sudah bisa menghapus File Lainnya. Tapi hati-hati, lakukan back up terlebih dulu jika dirasa semua data di smartphone kalian penting.

Nah, inilah berbagai tips buat kalian delete File Lainnya yang memenuhi kapasitas memori smartphone Xiaomi kalian. 

Semoga bermanfaat. Salam teknologi! 

Leave A Reply

Your email address will not be published.