Tips Ekstrak File RAR di Android

Meskipun banyak yang belum tahu bagaimana cara ekstrak file di android, kalian bisa mengikuti beberapa langkah yang akan dibagikan di artikel ini.

0

Umumnya kalian dapat dengan mudah mengekstrak file RAR memakai aplikasi WinRAR, atau software lainnya.

Dalam perkembangan teknologi saat ini, ada banyak kemudahan yang didapatkan. Misalnya, ketika kalian ingin mengirimkan file atau data, jika dulu harus memakai pos, telegram, bahkan menggunakan jasa pengiriman, kini kalian bisa mengirimnya hanya dengan sekali klik saja.

File yang kalian kirimkan pun bisa lebih dari satu. Semua diekstrak dalam satu folder bernama RAR.

Apa itu RAR?

RAR adalah sebuah format file kompresi yang sekarang ini sangat banyak kalian temui.

Apabila di PC atau laptop, umumnya kalian dapat dengan mudah mengekstrak file RAR memakai aplikasi WinRAR, atau software lainnya.

Tetapi, untuk smartphone Android bagaimana caranya? Tenang, Gaes. Meskipun banyak yang belum tahu bagaimana cara ekstrak file di android, kalian bisa mengikuti beberapa langkah yang akan dibagikan di artikel ini.

Langsung cek kuy!

Membuka dan Mengekstrak RAR di Android

Supaya kalian dapat melakukan extract file RAR di smartphone Android, kalian memerlukan aplikasi tambahan, dan dapat kalian unduh di Playstore. Di antaranya RAR dari RARLAB, ZArchiver dari ZDevs, dan ES File Manager dari ESGlobal.

Di bawah ini adalah langkah-langkah membuka file RAR di smartphone Android.

Menggunakan Aplikasi RAR

Aplikasi RAR ini yang paling banyak digunakan para pengguna smartphone. Di samping khusus digunakan untuk membuka dan extract file RAR, aplikasi ini juga mendukung format lain, misalnya .zip dan ISO.

Untuk extract file RAR di smartphone Android, kalian bisa install dulu aplikasi RAR di Android. Kalau sudah, buka aplikasinya.

Aplikasi ini hampir sama seperti file manager. Kalian bisa cari dulu file .RAR yang ingin kalian ekstrak. Lalu pilih file RAR tersebut, dan seleksi  file mana saja yang diperlukan. Lanjutkan dengan tap icon ekstrak.

Langkah terakhir, cukup kalian atur direktori untuk penyimpanan hasil ekstraksi file-nya saja, dan tap OK.

Kemudian, bagaimana cara membuat file RARnya?

Untuk membuat file RAR di Android dengan aplikasi ini, kalian hanya perlu tap file yang diinginkan. Lalu tap icon tambah (+). Sesudah itu, kalian dapat langsung menyimpan file-nya.

Memakai ZArchiver

ZArchiver ini fiturnya bisa dikatakan cukup lengkap. Mendukung berbagai jenis compressed file misalnya RAR, ZIP, 7z, sekaligus mendukung juga dengan berbagai macam perangkat Android.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah install  aplikasi ZArchiver di Google Playstore, kemudian buka aplikasinya

Selanjutnya, cari dan pilih file RAR yang ingin kalian ekstrak. Lanjutkan dengan klik opsi ekstrak yang kalian inginkan. Nantinya, file akan langsung tersimpan di tempat yang sama dengan file RAR nya tersebut.

Selamat. Kalian sudah dapat melihat file hasil ekstraksi dari RAR yang tersimpan tadi.

Memakai ES Pengelola Berkas (File Manager)

Aplikasi ES Pengelola Berkas ini mendukung bermacam jenis file kompresi, mulai dari RAR, ZIP, Tar, Tbz, dan sebagainya. Apalagi, penggunaannya juga cukup mudah.

Caranya, instal dulu aplikasi ES Pengelola Berkas di Play Store, lalu  buka dan langsung cari saja file RAR yang diinginkan. Klik file RAR tersebut.

Di file RAR yang diinginkan, kalian dapat tap opsi Ekstrak. Nantinya akan tampil jendela. Lalu tap OK saja untuk mengekstraknya. Selesai.

Memakai File Manager Bawaan Smartphone

Ini menjadi cara terakhir, sebab tidak semua perangkat smartphone memiliki fiturnya.

Perangkat smartphone yang sudah memiliki fitur ini yaitu  Xiaomi, OPPO, Vivo, dan smartphone Samsung keluaran terbaru.

Caranya kalian hanya perlu membuka File Manager di smartphone, lalu file RAR yang kalian inginkan . Kemudian klik filenya dan tap opsi ekstrak. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.