Tips Flash Smartphone Advan I5C

Flash akan menghapus semua data di perangkat kalian dan akan tampil seperti saat kalian membelinya pertama kalian.

0

Umumnya, flash dilakukan ketika smartphone mengalami masalah misalnya bootloop, lupa pola, virus, sampai matot alias mati total.

Smartphone kalian mengalami masalah, Gaes? Tenang. Kalian bisa mengatasinya dengan tips ampuh di artikel ini.

Sebagaimana kalian tahu, flash menjadi cara ampuh untuk solusi banyak masalah pada smartphone, salah satunya di smartphone Advan I5C.

Umumnya, flash dilakukan ketika smartphone mengalami masalah misalnya bootloop, lupa pola, virus, sampai matot alias mati total.

Apabila Advan I5C kalian hanya rusak ringan, akan lebih baik untuk melakukan factory reset saja dulu.

Tetapi, apabila perangkat smartphone tidak kunjung membaik, maka mau tidak mau kalian harus melakukan flash.

Sebagai catatan, lakukan backup untuk menyimpan data yang penting di tempat lain, misalnya di flashdisk atau HDD exkternal.

Ini karena, flash akan menghapus semua data di perangkat kalian dan akan tampil seperti saat kalian membelinya pertama kalian.

Pada artikel ini, flash smartphone Advan I5C dilakukan melalui SP Flashtool.

Ingat, jika kalian belum pernah melakukan flash, lebih disarankan untuk didampingi ahlinya untuk menghindari gagal flashing.

Hal-hal yang harus dipersiapkan apa saja?

Bahan yang dibutuhkan adalah mendownload USB Driver MTK (MediaTek), kemudian mendownload SP Flashtool versi terbaru (direkomendasikan), dan juga mendownload Firmware Advan I5C. Kalau diminta password ketika melakukan ekstrak, ketikkan veflash.com.

Selanjutnya kalian harus menyiapkan PC atau laptop dengan sistem operasi Windows. Ada juga kabel USB original atau bawaan Advan I5C kalau ada. 

Terakhir, baterai smartphone usahakan minimal terisi 70%  agar tidak gagal flashing akibat kehabisan daya.

Flash Advan I5C Mediatek melalui SP Flashtool

Apabila semua bahan di atas udah lengkap dan siap, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Pertamanya, ekstrak semua bahan yang tadi didownload. Lalu, install USB Driver di PC atau laptop kalian. Pastikan driver terinstall dengan benar agar smartphone bisa terdeteksi oleh PC.

Setelah itu, buka folder SP Flashtool. Caranya, buka file flash_tool.exe dan klik kanan lalu tap Run as Administrator.

Sesudah SP Flashtool terbuka, tap menu Scatter-loading. Berikutnya, kalian akan diarahkan ke folder hasil ekstrak dari firmware Advan I5C.

Jika file scatter dari smartphone Advan I5C berhasil di muat, kalian centang di bagian PRELOADER. Lanjutkan dengan tap Download untuk memulai proses flashing.

Sampai di sini, matikan smartphone. Kemudian, sambungkan ke PC lewat kabel USB sambil menekan tombol Volume Bawah.

Jika sudah, tahan tombol tersebut sampai perangkat terdeteksi oleh PC. Umumnya, ditandai dengan indikasi warna merah di SP Flashtool.

Sesudah itu, tunggu proses flash selesai. Sesaat kemudian, akan tampil notifikasi Download OK yang menginformasikan bahwa flashing berhasil.

Langkah terakhir, tutup SP flashtool dan lepas kabel USB.

Untuk perhatikan, pertama kali melakukan booting bisa menghabiskan waktu antara 5-10 menit. Hal ini disebabkan smartphone harus menyesuaikan dengan ROM yang baru.

Dengan kalian melakukan flash advan I5C Mediatek melalui SP Flashtool, besar kemungkinan permasalahan di smartphone Advan 15C bisa teratasi.

Itu tadi artikel mengenai tips untuk melakukan falsh pada smartphone Advan 15C.

Semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian semua.Apabila kalian ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.