Tips Foto dan Video di Telegram Tidak Auto Save ke Galeri

Bagaimana caranya? Kalian bisa mengikuti beberapa tips yang akan dibagikan di artikel ini supaya foto dan video di Telegram tidak tersimpan otomatis di galeri.

0

Telegram adalah salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia di samping WhatsApp. Di samping aman, Telegram juga menawarkan sejumlah fitur menarik.

Aplikasi WhatsApp memang sudah tidak asing lagi digunakan para pengguna smartphone. Hanya saja, kini mulai hadri aplikasi serupa lainnya yang tidak kalah keren, yaitu Telegram.

Telegram adalah salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia di samping WhatsApp. Di samping aman, Telegram juga menawarkan sejumlah fitur menarik.

Salah satunya adalah kemampuan menyimpan foto secara otomatis dan pengguna mempunyai pilihan untuk mematikan auto save apabila merasa kurang nyaman dengan fitur ini. Dan, kalian dapat menyimpan secara manual saja

Untuk kalian yang tidak ingin memakai fitur auto save, kalian dapat menonaktifkan fitur tersebut.

Bagaimana caranya? Kalian bisa mengikuti beberapa tips yang akan dibagikan di artikel ini supaya foto dan video di Telegram tidak tersimpan otomatis di galeri.

Kuy langsung kupas bareng!

Menonaktifkan Auto Save Foto dan Video di Telegram Smartphone

Pada dasarnya untuk dapat mematikan atau menonaktifkan Auto save Ftoo dan video di Telegram adalah pekerjaan yang sangat mudah.

Di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa kalian terapkan di perangkat kalian, baik menggunakan android, iOS, ataupun PC.

Telegram Android

Untuk menonaktifkan auto save foto dan video, kalian pertama-tama bisa membuka aplikasi Telegram.

Berikutnya, kalian silahkan buka Menu (ikon garis tiga), teruskan dengan tap opsi Pengaturan.

Jika sudah, silahkan masuk ke pengaturan Data dan Penyimpanan. Terakhir, kalian langsung nonaktifkan bagian Unduh media otomatis.

Telegram iOS

Untuk perangkat iOS tidak jauh beda dengan perangkat android.

Langkah pertama kalian bisa langsung buka aplikasi Telegram di iPhone.

Setelah itu silahkan masuk ke menu Pengaturan di pojok kanan bawah layar. Teruskan dengan membuka pengaturan Data dan Penyimpanan.

Jika sudah, langsung saja nonaktifkan Data Seluler dan Wi-Fi di bagian Unduh media otomatis.

Selesai kalian menonaktifkan pengaturan unduh otomatis di atas, maka berikutnya setiap foto atau video yang masuk hanya dapat kalian unduh secara manual.

Dengan demikian maka foto dan video yang ada di chat Telegram tidak akan terdownload otomatis dan tersimpan di galeri smartphone.

Mematikan Auto Save Foto dan Video di Telegram PC

Untuk kalian para pengguna PC atau laptop, kalian bisa menerapkan beberapa langkah berikut ini.

Langkah pertama, kalian buka langsung aplikasi Telegram di PC atau laptop.

Jika sudah, silahkan kalian  buka Menu dengan tap ikon garis tiga. Lalu tap opsi Settings.

Setelah itu, masuk menu Advanced. Nantinya pada bagian Data and storage aktifkan opsi Ask download path for each file.

Sebagaimana pada Telegram smartphone (iPhone dan Android), untuk menyimpan foto dan video dari chat Telegram PC butuh tindakan manual.

Dengan kalian menonaktifkan auto save media di aplikasi Telegram, maka kalian dapat memilih foto dan video mana saja yang kalian inginkan untuk disimpan ke galeri atau ke penyimpanan PC atau laptop.

Itu tadi artikel mengenai tips untuk membuat media, baik foto atau video jadi tidak tersimpan otomatis di perangkat kalian. Baik kalian menggunakan android, iOS, ataupun laptop atau PC.

Semoga informasi di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk kalian.

Jangan lupa update info dan berita terbaru seputar ilmu pengetahuan dan teknologi yang hadir setiap hari hanya di techjak.com. Ada juga tips dan review terbaik yang bisa jadi rekomendasi kalian. Sampai bertemu di artikel lainnya.Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.