Tips Hadapi Memori Android yang Penuh!

0

Eyoo Boy! balik lagi sama Mr.WaD di website Techjak. Kali ini gua bakal kasih tips lagi nih Jo. Khususnya buat kalian nih yang memori smartphone nya sedikit, Tips ini akan sangat berguna Jo. Selamat Menbaca!

Memori smartphone yang penuh ketika sedang digunakan apalagi sampai tidak ada ruang untuk foto selfiemu tentu sangatlah mengganggu. Tak jarang hal ini biasanya membuat kamu harus menghapus beberapa aplikasi yang sudah terpasang untuk mendapatkan memori yang cukup. 

Penuhnya memori smartphone Android bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti terlalu banyak aplikasi yang digunakan, galeri yang terlalu penuh, bahkan banyaknya chace di ponsel. Nah biasanya chace data ini adalah penyebab yang tidak disadari ketika memori smartphone kamu penuh. 

Baca Juga : Cara Menggubah Background Tema Pada Google!

Chace data adalah sejumlah informasi yang disimpan pada aplikasi atau browser. Biasanya chace data ini tersimpan pada browser saat kamu berselancar di dunia maya. Chace data ini juga tersimpan saat kamu mengakses fitur tertentu di smartphone

Chace data yang disimpan oleh browser berupa data yang sewaktu – waktu dibutuhkan jika diakses ulang lagi. Chace data pada website ini biasanya berisikan banner, logo serta foto di website tersebut. Sistem smartphone menyimpannya agar website tersebut dapat diakses lebih mudah tanpa harus bekerja lebih keras seperti pertama kali diakses. 

Beberapa data penting juga terdapat di chace data yang berfungsi untuk membantu aplikasi yang aktif dapat mengakses dengan lebih cepat. Chace data ini biasanya juga memiliki batas kadaluarsa, sehingga datanya akan terhapus secara otomatis. Namun, tidak diketahui kapan sistem tersebut akan menghapus chace data secara pasti. 

Baca Juga : Yuk Mengenal Fungsi dan macam – macam Lensa pada Kamera

Chace data ini memakan memori yang cukup besar sesuai dengan intensitas kita mengakses website. Nah, kamu bisa menghapus chace ini tanpa harus menunggu batas kadaluarsanya supaya memori smartphone lebih lega. 

Berikut adalah cara praktis menghapus chace data secara manual:

  • Klik menu settings, lalu pilih Apps
  • Pilih apps manager atau storage, sehingga akan muncul tampilan yang memuat aplikasi yang tersedia di smartphone
  • Pilih aplikasi yang akan kamu bersihkan chace nya
  • Setelah terbuka, pilih clear chace

Nah, setelah itu sistem smartphone akan menghapus chace dari aplikasi yang kamu pilih secara otomatis. Kapasitas internalmu akan meningkat. Caranya mudah dan praktis kan? Selama mencoba!

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.