Tips Hapus Akun WhatsApp Permanen di Android dan iPhone

Ada banyak alasan yang diberikan, satu di antaranya karena kebijakan privasi baru WhatsApp yang menjadi polemik.

0

Aplikasi yang sekarang menjadi milik Facebook Inc ini mempunyai segudang fitur. Di samping berkirim pesan, kalian juga dapat berkirim gambar, video, dokumen, sampai berbagi status.

Kalian sedang ada rencana untuk menghapus akun secara permanen di smartphone android atau iPhone? Jangan khawatir. Kalian akan mendapatkan tipsnya secara mudah di artikel ini.

Sampai saat ini aplikasi WhatsApp memang merupakan aplikasi pesan instan yang sangat populer untuk para pengguna smartphone. 

Aplikasi yang sekarang menjadi milik Facebook Inc ini mempunyai segudang fitur. Di samping berkirim pesan, kalian juga dapat berkirim gambar, video, dokumen, sampai berbagi status.

Hanya saja, dalam beberapa bulan terakhir ini banyak dari para pengguna smartphone yang ingin berpindah aplikasi dari WhatsApp. 

Ada banyak alasan yang diberikan, satu di antaranya karena kebijakan privasi baru WhatsApp yang menjadi polemik.

Kebijakan privasi baru WhatsApp ini berlaku dari 15 Mei 2021 sesudah sebelumnya sempat diundur. Banyak pengguna yang khawatir tentang privasi mereka di aplikasi WA.

Tetapi, pihak WhatsApp sendiri sebenarnya sudah menerangkan tentang kebijakan baru tersebut. 

Pihak WA menegaskan, kebijakan privasi ini tidak mempengaruhi privasi pesan-pesan para pengguna yang dikirim ke pengguna atau keluarga. Kebijakan ini hanya mencakup perubahan yang berkaitan dengan berkirim pesan ke akun bisnis.

Di sampingitu, pihak WhatsApp menjelaskan mereka tidak dapat mengakses percakapan pribadi pengguna dan riwayat panggilan telepon di aplikasi. Pihak WhatsApp menegaskan, percakapan pribadi pengguna dan lokasi pengguna berada masih terenkripsi secara end-to-end.

Tetapi, untuk para pengguna yang tetap ingin menghapus akun WhatsApp dan berpindah ke aplikasi chat lain, maka kalian bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini dengan mudah dan cepat.

Hapus akun WhatsApp permanen

Smartphone Android

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adaalah dengan cara membuka aplikasi WhatsApp di smarpthone.

Kemudian pada menu utama, silakan klik ikon tiga titik di pojok kanan atas. Teruskan dengan masuk ke opsi “Setelan” dan klik opsi “Akun”.

Berikutnya, pada bagian bawah, ada opsi “Hapus akun saya” dengan ikon tong sampah. Klik opsi tersebut.

Setelah itu isi nomor telepon kalian, dan tap tombol virtual berwarna merah dengan tulisan “Hapus akun saya”.

iPhone

Pertama-tama, buka aplikasi WhatsApp di prangkat iPhone kalian, lalu masuk ke menu “Setelan”, dan ke “Akun”, dan tap opsi “Delete My Account”.

Disini kalian akan diminta mengisi nomor telepon dan klik opsi “Hapus akun saya”.

Pada menu hapus akun, akan ada beberapa peringatan dari WhatsApp. Pihak WA mengatakan, dengan menghapus akun, semua riwayat chat, keanggotaan di grup, sampai cadangan di Google Drive akan terhapus.

Di samping itu, pada menu “Hapus akun saya”, kalian juga akan ditawarkan untuk hanya mengganti nomor saja.

Pihak WhatsApp mengonfirmasi, sesudah kalian sebagai pengguna menghapus akunnya, akun itu benar-benar akan hilang permanen. 

Pihak WhatsApp memerlukan waktu 90 hari sampai semua informasi di akun WhatsApp kalian benar-benar terhapus.

WhatsApp juga mengatakan: “Salinan informasi pengguna mungkin juga tersisa sesudah 90 hari dalam penyimpanan cadangan yang kami pakai untuk memulihkan jika terjadi bencana, kesalahan perangkat lunak, atau peristiwa kehilangan data lainnya.

Informasi Anda tidak tersedia untuk Anda di WhatsApp selama ini. Salinan dari beberapa materi seperti catatan log mungkin tetap ada di database kami tetapi dipisahkan dari pengenal pribadi.” Itu tadi artikel mengenai tip hapus akun WhatsApp permanen di perangkat android atau iPhone. Sampai bertemu di artikel lainnya. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.