Tips Kompres MP3

Sebenarnya pada bidang audio khususnya mp3, kompres adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengecilkan ukuran dari file audio tersebut. Dengan kompresi ini, file mp3 yang berukuran besar akan menjadi lebih kecil. 

0

Ini pastinya membuat kalian membutuhkan ruang yang lebih besar. Kalian juga butuh data yang banyak saat mengupload MP3 yang berukuran besar. Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena sekarang kalian bisa mengkompress ukuran file MP3 kalian dengan tips ampuh di artikel ini.

Apakah kalian suka mendengarkan musik lewat Mp3? Atau mengerjakan tugas dan lainnya? Hanya saja kemudian kalian merasa terganggu karena file MP3 kalian ternyata terlalu besar ukurannya. 

Ini pastinya membuat kalian membutuhkan ruang yang lebih besar. Kalian juga butuh data yang banyak saat mengupload MP3 yang berukuran besar.

Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena sekarang kalian bisa mengkompress ukuran file MP3 kalian dengan tips ampuh di artikel ini.

Mau tahu caranya? Langsung cek bareng kuy!

Kompres Mp3

Sebenarnya pada bidang audio khususnya mp3, kompres adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengecilkan ukuran dari file audio tersebut. Dengan kompresi ini, file mp3 yang berukuran besar akan menjadi lebih kecil. 

Berikut ada beberapa tips untuk kalian agar dapat mengompres file MP3.

Media.io

Tips pertama yaitu memakai situs Media.io. Media.io ini dibuat secara khusus untuk mengompresi file berupa media, baik itu video ataupun audio. 

Langkah awal, buka web browser yang ada di smartphone aupun PC kalian. Setelah itu tuliskan alamat situs yaitu “media.io” di kolom URL browser tersebut. Tunggu sampai halaman situs Media.io terbuka.

Jika sudah, tap tombol + yang ada di atas tulisan “Drag & Drop or Hit to Add File”.

Nanti kalian akan diminta memilih salah satu file mp3 yang akan ukurannya dikecilkan.

Berikutnya, pilih format yang kalian mau. Kemudian pilih juga kualitas bitrate mp3 yang diinginkan. Biasanya bitrate standar pada mp3 sebesar 123 kb/s. Karena itu kalian bisa memilih bitrate 96 kb/s untuk membuat ukurannya jadi lebih kecil.

Sesudah itu tap opsi “Convert”. Tunggu sampai proses kompresi ini selesai. Jika sudah, tap download.

Konverter Audio Online

Tips lainnya, kalian bisa memakai situs Konverter Audio Online. Ini adalah situs yang dibuat untuk melakukan kompresi pada suatu file mp3 supaya menjadi lebih kecil. 

Langkah pertama, buka situs online-audio-converter.com/id/. Setelah itu cari opsi yang bernama “buka file” atau langsung saja ambil dari Google Drive Dropbox dan juga memasukkan URL dari sumber file tersebut.

Tunggu sampai file mp3 yang ingin dikompresi selesai diupload.

Setelah itu kalian bisa memilih format baru yang untuk mp3 yang diupload. Tetapi apabila kalian ingin ukuran kecil, pilih format mp3.

Jika sudah, pilih kualitas untuk mp3 tersebut. Kalau ingin mengecilkan ukuran file mp3, maka tentukan bitrate sebesar 64 kbps. Jika sudah tap opsi “konversikan” untuk proses kompresi audio. Tunggu sampai proses kompresi ini selesai.

Saat kompresi selesai, tap opsi “unduh” untuk menyimpan file mp3 yang berukuran lebih kecil tersebut di perangkat kalian. Kalian juga bisa langsung menyimpan file mp3 ke Dropbox maupun Google Drive.

Dengan MP3Smaller

Tips terakhir, dengan memakai MP3Smaller. Menariknya, situs ini dapat mengecilkan ukuran file mp3 tanpa mengurangi kualitasnya. 

Langkah awal, buka web browser di smartphone ataupun PC kalian. Lalu, akses situs dari MP3Smaller.

Saat halaman utama dari MP3Smaller terbuka, tap menu “browse”. Nantinya akan terbuka halaman yang bisa kalian pakai untuk memilih file mp3 yang ingin kalian kecilkan ukurannya.

kalau mp3 yang ukurannya akan dikecilkan sudah ada, pilih dan tap open.

Setelah itu pilih besaran bitrate yang diinginkan. Kalau ingin mengecilkan, pilih opsi “medium 80Kbps”. Kemudian tap tombol “upload file” dan tunggu sampai proses loading selesai.

Jika halaman sudah termuat ulang, maka file mp3 dari hasil kompresi akan ada, lengkap dengan ukuran yang baru. Terakhir, tap file baru tersebut untuk menyimpannya di perangkat yang dipakai. Selamat mencoba! 

Leave A Reply

Your email address will not be published.