Tips Memakai Fitur App Tracking Transparency iOS 14.5

Facebook sendiri menjadi salah satu aplikasi yang melacak aktivitas pengguna di aplikasi lain dan ketika berselancar di situs lain. Sebelumnya, fitur App Tracking Blocker ini memang mendapat kritikan dari pihak Facebook.

0

Kalian bisa aktifkan fitur App Tracking Transparency. Sebab, menurut beberapa sumber, banyak aplikasi tidak hanya melacak aktivitas pengguna di dalam aplikasi itu sendiri.

App Tracking Transparency adalah salah satu fitur baru di iOS 14.5 yang menarik perhatian banyak pengguna. Kenapa demikian?

Sebab dengan adanya fitur ini, kalian sebagai pengguna memiliki opsi untuk tidak mengizinkan sebuah aplikasi melacak aktivitas pengguna ketika memakai aplikasi lain atau mengakses website. Pelacakan itu dilakukan untuk kepentingan periklanan.

Sebagaimana diketahui, Apple sudah merilis pembaruan iOS 14.5 dan iPad OS 14.5 bulan kemarin. Di samping fitur App Tracking Transparency atau App Tracking Blocker, iOS versi terbaru ini juga mepunyai fitur lain misalnya dukungan untuk AirTag, dapat membuka kunci memakai Apple Watch, emoji baru, dan sebagainya.

Untuk kalian para pengguna iPhone, bisa mengecek apakah pembaruan iOS 14.5 sudah ada atau belum. Apabila sudah tersedia, ada baiknya kalian segera perbarui sistem operasi di perangkat kalian.

Sesudah sistem operasinya diperbarui ke iOS 14.5, kalian bisa aktifkan fitur App Tracking Transparency. Sebab, menurut beberapa sumber, banyak aplikasi tidak hanya melacak aktivitas pengguna di dalam aplikasi itu sendiri. Ada aplikasi yang melacak aktivitas pengguna di luar aplikasi itu untuk keperluan perilkanan.

Itu kenapa kalian melihat iklan di Facebook dan aplikasi lain untuk produk yang baru saja kalian lihat di situs lain. Facebook sendiri menjadi salah satu aplikasi yang melacak aktivitas pengguna di aplikasi lain dan ketika berselancar di situs lain. Sebelumnya, fitur App Tracking Blocker ini memang mendapat kritikan dari pihak Facebook.

Cara memakai fitur App Tracking Transparency

Sesudah pembaruan sistem operasi ke iOS 14.5, kalian tidak perlu mengaktifkan apa pun lagi. Secara otomatis, ketika kalian memasang aplikasi baru, kalian akan ditanya apakah ingin aplikasi baru melacak kalian. Di situlah kalian dapat memilih supaya tidak mengijinkan aplikasi untuk melacak aktivitas.

Sebelum pembaruan ke iOS 14.5, kalian bisa mematikan pelacakan untuk semua aplikasi melalui menu Settings lalu tap Privacy dan klik opsi Tracking. Sesudah itu, saat pengaturan “Allow Apps to Request to Track” dimatikan, maka semua aplikasi tidak diizinkan untuk melacak aktivitas pengguna di aplikasi lain atau ketika berselancar di situs web.

Sekarang, untuk mengecek izin pelacakan aplikasi yang telah terpasang, kalian dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan, kalian silakan pergi ke Settings. Jika sudah, maka kalian bisa langsung saja tap opsi Privacy, dan teruskan dengan klik tombol Tracking.

Di bawah “Allow Apps to Request to Track”, kalian sekarang akan melihat daftar aplikasi tertentu yang sudah meminta izin pelacakan. Di menu tersebut, kalian bisa mengizinkan atau mencabut izin pelacakan untuk setiap aplikasi tertentu.

Itu tadi artikel mengenai tips untuk memakai fitur App Tracking Transparency atau App Tracking Blocker. 

Apabila kalian ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.