Tips Memakai Kamera Smartphone Menjadi Webcam dengan iVCam

Kalian bisa memanfaatkan smartphone kalian menjadi webcam dengan bantuan aplikasi.

0

Jika kalian tidak ada webcam di PC atau laptop kalian, maka kalian bisa membuat sendiri webcam tersebut dengan memakai smartphone kalian, Gaes.

Kalian merasa kesal karena ingin melakukan video conference tapi tidak mempunyai webcam di PC atau laptop? Jangan khawatir, kalian bisa memanfaatkan smartphone kalian menjadi webcam dengan bantuan aplikasi.

Sebagaimana kalian ketahui, pandemi sampai saat ini belum berakhir. Banyak aktivitas akhirnya terpaksa dilakukan dari rumah dan membuat banyak orang harus mencari media untuk terus dapat beraktivitas. Salah satunya memakai webcam untuk video conference.

Nah, jika kalian tidak ada webcam di PC atau laptop kalian, maka kalian bisa membuat sendiri webcam tersebut dengan memakai smartphone kalian, Gaes.

Mau tahu bagaimana caranya? Langsung cek penjelasannya berikut ini kuy!

Memakai Kamera Smartphone Menjadi Webcam

Pada dasarnya untuk membuat sendiri webcam di PC atau laptop kalian adalah pekerjaan yang tidak terlalu sulit. Kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi dan menggunakan smartphone kalian untuk membuat webcame tersebut.

Pada artikel ini akan dibagikan cara membuat webcam dengan bantuan apliaksi iVCam.

Berikut langkah-langkah yang bisa kalian terapkan langsung d PC atau laptop kalian.

Install aplikasi iVCam di Smartphone dan PC atau laptop

Langkah awal, silahkan kalian install dulu aplikasi iVCam di Android atau iPhone kalian, kemduian install juga aplikasi iVCam client di perangkat PC atau laptop. 

Bisa melalui link  Play Store,  App Store, atau download iVCam di PC/laptop (Client).

Sambungkan smartphone ke PC atau laptop 

Sesudah menginstal aplikasi iVCam di kedua device, langkah berikutnya yaitu menyambungkan perangkat smartphone ke PC atau laptop, lewat sambungan USB.

Buka aplikasi iVCam di smartphone dan di PC atau laptop Kemudian Sambungkan

Berikutnya, silahkan buka aplikasi iVCam di kedua device atau perangkat. Kalau diminta mengkonfirmasi, klik Allow.

Pada aplikasi iVCam di smartphone, klik Play untuk mulai merekam. Nanti hasilnya akan langsung keluar di monitor PC atau laptop.

Sampai disini, maka kalian sudah bisa melakukan video call, video conference atau meeting online memakai kamera Android atau iOS sebagai webcam.

Hanya saja, aplikasi iVCam ini memiliki watermark aplikasi yang sangat jelas. Untuk menghilangkannya, kalian bisa upgrade memakai aplikasi iVCam berbayar.

Aplikasi Lainnya Pengubah Kamera Android atau iOS Menjadi Webcam

Di samping aplikasi iVCam, masih ada beberapa aplikasi lainnya yang bisa kalian pakai untuk mengubah kamera smartphone menjadi webcam di laptop atau PC.

Misalnya, IP Webcam, Camy, Iriun 4K Webcam for PC and Mac, dan masih banyak yang lainnya.

Solusi aplikasi iVCam dan DroidCam tidak terhubung

Kemudian jika di suatu waktu aplikasi iVCam tidak tersambung, kalian bisa membuka tutup aplikasi iVCam Client yang diinstal di PC atau laptop dulu. Selanjutnya kalian bisa buka kembali.

Langkah di atas khusus untuk kalian yang memakai sambungan lewat WiFi.

Apabila masih error atau tidak terhubung, biasanya ada masalah di sambungan. 

Itu tadi artikel mengenai tips memakai kamera smartphone menjadi webcam dengan bantuan aplikasi iVCam di PC atau laptop kalian.

Jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.