Tips Memakai NFC Realme 8 Series untuk Isi Saldo eMoney

NFC adalah fitur yang banyak diperlukan oleh kalian para pengguna smartphone di kota besar, utamanya di Jakarta.

0

Memakai NFC di Realme 8 series untuk kebutuhan eMoney bisa dikatakan mudah. Dua perangkat penerus Realme 7 series ini sudah rilis kemarin di Indonesia pada 7 April 2021. 

Salah satu perangkat Realme hadir kembali turut bersaing di pasar global. Realme 8 series yang mempunyai banyak keunggulan dan spesifikasi yang tangguh. 

Salah satu fitur pada perangkat realme yang memberi banyak kemudahan ketika kalian memilikinya adalah fitur NFC.

Memakai NFC di Realme 8 series untuk kebutuhan eMoney bisa dikatakan mudah. Dua perangkat penerus Realme 7 series ini sudah rilis kemarin di Indonesia pada 7 April 2021. 

NFC adalah fitur yang banyak diperlukan oleh kalian para pengguna smartphone di kota besar, utamanya di Jakarta.

Sebab, dengan fitur tersebut kalian dapat mengecek saldo dan top up saldo uang elektronik (eMoney) langsung di perangkat kalian.

Sebagaimana diketahui, eMoney dibutuhkan untuk beberapa transaksi. Contohnya, eMoney dipakai untuk pembayaran tol, tiket transportasi umum, sampai berbelanja di toko. Bertransaksi dengan eMoney tentu saja lebih praktis.

Tetapi, bagaimana jika belum tahu cara menggunakannya? Tidak perlu khawatir. Berikut ada beberapa tips untuk kalian supaya dapat memakai NFC di perangkat Relame kalian.

Memakai NFC Realme 8 series

Untuk memakai Realme 8 series memeriksa saldo dan top up saldo eMoney, tentu kalian harus mengaktifkan NFC-nya dulu. 

Untuk mengaktifkannya, kalian tarik layar di bagian atas ke bawah sampai tampil menu pengaturan. Lalu, geser menu tersebut ke kiri dan cari opsi NFC. Untuk mengaktifkannya, klik ikon NFC-nya.

Atau, kalian dapat juga mengaktifkan NFC lewat menu pengaturan. Ketika di pengaturan, cukup cek kolom pencarian dengan ikon kaca pembesar di bagian atas. Di kolom itu, kalian ketikkan NFC. Nantinya, opsi NFC akan tampil.

Cek saldo eMoney

Jika NFC di perangkat Realme 8 series kalian sudah aktif, langkah selanjutnya untuk memakai perangkat buat cek saldo yaitu mengunduh aplikasinya.

Terdapat banyak aplikasi untuk mengecek saldo eMoney di PlayStore dan App Store. Tetapi, yang paling terpercaya pastinya aplikasi dari penyedia eMoney-nya langsung.

Contoh, kalian yang memakai eMoney Mandiri bisa memakai aplikasi Livin’ by Mandiri (dulunya bernama Mandiri Online).

Atau, kalian dapat juga memakai dua aplikasi yang sudah banyak dipakai pengguna, yaitu eSaldo Info dan Saldoku. Dua aplikasi tersebut tersedia di toko apikasi, cukup cari dan unduh saja.

Isi saldo eMoney dengan NFC Realme 8 Series

Untuk isi saldo eMoney via smartphone, caranya berbeda-beda. Pada beberapa layanan eMoney, isi saldo umumnya bisa langsung lewat aplikasi resminya. 

eMoney Mandiri

Kalian pengguna eMoney Mandiri, silakan unduh dulu aplikasi Livin’ by Mandiri. Sebab, di aplikasi itu kalian dapat isi ulang saldo eMoney.

Apabila aplikasinya sudah terpasang, silakan buka dan masuk ke “E-Money” lalu tap “Isi Ulang E-Money”. Berikutnya, silakan tempelkan kartu eMoney di belakang perangkat dan tunggu sampai saldo tampil di layar.

Di samping cara tersebut, kalian pengguna eMoney Mandiri juga bisa isi ulang saldo lewat eCommerce Tokopedia dan Bukalapak. 

Di Tokopedia kalian dapat memilih “Top Up & Tagihan” lalu klik “Uang Elektronik” dan tap “Mandiri E-Money”. Sementara, di BukaLapak dapat memilih menu “Lainnya”, gulir ke bawah sampai menemukan menu “Top up E-Money Mandiri”.

BRI Brizzi

Sementara kalian pengguna BRI Brizzi juga bisa isi saldo di aplikasi BRI Mobile. Caranya, di dalam aplikasinya klik “Internet Banking” lalu tap “Pembelian” dan klik “Top up Online Brizzi”.

Jika sudah, kalian akan diminta untuk memasukkan nomor kartu dan nominal saldo, kemudian diminta juga untuk menempelkan kartu Brizzi ke punggung perangkat.

Bukan hanya melalui BRI Mobile, kalian juga dapat isi saldo via Tokopedia. Caranya tidak berbeda dengan isi saldo eMoney Mandiri via Tokopedia.

BNI Tap Cash

Untuk kalian pengguna BNI Tap Cash, bisa mengunduh aplikasi Tap Cash Go. Sementara, untuk top up, kalian dapat isi ulang saldo di aplikasi Bukalapak sampai Tokopedia.

Itu tadi tips memakai NFC di Realme 8 dan Realme 8 Pro untuk kebutuhan eMoney. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.