Tips Memakai NFC di Samsung A32 dan A52 serta A72 untuk eMoney

NFC ini bermanfaat untuk kalian supaya dapat cek saldo eMoney, isi ulang, sampai jadi metode pembayaran digital.

0

NFC singkatan Near Field Communications yang merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan dua perangkat yang didekatkan menjadi dapat berkirim, menerima, dan mengolah informasi atau data.

Kalian pernah mendengar istilah NFC? Ya. NFC ini bermanfaat untuk kalian supaya dapat cek saldo eMoney, isi ulang, sampai jadi metode pembayaran digital.

Pada dasarnya memakai NFC di Samsung A32, A52, dan A72 bisa dikatakan sangat mudah. 

Untuk kalian tahu, Samsung Galaxy A32, A52, dan A72 sudah resmi dikenalkan di tanah air kemarin, Maret 2021. Ketiga perangkat ini adalah penerus dari Samsung Galaxy A31, A51, dan A71. Sebagaimana pendahulunya, A32, A52, dan A72 juga dilengkapi dengan NFC.

Kmeudian, bagaimana cara memakai NFC di ketiga perangkat ini? Cek bareng kuy!

Pengertian NFC

NFC singkatan Near Field Communications yang merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan dua perangkat yang didekatkan menjadi dapat berkirim, menerima, dan mengolah informasi atau data.

Dari laman resmi Samsung UK, teknologi NFC memungkinkan kalian para pengguna menyambungkan perangkat elektronik dengan satu sentuhan, transaksi yang aman, sampai bertukar konten digital.

Satu manfaat NFC yang paling banyak yaitu cek saldo kartu uang elektronik. Fitur ini bermanfaat apbila kalian banyak melakukan pembayaran dengan kartu uang elektronik misalnya membayar jalan tol, naik MRT, sampai naik Transjakarta.

Mengaktifkan NFC 

Terdapat dua cara mengaktifkan NFC di perangkat Samsung. 

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan membuka pilihan “Setting” atau “Pengaturan” di menu utama. Lalu, klik “Connections” atau “Koneksi”.

Jika sudah, tap “NFC and contactless payments” atau “NFC dan pembayaran nirkontak”. Lanjutkan dengan tap ikon tombol virtualnya supaya NFC di smartphone Samsung aktif.

Di samping cara itu, ada cara lain lebih mudah dan simpel. Caranya, kalian swipe down atau tarik layar bagian atas ke bawah. Sesudah menu pengaturan tampil, geser kiri dan cari opsi “NFC”.

Cek dan isi saldo eMoney

Untuk mengecek saldo eMoney, kalian cukup download aplikasi cek saldo di toko aplikasi PlayStore atau App Store dulu. Contoh aplikasi yang banyak dipakai yaitu eSaldo Info dan SaldoKu.

Jika aplikasinya sudah terpasang, langsung aktifkan NFC di perangkay mengikuti langkah-langkah yang sebelumnya sudah dijelaskan. 

Sesudah itu, buka aplikasinya, dan tempelkan kartu eMoney di bodi belakang perangkat. Lalu, saldo eMoney akan muncul di aplikasinya beserta dengan gambar digital dari kartu tersebut.

Untuk mengisi saldo eMoney, psksilsh beberapa cara berikut ini.

eMoney Mandiri

Kalian pengguna eMoney Mandiri dapat isi ulang saldo lewat aplikasi Mandiri Online (sekarang jadi Livin’ by Mandiri). Caranya, buka aplikasi, masuk ke “E-Money” dan klik “Isi Ulang E-Money”. Kemudian, tempelkan kartu eMoney di belakang perangkat dan tunggu sampai saldo tampil di layar.

Atau, dapat juga isi ulang di Tokopedia dan Bukalapak. Karena di Tokopedia, kalian dapat klik “Top Up & Tagihan” lalu klik “Uang Elektronik” dan tap “Mandiri E-Money”.

Di Bukalapak, kalian bisa klik menu “Lainnya”, scroll ke bawah sampai menemukan menu “Top up E-Money Mandiri”.

BRI Brizzi

Kalian pengguna BRI Brizzi, download aplikasi BRI Mobile. Di aplikasi ini, kalian bisa isi ulang dengan cara klik “Internet Banking” lalu tap “Pembelian” dan klik “Top up Online Brizzi”.

Berikutnya, kalian akan diminta untuk memasukkan nomor kartu dan nominal saldo. Kemudian, kalian juga akan diminta untuk menempelkan kartu Brizzi ke punggung perangkat.

Di samping melalui BRI Mobile, kalian pengguna BRI Brizzi juga dapat isi saldo via Tokopedia. Caranya sama dengan isi saldo eMoney Mandiri via Tokopedia.

BNI Tap Cash

Untuk cek saldo, kalian pengguna BNI Tap Cash dapat download aplikasi Tap Cash Go. Lalu, untuk top up, kalian dapat isi ulang saldo di aplikasi Bukalapak sampai Tokopedia.

Untuk pembayaran

Samsung memiliki aplikasi pembayaran bernama Samsung Pay. Dari laman Samsung, kalian dapat menyimpan informasi kartu kredit dalam aplikasi tersebut. 

Apabila info kartu kreditnya sudah tersimpan di aplikasi itu, kalian cukup mendekatkan perangkat ber-NFC (yang aplikasi Samsung Pay-nya sudah aktif) ke dekat terminal pembayaran. Di samping itu, Samsung Pay juga bisa secara otomatis mengarahkan kalian untuk memilih akun eMoney yang akan dipakai untuk pembayaran. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.