Tips Memakai NFC Vivo X60 Series untuk E-Money

NFC di perangkat Vivo ini bisa dipakai untuk transfer dokumen sampai menduplikasi kartu akses. Lalu bagaimana cara memakai NFC Vivo X60 series untuk kebutuhan e-money? Cek detailnya kuy!

0

Smartphone dari Vivo yang menggunakan sistem kamera ZEISS dan memiliki fitur Gimbal Stabilization ini dikenalkan di Indonesia pada 8 April 2021 kemarin. 

Kalian sudah tahu jika sebagai pengguna Vivo X60 Series kalian dapat menggunakan NFC untuk E-money? Atau kalian tahu tapi belu paham cara menggunakannya? Kalian bisa melihat tips menggunakannya di artikel ini.

Ya, salah satu fitur unggulan di perangkat smartphone Vivo X60 dan Vivo X60 Pro yaitu adanya NFC.

Smartphone dari Vivo yang menggunakan sistem kamera ZEISS dan memiliki fitur Gimbal Stabilization ini dikenalkan di Indonesia pada 8 April 2021 kemarin. 

Untuk varian Vivo X60 “reguler” harganya dibanderol Rp 8 juta, sementara untuk Vivo X60 Pro dibanerol dari harga Rp 10 juta.

Yang menarik, baik Vivo X60 “reguler” dan Vivo X60 Pro sudah sama-sama dilengkapi fitur NFC. 

Bukan hanya untuk kebutuhan cek saldo dan isi saldo e-money (uang elektronik saja), NFC di Vivo X60 series juga multifungsi. 

NFC di perangkat Vivo ini bisa dipakai untuk transfer dokumen sampai menduplikasi kartu akses.

Lalu bagaimana cara memakai NFC Vivo X60 series untuk kebutuhan e-money? Cek detailnya kuy!

Aktifkan dulu NFC-nya

Hal pertama yang bisa kalian lakukan sebelum mengecek saldo atau isi saldo e-money di perangkat Vivo X60 yaitu mengaktifkan NFC-nya lebih dulu. Cara untuk mengaktifkan NFC ini mudah.

Pertama, silahkan tarik layar bagian atas ke bawah sampai tampil control panel atau menu pengaturan. Kemudian di menu itu, cari ikon dan tulisan “NFC”.

Berikutnya, supaya kalian dapat mengaktifkannya, cukup klik ikon NFC itu.

Cek saldo e-money

Berikutnya, silakan download dulu aplikasi untuk cek saldo e-money. Terdapat beberapa aplikasi yang sering dipakai oleh pengguna, di antaranya Electronic Money Card BalanceeSaldo Info, dan SaldoKu. Beberapa aplikasi itu sudah bisa kalian unduh di PlayStore.

Di samping aplikasi tersebut, kalian dapat juga mengunduh aplikasi dari penyedia layanan e-money-nya. Aplikasi itu contohnya BNI TapCash Go untuk pengguna e-money BNI, BCA Mobile untuk pengguna BCA Flazz, Livin’ by Mandiri untuk pengguna e-money Mandiri, dan BRI Mobile untuk pengguna Brizzi.

Cara memakai beberapa aplikasi itu mudah. Langkah awal, silakan aktifkan dulu NFC di perangkat smartphone kalian sesuai cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jika sudah, tempelkan kartu e-money kalian di bodi belakang Vivo X60 series. Secara otomatis, kalian akan diberikan opsi untuk membuka akses kartu e-money tersebut di aplikasi yang telah terpasang.

Atau, kalian dapat juga membuka aplikasinya lebih dulu dan cari opsi “cek saldo”. Lalu, kalian akan diminta untuk menempelkan kartu e-money di bodi belakang perangkat.

Isi saldo e-money

Untuk isi saldo atau top up saldo e-money, dapat lewat 

aplikasi penyedia layanan e-money-nya. Beberapa aplikasi, misalnya Livin’ by Mandiri sampai BRI Mobile, telah tersedia opsi top up saldo e-money.

Caranya, untuk aplikasi Livin’ by Mandiri, langsung saja pergi ke “E-Money” lalu klik “Isi Ulang E-Money” dan tempelkan kartu eMoney di bodi belakang perangkat.

Berikutnya, untuk aplikasi BRI Mobile, dapat ke“Internet Banking” dan tap “Pembelian” lalu klik “Top up Online Brizzi” dan menempelkan kartu eMoney Brizzi di bodi belakang perangkat.

Hal serupa juga dapat kalian lakukan di aplikasi BNI Tap Cash dan BCA Mobile. Kalian dapat mencari opsi isi saldo di aplikasi tersebut. Itu tadi tisp memakai NFC Vivo X60 series.  Semoga bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.