Tips Memakai WiFi Publik, Lindungi Datamu!

0

WiFi atau Wireless Fidelity adalah suatu teknologi nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk menghubungkan dua perangkat atau lebih dan mampu untuk saling bertukar informasi. WiFi pertama kali ditemukan oleh perusahaan NCR Corporation dan AT&T pada tahun 1991 yang digunakan untuk sistem kasir. Namun, karena pesatnya perkembangan teknologi, kini WiFi telah banyak digunakan untuk gadget seperti smartphone, laptop, kamera, printer, hingga kini telah memasuki perangkat rumah tangga seperti lampu, kulkas, tv, dan AC. WiFi kini sudah tersebar dimana-mana dan menjadi bagian penting dalam kehidupan yang berhubungan dengan media sosial atau internet.

Baca Juga: Aplikasi Update Samsung Ada yang Palsu, Berhati-hatilah

WiFi biasanya memiliki cakupan dan kecepatan internet yang lebih baik daripada provider yang digunakan untuk smartphone. Kini, WiFi sudah banyak tersedia di lingkungan publik. Beberapa masih ada yang menggunakan password, namun juga banyak ditemukan WiFi yang tidak menggunakan password. WiFi publik kadang menjadi hal yang berbahay untuk smartphone kalian bahkan berbahaya bagi diri kalian sendiri. Mengapa demikian? WiFi publik dapat dengan mudah mengambil data pada smartphone kalian hingga meretas sistem keamanan yang ada di dlam smartphone kalian. Lalu bagaimana cara agar tetap aman saat memakai WiFi publik? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur Screenshot pada Windows 10

 

 

Tips Memakai WiFi Publik, Lindungi Datamu!

 

Nick Savvides, Advokat Keamanan, Unit Bisnis Konsumen Symantec memberikan tips untuk memakai WiFi publik secara aman sebagai berikut:

  • Tidak meninggalkan telfon genggam atau handphone tanpa pengawasan. Saat menggunakan WiFi publik, tetaplah menjaga pengawasan kalian terhadap smartphone atau laptop kalian.
  • Jangan menyambungkan perangkat kalian dengan WiFi publik yang tidak memiliki password atau tersambung secara otomatis. Gunakanlah WiFi yang disambungkan secara manual.
  • Pastikan kalian terkoneksi dengan jaringan yang sesuai dengan nama jaringan yang diberikan oleh tempat publik tersebut. Jika restoran yang kalian kunjungi memiliki WiFi bernama “Resto Murah” maka pastikan kalian terkoneksi dengan WiFi yang bernama “Resto Murah”, tidak lupa untuk mengkonfirmasi kembali saat sudah terhubung.
READ  Cara Mudah dan Praktis Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Baca Juga: Fujifilm GFX100, Kamera Mirrorless Harga 150 Juta!

  • Matikan fitur berbagi berkas atau file sharing demi menjaga keamanan data di smartphone kalian.
  • Jangan lakukan transaksi perbankan atau perdangan untuk mengurangi pelacakan dan pencurian data. Hindari juga membuka email dengan WiFi publik.
  • Jangan berselancar pada situs yang kalian tidak ingin orang lain mengetahuinya.
  • Perbarui operating system secara berkala pada smartphone atau laptop kalian, karena operating system yang di update pasti secara otomatis akan selalu mengupdate sistem keamanannya.
  • Gunakan kata kunci yang berbeda untuk tiap akun.
  • Jika kalian mendapatkan notifikasi pemberitahuan sertifikat saat terhubung ke WiFi publik, terutama saat notifikasi tersebut menunjukkan sambungan WiFi yang tidak aman.

Baca Juga: Tips dan Trik Dasar Menggunakan YouTube

 

Berdasarkan penjelasan di atas, semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk lebih berhati-hati saat memakai WiFi publik. Terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.