Tips Memasang Tema Permanen di Smartphone Oppo

0

Tema smartphone yang kamu gunakan merupakan salah satu fitur yang membuat tampilan ponsel menjadi menarik. Khusus pengguna OPPO, tema tersebut dapat kamu akses melalui OPPO Theme Store, atau jika kamu menginginkan tema lainnya, kamu dapat mendowloadnya di Google Play Store.

Namun, ketika kamu memasang tema di OPPO, biasanya tema tersebut tidak terpasang secara permanen. Apalagi, tema-tema yang berasal dari Theme store atau pihak ketiga. Ketika kamu memasang tema tersebut, kamu gagal dan melihat tombol Try Now, atau ketika kamu berhasil memasang tema tersebut, mereka hanya akan bertahan selama beberapa menit. Akhirnya kamu akan  kembali ke tampilan awal sebelum memasang tema tersebut.

Lalu, pertanyaanya adalah, apakah bisa kita memasang tema dari pihak ketiga dan bertahan secara permanen? Jawabannya adalah Bisa!

Sebelum itu ada dua hal yang perlu kamu lakukan untuk memasang tema yang kamu inginkan. Pertama, unduh tema yang kamu inginkan. Setelah berhasil, biasanya file tersebut berbentuk ekstensi .theme, So jangan dulu memasangnya ya. Kedua, kamu perlu membersihkan data aplikasi dan memaksanya untuk berhenti, sebelum memasangnya. Begini caranya ya:

  1. Buka daftar aplikasi lalu cari Theme Store
  2. Tekan dan tahan aplikasi tersebut, kemudian pilih opsi App Info
  3. Di dalam App Info, masuk ke Storage Usage > Klik Clear Data > Klik Force Close

Jika sudah, masuk ke tempat kamu menyimpan tema yang akan kamu pasang tersebut. Selanjutnya, kamu dapat langsung menuju proses pemasangan:

  1. Ketuk file tema tersebut
  2. Akan muncul permintaan izin akses, tekan tombol Allow
  3. Klik Try Now seperti yang dijelaskan sebelumnya, dan konfirmasi tombol yang sesuai
  4. Tutup semua aplikasi dengan tombol Recent dan klik Close All (tanda berbentuk silang)
  5. Restart dengan menggunakan tombol Power dan volume up yang ditekan secara bersamaan
  6. Setelah ponsel kamu hidup kembali, buka Theme store lalu tekan tombol Home
  7. Selanjutnya ganti wallpaper (home maupun locksreen) dengan wallpaper yang kamu inginkan. Kamu bisa juga mengambil wallpaper dari dalam file .theme dengan mengubah namanya (klik lama pada file dan pilih Rename) dan menambahkan .zip. Contoh nama tema adalah bintang maka tinggal diubah menjadi theme.zip
  8. Kemudian klik file .zip tersebut, akan muncul folder baru dengan nama yang hampir sama dengan nama file .zip (scroll ke atas atau ke bawah). Jika sudah masuk ke folder, cari wallpaper dan ubah namanya menjadi wallpaper.zip
  9. Buka file tersebut dan masuk ke folder Wallpaper yang muncul di lokasi yang sama
  10. Klik Res > Drawable, buka wallpaper yang ada dengan aplikasi Photos
  11. Lalu pasang sebagai wallpaper
  12. Untuk hasil terbaik silahkan restart sekali lagi
READ  Cara Menghapus Background Foto jadi Transparan

Bagaimana? Sudahkah kamu mencobanya? Perlahan-lahan saja ya! Jika tidak berhasil, kamu dapat mengulangnya kembali, beberapa pengguna berhasil pada beberapa kali percobaan. Tetap semangat ya!

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai ya, semoga berhasil kawan. Salam Teknologi 😊

Leave A Reply

Your email address will not be published.