Tips Mematikan Sensor Proximity di Smartphone Android

0

Apakah kalian sedang bingung mencari tahu cara memperbaiki sensor Proximity pada smartphone Android ?

Apabila kalian periksa dengan teliti, ada dua titik yang terletak di atas layar Android kalian bersebelahan dengan kamera depan dan senter.

Kedua titik ini disebut Proximity Sensor. Sensor Proximity akan berfungsi secara otomatis untuk mendeteksi jarak telinga kalian dengan smartphone saat menelpon. Dengan begitu kalian tidak akan terganggu oleh resiko reject oleh pipi atau telinga kalian.

Hanya saja terkadang sensor ini tidak berfungsi karena berbagai faktor, antara lain sistem software yang rusak, sensor yang kotor, dan penyebab kerusakan lainnya.

Apabila kalian terlanjur mengalami hal tersebut, jangan khawatir karena saya disini akan memberikan informasi tentang tips cara memperbaiki sensor proximity pada smartphone android.

Tetapi sebelum kalian mengetahui lebih jauh, ada baiknya kalian memeriksa pengaturan smartphone kalian.

Baca Juga : Tips Mematikan Notifikasi Ulang Tahun di Facebook

Sebab bisa saja matinya sensor ini karena kalian menonaktifkan fitur Proximity Sensor pada pengaturan. Karena itu segera aktifkan fitur ini supaya komunikasi kalian tetap terjaga dan lancar jaya.

Apabila selesai kalian mengaktifkan fitur sensor proximity dan masih belum berfungsi, mungkin ada baiknya kalian melakukan cara-cara berikut ini untuk memperbaiki sensor pada smartphone Android kalian.

Cara Mematikan Sensor Proximity secara Permanen

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mematikan sensor proximity secara permanen. Simak langsung kuy!

Lewat Pengaturan Smartphone

Pertama-tama kalian bisa masuk ke menu Pengaturan atau settings. Kemudian klik menu Pengaturan Panggilan. 

Kalian scroll ke bawah dan klik opsi Aktifkan Sensor Proximity. Setelah itu tekan pilihan nonaktifkan.

Baca Juga : Tips Mematikan Autoplay Video Instagram

Reboot

Cara paling sederhana untuk memperbaiki smartphone Android kalian adalah dengan melakukan reboot.

Caranya sebenarnya sangat mudah. Lepaskan baterai smartphone kalian jika bukan baterai tanam dan juga segala sumber kelistrikan dan diamkan beberapa saat.

Baca Juga : Cara Mematikan Komputer Otomatis Tanpa Software Tambahan

Selanjutnya kalian pasang kembali dan cobalah untuk menelpon. Kalau layar kalian mati, berarti sensor proximity sudah normal kembali.

Factory Reset

Cara kedua yang bisa kalian coba adalah dengan menyetel ulang smartphone kalian seperti baru atau dikenal dengan sebutan Factory Reset.

Kalian harus ingat bahwa cara ini bisa membuat seluruh data kalian hilang. Karena itu kalian harus melakukan backup data sebelum melakukan factory reset.

Selanjutnya, kalian bisa mengulangi langkah nomor 1 dengan mencoba menelpon untuk memastikan apakah sensor proximity kalian berhasil diperbaiki.

Flashing

Apabila sudah terjadi kerusakan yang cukup parah, flashing bisa menjadi solusi.

Sebenarnya cara ini tergolong ekstrem, terutama bagi kalian yang masih awam. tetapi tidak ada salahnya mencoba karena ada beberapa kerusakan yang bisa diperbaiki dengan metode flashing ini.

Bersihkan Sensor Proximity

Kerusakan pada sensor proximity tidak selalu disebabkan oleh kerusakan pada sistem. Bisa jadi oleh kurangnya perawatan pada smartphone kalian yang membuat kotoran menutupi sensor ini untuk berfungsi.Kalian bisa melepaskan anti gores layar dan lakukan langkah-langkah yang sama seperti dua cara di atas.

Smartphone kalian yang menyebabkan kotoran menutupi sensor ini untuk berfungsi.

Baca Juga : Cara Mematikan Update Windows 10

Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kalian yang ingin mematikan sensor proximity pada smartphone.

Kalau ada pertanyaan seputar cara mematikan sensor proximity pada smartphone atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji dan bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini, juga review game terbaik dan juga perangkat mobile ataupun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi, Gaes.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.