Tips Membeli iPhone Bekas, Pastikan Berkualitas!

0

iPhone bukanlah smartphone yang memiliki harga terbaik, karena semua orang pasti menyadari bahwa iPhone selalu memiliki kekurangan di masalah harga. Harga iPhone selalu diatas rata-rata smartphone pada umumnya, atau bahkan sangat berbeda jauh dibandingkan dengan flagship milik Samsung sekali pun. Namun, dibalik kekurangannya karena harga yang mahal itu, iPhone justru merupakan salah satu smartphone yang cepat sekali mengalami penurunan harga saat dijual bekas. Apakah ini menjadi hal yang baik atau yang buruk? Baiknya adalah, bagi pecinta iPhone yang tidak sanggup untuk membeli iPhone baru dapat mengambil cara alternatif yaitu dengan membeli iPhone bekas. Buruknya adalah, pengguna iPhone yang membelinya dengan harga baru pasti akan sangat merasa rugi saat mengetahui penurunan harga yang sangat jauh ketika menjual iPhone-nya.

iPhone bekas tidak selamanya berkualitas, banyak oknum-oknum penjual iPhone bekas nakal yang mengganti spare part iPhone dengan kualitas KW demi memangkas harga, atau tidak jujur dalam menjual handphone seperti mengatakan kepada konsumen bahwa iPhone yang mereka jual adalah produk asli sedangkan saat dibeli ternyata adalah iPhone tiruan.

Lalu bagaimana caranya mengetahui iPhone bekas yang berkualitas? Yuk disimak penjelasan di bawah ini!

Tips Membeli iPhone Bekas, Pastikan Berkualitas!

 

1. Masih Memiliki Garansi

iPhone yang masih memiliki garansi memang harganya lebih mahal dan tidak mudah didapatkan, tentu hal ini sangat berbeda dengan iPhone bekas yang sudah tidak memiliki garansi. Namun, dengan adanya garansi dapat dipastikan bahwa iPhone yang kalian beli masih memiliki kualitas yang baik. Tidak perlu merasa takut untuk mengeluarkan uang yang lebih demi mendapatkan iPhone bekas yang berkualitas!

Baca Juga: Tips Membeli Smartphone Android Second Secara Terpecaya di Toko Online

2. Cek Kondisi Fisik dan Fitur iPhone

Pastikan kondisi dan Fitur iPhone bekas yang akan kalian beli memiliki kualitas yang baik. Untuk kondisi fisik kalian bisa melihatnya dari bagian luar iphone apakah terdapat goresan atau bekas benturan, cek tombol home button apakah masih berfungsi dan memberikan respon yang baik, cek speaker dan hal lainnya yang berhubungan dengan suara apakah masih memiliki suara yang bagus atau tidak, cek jaringan seluler dan internet apakah masih berjalan dengan lancar atau tidak, dan yang terakhir tidak lupa untuk mengecek fungsi dari tombol power apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Baca Juga: Tips Menjual Smartphone Android Second Secara Online

3. Cek iCloud dan Nomor IMEI

Saat membeli iPhone bekas, pastikan iCloud sudah kosong atau benar-benar dalam kondisi seperti baru (mengatur ulang iPhone). Mengapa harus membeli iPhone bekas dengan iCloud yang sudah kosong? iCloud bisa digambarkan seperti akun di dalam Apple. Jadi sederhananya jika kalian menggunakan iPhone yang masih terdapat iCloud atau akun orang lain, iPhone kalian dapat dikendalikan, dilacak atau di blokir oleh pengguna iCloud di iPhone kalian.

Jangan lupa untuk meminta nomor IMEI, dan pastikan apakah detail iPhone kalian sesuai dengan yang muncul di situs pengecekan IMEI.

Baca Juga: Mengetik Huruf Jepang di iOS, Android, dan PC

4. iPhone FU atau SU?

iPhone FU (factory unlock) atau SU (software unlock) ? Kami menyarankan untuk memakai iPhone FU. Tapi sebelumnya, bagi kalian calon pengguna iPhone mengetahui perbedaan FU dan SU adalah hal yang wajib! FU memiliki maksud yaitu iPhone kalian telah di-unlock dari pabrik Apple, sehingga kalian bebas menggunakan sim dengan provider apa saja. Sedangkan untuk SU yang dimaksud adalah, pada awalnya iPhone SU hanya digunakan untuk satu provider saja namun di-unlock menggunakan software atau jailbreak sehingga sim tidak akan berfungsi dengan normal.

Baca Juga: Xiaomi Akan Fokus jadi Perusahaan Gaya Hidup 2020 Ini!

 

Berdasarkan penjelasan diatas, jika kalian masih sedikit bingung untuk memahaminya, kami menyarankan untuk berkonsultasi dengan teman kalian yang merupakan iPhone user, atau membeli iPhone dengan cara COD dan ditemani oleh teman kalian tersebut serta harus memahami iPhone secara mendetail. Terima kasih sudah menyimak, semoga membantu!

Leave A Reply

Your email address will not be published.