Tips Membeli Macbook Bekas

Apakah kalian berencana beralih dari Windows ke Macbook dengan anggaran terbatas? Selanjutnya membeli Macbook yang diperbarui dengan garansi dan dukungan teknis termasuk sound seperti pilihan terbaik. Atau, kalian bisa menghemat uang tambahan dengan membeli Macbook bekas. Saya disini akan membantu kalian untuk memastikan Macbook yang kalian beli tidak akan bermasalah di hari berikutnya.

0

Apakah kalian berencana beralih dari Windows ke Macbook dengan anggaran terbatas? Selanjutnya membeli Macbook yang diperbarui dengan garansi dan dukungan teknis termasuk sound seperti pilihan terbaik. Atau, kalian bisa menghemat uang tambahan dengan membeli Macbook bekas. Saya disini akan membantu kalian untuk memastikan Macbook yang kalian beli tidak akan bermasalah di hari berikutnya.

Berikut beberapa tips yang harus kalian terapkan sebelum membeli Macbook bekas atau second.

Periksa Kondisi Fisik

Mulailah dengan memeriksa secara hati-hati bodi Macbook untuk melihat seberapa parah kemungkinan kerusakan fisik. Perhatikan goresan yang terlihat, dan jika kalian menemukannya, kalian bisa memanfaatkannya untuk tawar-menawar harga.

Kemudian, periksa semua sekrup. Sekrup yang longgar nosa menjadi tanda bahwa Macbook pernah diservis oleh layanan perbaikan yang tidak resmi. Akhirnya, pastikan layar dan kasing tidak bengkok.

Periksa berapa usia Macbook itu

Apakah pemilik Macbook saat ini mengklaim Macbook dalam kondisi seperti baru? Itu mungkin benar, tetapi itu tidak berarti benar-benar baru. Kalian bisa memeriksa usia sebenarnya Macbook dengan nomor seri.

Balikkan Macbook dan kalian akan menemukan nomor seri di sebelah tanda peraturan. Pakailah sumber daya ini untuk mengidentifikasi model Mac dan usianya:

Untuk MacBook kalian bisa memeriksanya disini https://support.apple.com/en-us/HT201608. Sedangkan untuk MacBook Pro, klik disini https://support.apple.com/en-us/HT201300. Dan untuk MacBook Air, kalian bisa periksa disini https://support.apple.com/en-us/HT201862

Nyalakan Macbook

Waktunya untuk memberikan Macbook ini percobaan. Pastikan Mac yang ingin kalian beli bisa boot dan macOS memuat semuanya sampai ke gambar desktop.

Nonaktifkan password firmware

Pengguna Macbook mengatur berbagai password untuk perangkat mereka, tetapi salah satunya bisa menjadi penyebab sakit kepala bagi pemilik baru Macbook tersebut nantinya. Berita buruk kalau penjual mengatur kata sandi firmware pada perangkat mereka, karena kalian tidak akan bisa memulai Macbook dari drive USB.

Saat mem-boot Macbook dan mendengar bunyi langkah startup, tahan tombol Option atau Alt. Kalau kalian diminta mengetikkan kata sandi firmware, minta pemilik Macbook untuk mematikannya.

Periksa kondisi layar

Untuk melihat piksel “mati” pada tampilan, pakailah gambar dengan latar belakang satu warna (merah, hijau, biru, putih). Cukup buka gambar ini di Mac yang dipakai. Kalau ada piksel yang rusak, kalian akan melihat bintik-bintik kecil di layar.

Jalankan tes keyboard

Pakailah aplikasi Edit Teks bawaan macOS untuk memastikan keyboard tidak berfungsi. Buka dan ketikkan setiap karakter keyboard. Bekerja dengan baik? Sekarang coba tombol Caps Lock dan tombol fungsional. Bekerja dengan sempurna? Bagus!

Atau, kalian bisa memakai Keyboard Viewer . Nyalakan Macbook, klik menu bahasa di bilah menu atas, dan klik Show Keyboard Viewer . Sekarang setiap tombol yang kalian tekan ditampilkan di jendela seperti keyboard yang baru.

Periksa Drive Disk

Kalau Macbook yang akan kalian beli mempunyai drive disk, masukkan DVD atau disk CD untuk memeriksa apakah membaca informasi.

Periksa semua port

Ini mudah dilakukan. Cukup sambungkan drive eksternal kalian ke port USB. Lakukan hal yang sama dengan headphone. Pastikan berfungsi semua. 

Jalankan diagnosa webcam

Luncurkan aplikasi Facetime untuk menguji kamera iSight. Bisakah kalian melihat wajah kalian di jendela aplikasi? Itu artinya webcam kalian berfungsi dengan sempurna.

Periksa status SMART

Langkah ini untuk pengguna Macbook tingkat lanjut. SMART adalah singkatan dari Self-Monitoring Analysis and Technology Reporting , dan memindai hard drive kalian dari kesalahan.

Buka Aplikasi, kemduian klik Utilitas, lalu tap opsi Disk Utility dan periksa status SMART di bagian bawah layar. Diverifikasi berarti disk akan melayani kalian dengan baik.

MacBook dengan status Gagal bisa menjadi masalah besar, jadi jangan pernah membeli Mac yang berstatus ini. 

Periksa baterai

MacBook dikenal dengan kinerja baterainya yang luar biasa, jadi kalian ingin memastikan bahwa Mac yang kalian beli tidak akan terkuras hanya setelah satu jam penggunaan. Klik Logo Apple, tahan tombol Option atau Alt, dan pilih System Information dari menu drop-down. Llau, buka bagian Power di menu sidebar kiri.

Perhatikan bagian Informasi KesehatanJumlah dan Kondisi Siklus akan membantu kalian mendiagnosis kesehatan baterai Mac. Di sini kalian bisa menemukan informasi lebih lanjut mengenai jumlah siklus baterai untuk setiap laptop: https://support.apple.com/en-us/HT201585

Intinya semakin kecil angka cycle count menandakan baterai macbook tersebut masih lama bertahan. Kalau angkanya mendekati 1000 menandakan macbook tersebut baterainya tidak lama lagi butuh diganti.

Tes Perangkat Keras Apple

Langkah terakhir yang saya rekomendasikan adalah Tes Perangkat Keras Apple. Ini mendeteksi masalah dengan mainboard, memori, dan komponen perangkat keras lainnya.

Sebelum kalian menjalankannya, cabut semua perangkat eksternal dan matikan Macbook. Setelahnya, nyalakan kembali dan tahan tombol D setelah kalian mendengar bunyi startup.

Pilih bahasa yang kalian butuhkan dan tekan tombol panah untuk menjalankan tes. Kalian bisa menemukan info lebih lanjut tentang langkah pemecahan masalah ini di sini: https://support.apple.com/en-us/HT201257 .

Baca Juga :

Semoga bermanfaat! Nah, dengan begini kalian akan lebih berhati – hati lagi dalam pembelian Macbook ini. Kalian juga harus mempertimbangkan harga yang diberikan dengan kelengkapan pada Macbook tersebut. Disarankan untuk membeli secara langsung atau COD untuk menghindari penipuan barang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.