Tips Membeli Smartphone Android Second Secara Terpercaya di Toko Online

0

Halo, Gaes. Di artikel sebelumnya kita sudah bahas ya, bagaimana caranya para penjual bisa melakukan penjualan secara terpercaya di toko online. Sekarang, giliran kalian nih. Saya akan berikan beberapa tips untuk agar bisa membeli smartphone Android second secara terpercaya di toko online dan terhindar dari penipuan.

Kuy, langsung cekidot saja kita.

 

Bertanya Kelengkapan Smartphone Android yang Ingin Kita Beli

Kita sebagai pembeli mempunyai hak untuk bertanya apa saja kelengkapan dari smartphone Android yang akan kita beli ya, Gaes. Contohnya seperti boks, kelengkapan aksesori, sampai nota pembelian dari smartphone Android yang akan kita beli boleh kita tanyakan juga kok.

Tujuannya demi memastikan smartphone Android yang akan kita beli itu benar-benar punya si penjual, bukan smartphone hasil curian atau selundupan.

 

Cek Masa Garansi Smartphone Android

Ada sekarang ini yang banyak menjual smartphone Androidnya, walau pun si penjual belum menggunakan smartphone tersebut selama setahun. Dengan demikian berarti smartphone yang dia jual masih dalam masa garansi dan kita boleh menanyakan masa garansinya. Ini bisa kita lakukan agar bisa melihat harga pasarannya berapa. Bisa juga untuk memastikan smartphone Android yang kita akan beli belum pernah rusak dan diservis sebelumnya.

 

Pilihan COD atau Bayar di Tempat Lebih Baik

Pilihan ini baik, terutama untuk pembelian smartphone Android bekas atau second. Kita tidak boleh langsung percaya apa yang sudah penjual berikan penjelasan dalam iklan penjualannya di toko online. Ini karena barang bekas atau second tetap harus kita lakukan pengecekan secara langsung, agar kita benar-benar tahu seperti apa kondisi smartphone yang akan kita beli sebenarnya.

Kelemahannya di sini, kita hanya bisa cek barang yang kita beli saat melakukan sistem bayar di tempat atau Cash On Delivery (COD). Oleh sebab itu, sebagai pembeli kita harus bijak dan teliti dalam memilih sistem pembayaran yang akan kita pakai saat bertransaksi lewat toko online, agar kita tidak kecewa dengan barang yang kita sudah beli nantinya.

 

Jangan Transfer Selain dengan Jasa Rekening Bersama.

Saat ini sangat banyak kita dapati para pembeli online memberikan banyak keluh kesahnya. Mereka mengatakan tertipu saat melakukan transaksi pembelian via online di media sosial. Karena biasanya mereka banyak yang melakukan pembayaran via transfer secara langsung tanpa memakai jasa rekening bersama. 

Karena itulah, kita sebagai pembeli hendaknya harus bijak dan teliti dalam melakukan transfer saat akan melakukan pembelian secara online. Usahakan untuk transfer dan melakukan pembelian hanya jika mereka memberikan akun jasa rekening bersama untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penipuan misalnya.

 

Cek IMEI Smartphone Android yang Akan Kalian Beli

Baru-baru ini pemerintah makin gencar membatasi penyebaran smartphone ilegal, dengan cara memblokir smartphone ilegal lewat IMEI smartphone tersebut.

Tentunya kita sebagai calon pembeli diperbolehkan untuk melakukan cek IMEI sebelum membeli smartphone yang kita mau, tujuannya agar tidak menanggung kerugian nantinya karena sudah membeli smartphone ilegal. 

Langsung cek IMEI sekarang bisa kita lakukan lewat website resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin), demi mengetahui smartphone itu legal atau ilegal.

Demikianlah, Gaes, beberapa tips yang bisa kalian praktekkan saat ingin melakukan transaksi jual beli smartphone secara online. 

Semoga dengan tips ini, kalian bisa melakukan pembelian secara benar dan memuaskan lewat toko online.

Selamat berbelanja!

Leave A Reply

Your email address will not be published.