Tips Membersihkan Registry Windows 7 Secara Manual

Registry mempunyai peran penting pada sebuah sistem operasi Windows.  Ini karena registry dapat merekam informasi dari banyak aktivitas user di perangkat PC atau laptop.

0

Semua itu justru membuat banyak file tertinggal di sistem meski sudah diuninstall. Ini membuat Windows jadi lemat sampai bisa mengalami error. Tetapi kalian tidak perlu khawatir, karena kalian bisa membersihkan registry Windows 7 dengan tips yang akan dibagikan berikut ini.

Kalian merasa file registri pada sistem operasi Windows 7 kalian mengganggu? Maka kalian bisa membersihkannya dengan tips pada artikel ini.

Sebagaimana yang kalian ketahui, registry mempunyai peran penting pada sebuah sistem operasi Windows. 

Ini karena registry dapat merekam informasi dari banyak aktivitas user di perangkat PC atau laptop. Begitu juga profil user di perangkat, tipe file yang dibuat, ikon, folder sampai port yang dipakai bahkan ada di dalam registry.

Semua itu justru membuat banyak file tertinggal di sistem meski sudah diuninstall. Ini membuat Windows jadi lemat sampai bisa mengalami error.

Tetapi kalian tidak perlu khawatir, karena kalian bisa membersihkan registry Windows 7 dengan tips yang akan dibagikan berikut ini.

Langsung cek kuy!

Membersihkan Registry Windows 7 Secara Manual

 Untuk membersihkan registry pada windows 7 ada dua cara, yaitu dengan menggunakan aplikasi dan secaramanual.

Pada artikel ini akan dibagikan bagaimana caranya agar kalian dapat membersihkan Registry secara manual.

Caranya?  Dengan menghapus folder aplikasi yang sudah kalian uninstall lewat Drive C dan juga Registry editor.

Membersihkan Melalui Drive C

Pada cara yang pertama ini terhitung praktis dan cukup sederhana. Sebab kalian hanya cukup menghapus secara langsung folder aplikasi yang kalian uninstall sebelumnya di Drive C.

Langkah pertama, kalian klik tombol Windows + R untuk membuka jendela Run.

Jika sudah, silahkan kalian ketik perintah %programfiles% lalu klik Enter/OK. Kemudian, cari dan hapus folder aplikasi yang sudah kalian uninstall.

Setelah itu, ketik perintah %programfiles(x86)% kemudian tap Enter, dan lakukan seperti sebelumnya.

Langkah berikutnya, kalian ketikan perintah %appdata% dan klik Enter, kemudian hapus folder seperti tahap sebelumnya. Selesai.

Membersihkan Lewat Registry Editor

Cara kedua yang bisa kalian lakukan adalah dengan menghapus lewat registry editor Windows. Memang cara mangatasi yang satu ini bisa membersihkan registry secara efektif sampai ke akar. 

Hanya saja kalian harus hati-hati dalam menghapus entri dari program lama yang tertinggal, jangan sembarangan. 

Sebab apabila terjadi sedikit kesalahan dalam membersihkan, maka perangkat nanti akan mendapatkan masalah.

Karena itu cara ini sangat direkomendasikan untuk kalian para pengguna yang sudah ahli dalam mengoperasikan komputer. 

Tetapi jika kalian masih pemula dalam memakai perangkat laptop atau PC,  maka akan lebih baik memakai aplikasi pihak ke tiga untuk menyelesaikannya. Sebab dengan aplikasi tersebut, kalian tidak perlu repot-tepot membersihkan registry Windows 7.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan menekan tombol Windows + R.

Setelah itu kalian bisa melakukan Backup regitry dulu, lalu tap File dan setelahnya tap Export, lalu beri nama file dan klik Save.

Berikutnya, tap HKEY_CURRENT_USER dan klik Software, lalu Hapus entri aplikasi yang sudah kalian uninstall.

Jika sudah, silahkan tap HKEY_LOCAL_MACHINE lalu klik Software dan segera  lakukan seperti tahap sebelumnya. Selesai.

Itu tadi artikel tentang tips membersihkan registry di windows 7.

Jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.