Tips Membersihkan Registry Windows 7

Registry mencatat semua aktivitas user di perangkat, tidak berarti file ini tidak bisa menumpuk. Kalian juga ketika uninstall aplikasi, umumnya file tersebut tertinggal pada sistem dengan jumlah banyak.

0

Registry adalah sebuah basis data yang mengandung informasi tentang konfigurasi sistem operasi. Registry ini adalah semua informasi dari segala aktivitas user di perangkat PC atau laptop.

Kalian seorang pengguna setia Operating System Windows 7? Maka kalian pasti mencari segala cara agar dapat membersihkan registry dari file sampah yang ada.

Yups. Registry adalah sebuah basis data yang mengandung informasi tentang konfigurasi sistem operasi. 

Registry ini adalah semua informasi dari segala aktivitas user di perangkat PC atau laptop.

Contohnya saat kalian install aplikasi, tentu informasi itu akan tampil di registry. Bahkan, informasi tentang profil user di perangkat, tipe file yang kalian buat, ikon, folder dan juga Port yang dipakai ada di dalam registry.

Dengan begitu, jelas sekali registry punya peran dan kegunaan penting pada sebuah sistem operasi windows.

Tetapi, walau registry mencatat semua aktivitas user di perangkat, tidak berarti file ini tidak bisa menumpuk. Kalian juga ketika uninstall aplikasi, umumnya file tersebut tertinggal pada sistem dengan jumlah banyak.

Lalu bagaimana cara membersihkan registry tersebut? Berikut detailnya untuk kalian.

Membersihkan Registry Windows 7

Adanya file registry di sistem bisa membuat ruang penyimpanan kalian jadi penuh. Mengingat setiap informasi yang disimpan akan semakin banyak dan ukurannya makin lama jadi makin besar.

Ini membuat kinerja OS Windows terganggu, macet, sampai data corrupt, dan lainnya.

Karena itulah kalian harus membersihkan registry ini pada Windows 7 kalian.

Memakai Software CCleaner

Tips pertama, kalian bisa memakai software CCleaner untuk membersihkan registry Windows 7. CCleaner adalah salah satu software utilitas yang bisa mengoptimalkan pengelolaan di sistem pada Windows 7, termasuk juga mematikan start up dan membersihkan file cache.

Untuk dapat membersihkan registry dengan aplikasi ini, pertama-tama kalian harus mendownload dan instal software CCleaner CCleaner di sini.

Setelah itu, silahkan buka CCleaner lalu klik Registry dan tap Scan for Issues. Tunggu beberapa detik proses scanning.

Setelah itu tap, Review Selected Issues.. Kalau ada  panel notifikasi tampil, tap No. (Kalau kalian ingin back up silakan tap Yes)

Terakhir, tap Fix All Selected Issues untuk membersihkan semuanya.

Lewat AVG TuneUp

Seperti pada tips pertama dengan CCleaner, kalian juga bisa memakai AVG Tune Up untuk membersihkan registry.

Fitur yang disediakan AVG TuneUp bisa membersihkan file registry yang tertinggal ketika kalian melakukan uninstall aplikasi. 

Bukan hanya itu saja, software ini dapat melindungi perangkat laptop atau PC kalian dari serangan virus dan jgua membersihkan file sampah sistem.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan memasang software AVG TuneUp. 

Setelah itu silahkan kalian jalankan AVG TuneUp dan berikutnya langjutkan dengan tap opsi Maintenance.

Tunggu beberapa menit proses memindai. Kalau sudah, silahkan kalian tap Fix & Clean untuk membersihkan. Selesai.

Itu tadi artikel mengenai tips untuk membersihkan registry pada Windows 7.

Apabila ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.