Tips Membuat Channel Telegram di Android dan iPhone

Pada aplikasi Telegram, untuk bisa membuat channel Telegram tidak terlalu sulit. Kalian cukup mengikuti beberapa langkah, maka channel sudah dapat dibuat.

0

Telegram grup sendiri adalah wadah yang berisi banyak pengguna, untuk saling chat dan mengirimkan file. Di Telegram, grup dapat berisikan anggota sampai 200.000 orang.

Perkembanga teknologi saat ini terus mengalami pertumbuhan yang pesat. Tidak hanya perangkat smartphone yang hadir, baik itu iOS atau iPhone, tetapi juga aplikasi yang bisa dijalankan di perangkat tersebut makin beragam.

Selain WhatsApp, ada juga aplikasi pesan instan lain seperti Line dan Telegram.

Pada aplikasi Telegram, untuk bisa membuat channel Telegram tidak terlalu sulit. Kalian cukup mengikuti beberapa langkah, maka channel sudah dapat dibuat.

Sekarang ini, Telegram memang menjadi salah satu aplikasi perpesanan instan (chat) paling hits di dunia. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur unggulan, satu di antaranya yaitu channel dan grup.

Telegram grup sendiri adalah wadah yang berisi banyak pengguna, untuk saling chat dan mengirimkan file. Di Telegram, grup dapat berisikan anggota sampai 200.000 orang.

Di sisi lain, channel juga bdapat dikatakan bisa disebut sebagai alat atau wadah. Menurut laman resmi Telegram channel merupakan alat untuk menyiarkan pesan ke orang banyak dimana kalian bisa mempunyai jumlah subscribers (pelanggan) yang tidak terbatas.

Sebagai administrator dari channel tersebut, kalian dapat membuat postingan di dalam channel dengan mengatasnamakan nama channel-nya, bukan nama pribadi.

Berikut dalah langkah-langkah untuk dapat membuat channel Telegram

Channel Telegram di iPhone

Langkah pertama, kalian silakan buka aplikasi Telegram di perangkat iPhone kalian. Kemudian, ketika masuk di menu utama, silakan klik opsi untuk membuat pesan baru. Caranya, klik ikon di pojok kanan atas. Jika sudah, klik “New Channel” atau “Channel Baru”.

Berikutnya, pada laman baru, kalian akan diminta untuk membuat nama channel-nya, memasukkan foto channel, dan juga mengisi deskripsinya. Jika sudah, silakan klik ikon centang.

Langkah berikutnya, klik channel tersebut akan dijadikan Public Channel atau Private Channel. Apabila dijadikan Public, berarti kalian harus memberikan nama pengguna yang bisa dibagikan secara publik.

Di sisi lain, kalau kalian memilih opsi Private, maka kalian akan memperoleh tautan bergabung pribadi yang bisa dipakai oleh pengguna lain untuk bergabung dengan channel yang sudah dibuat.

Channel Telegram di Android

Langkah awal,  silakan buka aplikasi Telegram di perangkat Android kalian. Lalu ketika berada di menu utama atau home page, klik ikon pensil di pojok kanan bawah.

Jika sudah, silakan pklikilih “New Channel” atau “Channel Baru”. Setelah itu cukup ikuti langkah yang sebelumnya sudah dijelaskan untuk iPhone.

Sebagai pemilik channel, kalian bisa membuat broadcast pesan, menghapus pesan apa pun dari anggota, menambah subscribers (hanya 200 subscribers pertama), menghapus subscribers dari channel kalian, mengubah nama channel sampai foto profil, dan juga menghapus channel itu secara permanen.

Yang menarik, sebagai pemiliknya, kalian dapat juga menambah administrator di channel. Di samping itu, kalian dapat juga mengatur hak administrator tersebut.

Itu tadi artikel mengenai tips membuat channel Telegram di Android dan iPhone. 

Apabila ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.