Tips Membuat Gmail Baru di Laptop dan Android

Gmail besutan Google sekarang ini banyak dipilih sebab akun tersebut terintegrasi dengan banyak layanan Google dan mempunyai fitur yang lengkap.

0

Terdapat banyak layanan penyedia email gratis misalnya Google Gmail, Yahoo Mail, Microsoft Outlook, dan lainnya. Masing-masing layanan email gratis punya kelebihan dan kekurangan. 

Pernah mengalami saat interview ditanya email dan kalian bingung menjawab karena belum pernah membuatnya? Jangan khawatir. Kalian bisa menemukan tipsnya disini.

Email merupakan salah satu media komunikasi yang cukup penting dan banyak dipakai saat ini. Alamat email bukan hanya dipakai untuk berkomunikasi saja, tetapi juga sebagai syarat untuk mendaftar layanan sosial media, paypal, e-commerce, dan layanan online lainnya. 

Membuat akun email adalah hal yang mudah, tetapi harus melihat beberapa hal seperti password untuk keamanan yang baik.

Terdapat banyak layanan penyedia email gratis misalnya Google Gmail, Yahoo Mail, Microsoft Outlook, dan lainnya. Masing-masing layanan email gratis punya kelebihan dan kekurangan. 

Kalian bisa memilih layanan email gratis yang sesuai dengan selera dan keperluan. Umumnya  banyak yang menyukai layanan email gratis Gmail sebab menawarkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan punya fitur lengkap. 

Gmail besutan Google sekarang ini banyak dipilih sebab akun tersebut terintegrasi dengan banyak layanan Google dan mempunyai fitur yang lengkap.

Pembuatan akun email Gmail bisa dilakukan lewat PC desktop, laptop, situs selular, dan juga smartphone selama koneksi internet berjalan dengan lancar. 

Ada beberap hal yang harus diperhatikan ketika membuat email, di antaranya username yang akan menjadi alamat email harus unik. 

Di samping itu, password juga harus dibuat rumit supaya sulit ditembus tetapi mudah diingat. 

Di bawah ini cara membuat akun email Gmail baru lewat laptop dan Android.

Membuat Gmail Baru di Laptop

Pembuatan email gratis dari Gmail lewat laptop secara umum mudah. Hal yang harus disiapkan yaitu sebuah laptop dengan browser terinstal di dalamnya dan koneksi internet yang lancar. 

Pertama, buka PC desktop atau laptop lalu jalankan browser dan langsung menuju alamat www.gmail.com pada web browser.

Tap create an account, sebuah kotak akan terbuka. Kemudian isi data diri dengan lengkap mulai dari nama depan, nama belakang, username, password, dan konfirmasi password.

Usahakan memakai username yang unik agar tidak keduluan digunakan oleh orang lain.

Demi keamanan, ada baiknya password terdiri dari minimal 8 karakter dan terdiri dari huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik lalu tap next.

Nantinya akan tampil Privacy and Terms agreement, atau kotak persyaratan, tap pada I Agree.

Akun email baru sudah dibuat dan siap dipakai.

Membuat Gmail Baru di Android

Membuat akun email Gmail lewat smartphone Android juga mudah.

Sebagai tambahan informasi, pembuatan email Gmail bari berarti membuat akun Google baru. 

Pertama, buka menu setting atau pengaturan di smartphone, lalu klik menu acoount atau akun, kemudian tap add acoount atau tambah akun dan klik akun Google.

Pilih create a new account untuk pembuatan akun Google dan email baru. Isi nama depan dan nama belakang, tap Next. Isi tanggal lahir dan jenis kelamin, lalu tap next.

Tentukan username yang akan menjadi alamat email Anda, contoh pelukissenja@gmail.com

Usahakan memakai username yang unik agar tidak keduluan digunakan oleh orang lain.

Tentukan password atau kata kunci untuk akun email baru kalian. Demi keamanan, buat password terdiri dari minimal 8 karakter dan terdiri dari huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik.

Isi kembali konfirmasi dengan password yang sudah dibuat dan tap Next. Nah, Form berikutnya bersifat opsional, bisa diisi atau dilewati.

Tahap berikutnya tampil Privacy and Terms, tap I Agree.

Lakukan konfirmasi username dan password yang sebelumnya sudah dibuat dan tap next.

Sesudah itu tampil opsi pembayaran. Ini tidak wajib dan kalian bisa pilih No Thanks.

Akun Google dengan email Gmail baru sudah dibuat dan siap dipakai.

Sesudah akun Gmail selesai dibuat, kalian sudah dapat berkirim pesain email. Di samping itu, akun Gmail atau Google memungkinkan kalian mengakses semua layanan Google misalnya Youtube, Drive, Keep, dan sebagainya. 

Akun Google juga dipakai di Android untuk mengakses layanan Play Store dan layanan Google lainnya yang tersedia di smartphone Android maupun website. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.