Tips Membuat Hand Sanitizer Alami dari Tanaman Obat

0

Covid 19 sampai saat ini masih membuat banyak negara memberlakukan sistem lockdown. Semua terus berusaha mencegah penularan virus ini. Sayangnya, seperti wabah kebanyakan, virus ini menyerang tanpa memandang lagi dia kaya atau miskin, tua atau muda, bahkan gejalanya terhitung cepat.

Semua orang berlomba menimbun stok masker, cairan disinfektan, makanan, sampai hand sanitizer. Padahal kalau kita bisa menyikapi dengan mata terbuka dan paham bagaimana masa inkubasinya yang bertahan 14 hari, asalkan imun badan kita kuat, beberapa peneliti mengatakan virus itu bisa hilang sendiri.

Kebersihan menjadi poin utama dalam masalah yang melanda lebih dari 180 negara ini. Kebersihan yang terlihat sepele seperti mencuci tangan setelah memegang sesuatu, menutup mulut saat bersin, atau menjaga jarak dengan seseorang yang terkena flu dan sebagainya.

Kalau kalian kehabisan hand sanitizer dengan campuran bahan kimia, maka saya di sini akan membagikan seidkit pengalaman membuat hand sanitizer alami dari tanaman obat, Gaes.

Baca Juga : Cara Membuat  Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Selain aman, tentu saja tidak ada efek samping seperti saat menggunakan bahan-bahan dari cairan kimia.

Ada beberapa langkah yang harus kalian lakukan agar bisa membuat hand sanitizer alami dari tanaman obat ya, Gaes. Bahannya mudah didapat, dan terhitung juga murah. Bahkan mungkin bahannya sebagian ada di sekitar rumah kalian, Gaes.

Tips Membuat Hand Sanitizer Alami dengan Tanaman Obat

Sebelum kalian membaca sampai akhir, ijinkan saya memberitahukan bahwa cara ini sudah direkomendasikan beberapa dokter. Beberapa bahan sebagai campurannya bisa kalian dapatkan di rumah kalian sendiri.

Langsung simak kuy!

Pertama, sediakan daun sirih 10 lembar. Kemudian sediakan 3 batang lidah buaya. Sediakan pula Esensial Oil Lavender 5 tetes. Terakhir air 3 gelas.

Rebuslah daun sirih selama 30 menit. Ketika 10 menit pertama api besar 20 menit. Selanjutnya saring air siih tersebut dan masukkan ke dalam gelas atau mangkok.

Berikutnya, kalian ambil lidah buaya dan bersihkan. Kalau sudah bersih kupas lidah buaya dan ambil dagingnya, lalu blender sampai berbuih. 

Langkah selanjutnya saring blenderan lidah buaya tadi, kemudian masukkan ke dalam mangkok air sirih tadi. Lalu kocok menggunakan sendok atau alat pengocok telur. Setelah menyatu, masukkan bahan tadi yang sudah diaduk ke dalam botol.

Selesai.

Nah, Gaes. Demikian tadi cara membuat hand sanaitizer alami dari tanaman obat. Sangat mudah bukan. Kita tidak perlu repot-repot lagi pergi ke toko atau supermarket untuk membeli hand sanitizer karena kita bisa membuatnya sendiri.

Untuk kalian yang punya tips lain dengan bahan alami, bisa sharing di kolom komentar agar berbagi pahala dan kebaikan ya, Gaes.

Baca Juga : Hindari Corona dengan Memakan Makanan ini Agar Sistem Imun Tubuh Meningkat

Jangan lupa juga untuk terus update info dan berita terkini di techjak.com. Ada tips terbaru dan juga review produk yang bisa bermanfaat juga untuk kalian.

Berbagai cara mengatasi masalah, khususnya dunia teknologi juga hadir setiap harinya. Kalian akan mendapatkan tambahan ilmu dan wawasan, juga pengetahuan yang terus update baik dari dalam negeri dan  juga luar negeri.

Semoga artikel ini memberikan informasi dan bermanfaat untuk kalian, Gaes. Sampai bertemu kembali di artikel lainnya ya. Saya akan bagikan info lain yang pasti membuat kalian semakin up to date.

Jika kalian ingin menyampaikan pertanyaan seputar tips di atas, kalian bisa tulis di kolom komentar.

Selamat mencoba. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.