Tips Membuat Password yang Aman Mudah Diingat

Banyak orang hanya memakai password yang mudah ditebak seperti nama123 atau tanggal lahir. Padahal ada tips yang bisa kalian lakukan untuk membuat password aman dan mudah diingat.

0

Masih banyak sekali yang memakai password yang sangat sederhana dan sangat umum sehingga rentan dengan serangan hacker atau peretas untuk mencoba mengakses akun tersebut.

Pada setiap perangkat atau sebuah akun, password tentunya sangat diperlukan untuk mengamankan banyak hal di sana dari tangan jahil atau hacker.

Dalam hal ini, membuat password tidak harus selalu yang sulit. Kalian bisa membuat password yang aman tapi mudah diingat.

Biasanya, dalam membuat sebuah akun atau mengakses data-data sensitive atau pribadi di internet, kalian wajib untuk membuat sebuah username dan password.

Username dan password ini supaya orang yang mengakses data-data pribadi tersebut hanya kalian yang bisa. Bahkan, disebabkan kecanggihan teknologi sekarang, smartphone-smartphone Android umumnya juga dilengkapi dengan fitur pembuka kunci dengan password.

Hanya saja, masih banyak sekali yang memakai password yang sangat sederhana dan sangat umum sehingga rentan dengan serangan hacker atau peretas untuk mencoba mengakses akun tersebut.

Kenapa? Biasanya karena alasan, supaya password tersebut mudah diingat dan tidak akan dilupakan. 

Banyak orang hanya memakai password yang mudah ditebak seperti nama123 atau tanggal lahir. Padahal ada tips yang bisa kalian lakukan untuk membuat password aman dan mudah diingat.

Bagaimana Cara Membuat Password yang Aman Tetapi Mudah Diingat?

Ada beberapa cara untuk membuat password yang aman dan mudah diingat. Ikuti tipsnya di bawah ini. 

Kombinasi Huruf dan Angka yang Familiar

Cara pertama membuat password yang aman dan mudah diingat yaitu dengan memakai kombinasi antara huruf dengan angka yang sudah sangat familiar atau mudah kalian ingat.

Contohnya, buat password memakai kombinasi antara nama sekolah, nama rumah dan disertai dengan nomor favorit. Misalnya seperti smpn1wnsb123

Menggantikan Huruf dan Angka dengan Simbol yang Mirip

Apabila pemakaian kombinasi antara huruf dan angka terlalu mudah dan sederhana ditebak, kalian dapat meningkatkan tingkat kerumitan dengan cara menggantikan huruf atau angka yang kalian pakai dengan simbol yang mirip.

Contohnya huruf a dengan @, 5 dengan s dan lainnya. Sehingga kalau misalnya dibuat contoh, dari contoh password smpn1wnsb123 menjadi 5mpn1w12wnsb. Dimana kalian mengganti huruf s dengan nomor 5 dan huruf r dengan nomor 12.

Pakai Nama Film, Game, Artis, Lagu Favorit dengan Upper dan Lower Case.

Cara lainnya untuk membuat password yang rumit dan mudah diingat yaitu memakai nama film, game, artis, lagu buku atau hal yang menjadi favorit kalian disertai dengan kombinasi antara upper dan lower case.

Misalnya, kalian menyukai tokoh Sasuke dalam anime Naruto. Maka pakai password uCiaNiSaSukE.

Atau kalian juga bisa memakai gabungan antara beberapa game favorit kalian dengan cara disingkat dan pastikan kalian juga memakai upper dan lower case atau huruf besar dan huruf kecil. 

Contohnya password REGTAsanandreas. Password tersebut memakai game Resident Evil yang disingkat RE dan game popular GTA San Andreas yang memakai upper dan lower case.

Asal kalian mengingatnya dengan benar, maka tipe password seperti ini umumnya sangat sulit untuk ditembus dan tergolong lebih aman daripada password yang lainnya.

Pakai Pola Keyboard

Banyak orang mengira bahwa dengan memakai pola yang ada pada keyboard untuk membuat sebuah password akan mudah ditebak dan gampang dihack. Padahal, kalau kalian memakai pola keyboard yang tepat maka pola keyboard tersebut bisa dibuat menjadi password yang sangat sulit diretas, tetapi mudah untuk diingat.

Misalnya, pakai pola keyboard QWERTYUIOP atau pola keyboard QAZ dan WSX kemudian ditambah dengan kombinasi angka di belakangnya sehingga menjadi QWERTYUIOP123.

Atau kalau kalian mau password yang lebih rumit, pakai kombinasi pola simbol keyboard yang berdekatan misalnya ,./<>?.

Di samping susah untuk diretas, kalian juga dapat dengan mudah mengingatnya sebab kalian cukup melihat keyboard kalian.

Memakai Nama Depan dan Belakang Orang dan Disertai Dengan Kombinas Angka dan Simbol

Cara terakhir yaitu dengan memakai nama, baik nama depan, nama keluarga ataupun nama belakang seseorang.

Apalagi kalau nama yang dipakai adalah nama orang yang disukai. Kalian juga dapat menambahkan angka setelah nama tersebut dan mengganti huruf dengan nomor yang mirip.

Misalnya password Ch43r1wh02. Pada password tersebut, memakai nama seseorang yaitu Khairiw, kemudian mengganti huruf dengan nomor yang mirip dan juga menambahkan angka 02 di belakang namanya dan juga memakai kombinasi upper dan lower case. Dan ini menjadi password yang paling sulit untuk diretas atau dihack. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.