Tips Membuat Password yang Baik dan Aman

0

Biasanya kalian membuat password untuk mengakses suatu akun kan? Bahkan Social media baik itu facebook, twitter, linkedin, instagram dan lainnya meminta password untuk dapat mengakses layanan mereka.

Password merupakan suatu kerahasiaan yang dipakai untuk keperluan privasi untuk mengakses suatu layanan. Dalam hal ini, kita tidak boleh memberikan akses tersebut kepada orang banyak karena bisa saja akun yang kita pakai akan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Deteksi Password Bocor dengan Plug Chrome,

Dengan password yang sangat baik untuk keamanan maka akan mencegah kalian dari serangan Brute-force attack, yaitu sebuah teknik serangan terhadap sebuah sistem keamanan komputer yang memakai percobaan terhadap semua kunci yang bisa kalian mau.

Di bawah ini saya akan mengajak kalian  membahas bagaimana membuat password yang baik dan aman.

Di atas Delapan Karakter

Biasanya, semakin panjang suatu passsword yang dipakai, maka tingkat kesulitan dan keamanan yang diperoleh akan semakin bagus. Hal ini tentunya akan menyulitkan peretas saat melakukan hacking terhadap akun kalian untuk dapat memperoleh password dengan mudah.

Baca Juga : Lupa Password Gmail.

Karakter password yang panjang akan menyulitkan teknik brute force attack dalam melakukan pencarian password yang kalian pakai karena karakter yang panjang.

Kombinasi Huruf Besar dan Kecil

Hal ini tentunya sangat bagus mengingat orang tidak sadar jika kalian memakai huruf kapital saat memasukkan password. Saran saya tambahkan beberapa huruf kapital yang kalian pakai pada password kalian.

Kombinasi Angka

Hal ini akan mencegah kalian dari serangan Brute-force attack karena kombinasi Angka akan mempersulit orang yang tidak bertanggung jawab dalam mengakses website kalian.

Jangan Gunakan Identitas atau Informasi Terkait Kalian

Baca Juga : Cara Membuka Password RAR .

Hal ini sering terjadi, masih banyak pengguna yang memakai password dengan tanggal lahir, nama kota lahir dan lainnya. Hal ini tentu sangat rawan mengingat di internet sendiri bisa dengan mudah untuk mendapatkan informasi yang bersifat pribadi.

Kombinasi Simbol

Kalian juga bisa menggunakan simbol pada password kalian. Simbol ini paling sulit ditebak para cracker, dan jika memakai satu simbol saja maka tingkat kekuatan password akan berada di level yang tinggi. Banyak juga developer yang memakai simbol ke dalam password mereka dengan alasan keamanan.

Baca Juga : Cara Ganti Password Wifi Indihome dengan PC atau Laptop .

Membuat Password yang Kuat

Dengan membuat password yang kuat akan menyulitkan para penjahat untuk masuk ke email kalian. Password dengan mengkombinasi angka, simbol, kata yang tidak mudah ditebak, panjang kata, huruf besar dan kecil. Contoh password yang tidak mudah ditebak: 7ut0r!@L11)cH

Mengaktifkan cPHulk

cPanelWHM memiliki senjata rahasianya sendiri yng dikembangkan untuk mempertahankan diri dari serangan bruteforce.

Dengan mengaktifkan cPHulk, kalian bisa secara drastis mencegah terjadinya serangan brute force yang mempengaruhi pengguna, akun, atau mesin kalian.

Baca Juga : Mengatasi Lupa Password Line .

Cukup aktifkan fitur ini dari Security Center dan mencegah software jahat untuk mencoba membobol keamanan kata sandi kalian.

Mengaktifkan SMTP Restrictions

Semua aktifitas online yang terjadi akan melalui serangkaian aturan yang disebut protokol. Untuk mailSMTP, atau Simple Mail Transfer Protocol adalah motode yang dipakai untuk mengirim pesan ke server emailuntuk dikirim ke penerima.

Baca Juga : Cara Melihat Password Wifi di Android .

Dengan SMTP Restrictions, fitur yang kalian bisa aktifkan langsung dari WHM.

Kalian bisa menghindari spammer berinteraksi langsung dengan email servers atau bahkan bisa berkerja di sekitar pengaturan keamaan email kalian.

Itulah beberapa tips membuat password yang baik dan aman. Kalian, passwordnya aman kan?

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.