Tips Membuka File ISO

File ISO ini dibuat untuk memudahkan akses penyimpanan data bagi para pengguna PC. Untuk kalian yang baru mengenal file ISO, pasti penasaran dengan file yang tersimpan di dalamnya. 

0

File ISO atau Disk Image File ini merupakan file standar yang digunakan untuk menyimpan file. File dalam bentuk ISO dapat disimpan ke dalam sebuah CD.

Kalian sudah pernah dengar istilah ISO, Gaes? Ya, betul. ISO ini salah satu dari banyak jenis file yang sekarang ini banyak dipakai. 

Meski begitu, mungkin banyak juga yang belum tahu apa itu file ISO. File ISO atau Disk Image File ini merupakan file standar yang digunakan untuk menyimpan file. File dalam bentuk ISO dapat disimpan ke dalam sebuah CD.

Di samping untuk menyimpan file-file di atas, ISO juga bisa dipakai untuk menyimpan software installer, Installer sistem operasi bahkan installer game. File ISO ini dibuat untuk memudahkan akses penyimpanan data bagi para pengguna PC.

Untuk kalian yang baru mengenal file ISO, pasti penasaran dengan file yang tersimpan di dalamnya. 

Kemudian bagaimana cara membuka file ISO? Ada tiga cara yang dapat kalian praktekkan untuk membuka file ISO. 

Langsung cek bareng kuy!

Membuka File ISO dengan WinRAR

Supaya dapat membuka file ISO dengan WinRAR, kalian harus mematikan sudah menambah centang ketika menginstal WinRAR di PC yang dipakai. 

Untuk cara membuka file ISO dengan WinRAR, langkah pertamanya kalian harus membuka folder yang berisi file ISO di PC kalian.

Lalu klik kanan di file ISO yang akan dibuka. Tap Open with WinRAR.  Untuk kalian yang belum menambah centang di installasi WinRAR, kalian dapat melakukan langkah berikut untuk dapat meng extract file ISO.

Sesudah kalian membuka file ISO tadi, klik  menu options kemudian tap setting. Ketika tampil kotak dialog, tap pada bagian paling kanan atau Integration, kemudian centang di format ISO. Lalu tap ok untuk meneruskan. Jika tampil pop-up pemberitahuan tap Yes.

Jika kalian sudah memberi centang di file ISO di aplikasi WinRAR, kalian baru dapat extract file ISO milik kalian. Untuk mengextract, kalian dapat klik kanan, Extract file untuk memilih lokasi, Extract to untuk extract file menjadi satu folder. Atau Extract Here untuk extract di folder yang sama. 

Kemudian kalian bisa mengekstrak file ISO, kalian akan dapat melihat isi dari file ISO yang baru kalian ekstrak.

Di samping dengan WinRAR, kalian dapat juga membuka file ISO dengan memakai aplikasi PowerISO. 

Membuka file ISO dengan PowerISO

PowerISO merupakan software yang dipakai untuk memproses berkas gambar pada CD atau DVD. Sehingga dengan PowerISO kalian dapat membuka, mengekstrak, membuat, mengedit, mengkompres, mengenkripsi, memecah dan mengkonversi file ISO.

Supaya dapat membuka file ISO dengan PowerISO, langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah memastikan kalian telah mendownload dan install software PowerISO di PC atau Laptop kalian.

Berikutnya klik kanan di file ISO, lalu tap di bagian PowerISO kemudian klik Extract to. Tunggu sampai aplikasi PowerISO terbuka.

Kemudian kalian pilih lokasi untuk untuk menyimpan hasil ekstrak file, tap ok  untuk mulai mengekstrak file ISO. Tunggu sampai proses selesai. 

Sesudah selesai, kalian dapat membuka folder tempat kalian menyimpan hasil ekstrak tadi.

Tips terakhir yang dapat kalian pakai di samping dengan dua aplikasi di atas yaitu dengan memakai 7-zip.

Membuka File ISO Memakai 7-Zip

Cara untuk membuka file dengan aplikasi 7-Zip dapat kalian lakukan dengan Download dan install software 7-Zip di PC atau Laptop kalian. Kemudian klik kanan file ISO dan tap 7-Zip. Lalu tap Extract Files. 

Selanjutnya pilih lokasi untuk menyimpan hasil extract file. Kemudian tap ok dan tunggu proses sampai selesai. 

Kalau sudah selesai, maka kalian dapat membuka folder yang sudah dipilih untuk menyimpan hasil ekstrak. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.