Tips Memeriksa Spesifikasi Android

Komponen-komponen yang digunakan oleh perangkat smartphone berubah-ubah, dan semakin meningkat performanya.

0

Apabila dulu smartphone Android dual core RAM 512MB harganya ada di kisaran 1 jutaan, sekarang kalian telah dapat memperoleh quad core dengan RAM paling minim 2GB.

Teknologi berkembang dengan pesat. Dari tahun ke tahun pertumbuhannya membuat begitu banyak kemudian yang dihasilkan. 

Karena itulah, yang terjadi kemudian komponen-komponen yang digunakan oleh perangkat smartphone berubah-ubah, dan semakin meningkat performanya.  Begitu pula desain, dan informasi serta fitur baru yang tersemat semakin canggih dan mumpuni.

Misalnya, apabila dulu smartphone Android dual core RAM 512MB harganya ada di kisaran 1 jutaan, sekarang kalian telah dapat memperoleh quad core dengan RAM paling minim 2GB.

Oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan dibagikan bagaimana caranya memeriksa spesifikasi dari perangkat smartphone yang sedang digunakan.

Bagaimana caranya? Langsung cek kuy!

Melihat Spek Android Lengkap

Apabila ingin mengecek spesifiaksi perangkat Android, dapat dilakukan lewat aplikasi ataupun sistemnya langsung.

Pastinya bermanfaat untuk bermacam-macam kebutuhan. Misalnya ingin menjalankan suatu aplikasi, kalian dapat memerikna apakah aplikasi tersebut dapat dijalankan atau tidak.

Untuk komponen yang dapat kalian cek antara lain ukuran dan jenis layar, slot SIM, baterai, kamera, kapasitas RAM dan penyimpanan jenis CPU, dan lain sebagainya.

Melalui Dus Smartphone atau Tablet

Apabila kalian baru membeli smartphone Android maka kalian tentu akan memperoleh dus dari smartphone tersebut.

Biasanya, di dus ini sudah ada informasi spesifikasi singkat dari perangkat tersebut.

Spesifikasi yang tercantum di dus, umumnya hanya memperlihatkan kapasitas RAM, ROM (storage), CPU, layar, kapasitas baterai, dan versi Android.

Walau demikian, spek yang tercantum di dus tersebut sudah cukup, khususnya apabila kalian hanya membutuhkan informasi spek dasar smartphone saja.

Cek Spek di Halaman Tentang Ponsel Android

Di tips ini kalian dapat buka Setelan Android, masuk ke menu About atau Tentang Ponsel, maka kalian dapat melihat spesifikasi smartphone. Baik dari kernel, versi OS, kapasitas RAM dan memori internal, dan juga CPU yang digunakan.

Cara ini dapat diterapkan pada semua tipe smartphone Android. Dari keluaran lama, sampai keluaran terbaru.

Sayangnya, menu untuk cek speknya dapat berbeda-beda lokasi. Meski demikian, ada di menu Tentang Ponsel perangkat tersebut.

Memeriksa Spesifikasi Android Melaui CPU-Z

Pada Android, CPU-Z merupakan aplikasi khusus yang berguna untuk mengecek spesifikasi smartphone yang kalian pakai.

Spesifikasi yang tercantum di aplikasi ini pun cukup lengkap. Kalian dapat mengecek jenis SoC, ukuran dan resolusi layar, internal memori, sampai sensor pada smartphone.

Aplikasi ini mempunyai size yang kecil, sebab ukurannya kurang dari 2 MB. Di samping itu, aplikasi ini juga dapat kalian unduh di Playstore atau klik link ini.

Memeriksa Spesifikasi Android Melalui Aida64

AIDA64 ini aplikasi khusus supaya kalian dapat memeriksa spesifikasi Android yang kalian pakai secara lengkap.

AIDA64 selain menginformasikan spesifikasi-spesifikasi dasar perangkat misalnya jenis CPU, kapasitas RAM, versi Android, atau sejenisnya, juga menginformasikan berbagai file-file sistem, aplikasi yang terinstal, sampai ukuran layar dalam satuan milimeter.

Kalian dapat download aplikasinya  disini.

Memeriksa Spesifikasi Android Melalui Internet

Internet dapat dikatakan sebagai sumber informasi paling lengkap dan paling praktis sekarang ini. Sebab kalian dapat mencari banyak informasi, termasuk informasi spesifikasi perangkat Android yang kalian pakai.

Untuk mengecek, kalian bisa buka Google. Lalu masukkan merk dan tipe smartphone kalian. Nantinya kalian akan melihat informasi spesifikasi dari perangkat yang kalian cari. Itu tadi tips untuk memeriksa spesifikasi perangkat Android yang bisa kalian lakukan. Semoga artikel di atas bisa memberikan manfaat untuk kalian. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.