Tips Memilih Drone Sesuai Budget dan Kebutuhan

0

Gaes, tahukah kalian teknologi terbaru yang canggih dan masih hits sampai saat ini? Teknologi itu bernama drone. Drone ini adalah pesawat tanpa awak yang sedang digandrungi banyak orang. Baik dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai para orang tua.

Mengoperasikan drone rasanya seru, seperti saat kalian bermain game pesawat di konsol. Bedanya “pesawat” yang kita mainkan mempunyai bentuk fisik yang nyata.

Ada berbagai macam drone yang hadir sudah dilengkapi dengan kamera, sehingga kita bisa memantaunya dari remote control.

Mungkin ada di antara kalian yang dalam waktu dekat ini ingin membeli drone untuk suatu keperluan? Berarti pas dengan artikel yang akan saya tulis ini ya, Gaes.

Terdapat beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum membeli pesawat drone. Hal-hal itu seperti apa saja?

Langsung saja kuy kita cekidot.

Tips Memilih Drone Sesuai Budget dan Kebutuhan

Pahami Jenis Drone yang Ada

Tentunya dengan makin banyak orang yang berminat dengan drone, maka semakin banyak jenis drone yang bisa kalian beli di pasaran. Tentu saja, mereka masing-masing jenis mempunyai fitur yang berbeda-beda. Funsinya, berbeda pula sesuai tujuan awal pembuatan drone tersebut.

Misalnya drone yang dipakai untuk melakukan hobi kalian. Ada juga yang memang khusus dibuat untuk industri.

Oleh karena itu, sebelum kalian membeli drone, ada baiknya mengetahui jenis-jenis drone yang ada di pasaran. Kalau sudah begitu, kalian akan jadi sudah mempunyai gambaran drone yang bagaimana yang kira-kira cocok dengan kalian.

Pahami Fitur Drone yang Ingin Dibeli

Ketika kalian telah mengetahui jenis-jenis drone, maka selanjutnya lebih spesifik kita bahas fitur done.

Setiap drone satu dengan drone lain meskipun satu jenis, belum tentu mempunyai fitur yang sama. Biasanya, makin banyak fitur, akan semakin mahal harganya. Ada juga beberapa drone baru yang mempunyai fitur khusus, pasti harganya juga lebih mahal lagi.

Perhatikan Bentuk Drone

Kalian harus tahu jika bentuk drone juga wajib kalian perhatikan sebelum membelinya. Ada drone yang mempunyai 4 baling-baling, ada juga yang lebih.

Ada yang bentuknya lonjong, bulat, kotak, dan sebagainya. Bentuk drone ini biasanya akan sangat bergantung dengan selera. Bisa jadi kan selera kalian dengan saya berbeda.

Jarak/ Jangkauan Terbang

Jangkauan atau jarak terbang juga jadi pertimbangan saat kalian ingin membeli drone. Karena pastinya jangkauan drone yang ada di pasaran beberda jarak terbangnya. Ada yang jangkauan terbangnya pendek, ada yang jauh.

Yang kalian harus catat, semakin jauh jarak terbang, maka akan semakin mahal pula harga dronenya.

Karena itu, pikirkan baik-baik dan sesuaikan dengan budget sebelum kalian membeli drone.

Perhatikan Baling-baling Drone

Dari yang saya lihat, saat ini ada dua jenis baling-baling drone yang digunakan. Ada yang memakai bahan plastik, ada juga yang memakai metal. 

Kelebihan baling-baling berbahan plastik, pastinya lebih ringan dan mengurangi beban drone. Sebaliknya, baling-baling metal memiliki kelebihan dari sisi keamanan. Ia tidak gampang rusak saat bertabrakan dengan objek seperti batang pohon, atau yang lainnya.

Perhatikan Kualitas Kamera

Kamera untuk drone dulu memang bisa dibeli terpisah. Tetapi sekarang sudah banyak pabrikan yang melengkapi drone mereka dengan kamera bawaan. Dengan menyatunya kamera bersama drone, membuatnya jadi lebih ringan.

Untuk kalian yang ingin membeli drone dengan kamera, mungkin kalian bisa memperhatikan spesifikasi kameranya. Cari tahu berapa resolusinya, merknya, dan lain-lain.

Harga Drone yang Ingin Dibeli

Harga tentunya jadi pertimbangan ketika kalian ingin membeli apapun, termasuk drone. Oleh sebab itu, ketika kalian sudah cocok dengan satu jenis drone, lihat juga harganya.

Kalau ternyata terlalu mahal dan kalian tidak cocok dari segi harga, cari drone lain yang lebih murah.

Bandingkan Harga Drone

Membandingkan harga drone yang ingin kalian beli dari satu toko dengan toko lainnya juga penting. Karena biasanya toko yang menjual drone dengan merek dan tipe sama, kalau beda toko akan berbeda pula harganya.

Kalian bisa bertanya dari satu toko ke toko yang lainnya untuk mencari harga yang paling terjangkau dengan kualitas yang sama.

Beli Online atau Offline

Gaes, kalian bisa membeli Drone baik lewat offline ataupun online. Untuk perhatian saja, membeli di toko online, umumnya harga lebih murah karena pemilik toko bisa jadi tak perlu menyewa toko secara nyata. Sedangkan dari segi kekurangannya, kalian tidak bisa mengecek barang secara langsung.

Di lain sisi, biasanya harga drone di toko fisik sedikit lebih mahal. tetapi kelebihannya, kalian bisa melakukan cek ricek drone secara langsung.

Fitur-fitur Tambahan

Drone pasti mempunyai fitur berbeda dari pabrik mereka masing-masing. Ada drone yang punya fitur untuk mengikuti kalian sebagai tuannya. Ada juga drone yang bisa dikendalikan memakai smartphone. Dan sebagainya.

Baca Juga : Frogs,Drone Taksi Terbang dari Yogya

Sebaiknya kalian mengetahui fitur tambahan ini sebelum membeli drone. Dengan demikian kalian tahu bagaimana cara memanfaatkannya dengan baik.

Semoga tips-tips saya tadi bisa membantu kalian menemukan drone idaman yang ingin kalian beli.

Pastikan juga kalian membeli dari hasil keringat sendiri. Percayalah sensasi dan kepuasannya akan berbeda saat membelinya.

Semoga bermanfaat. Salam teknologi!

READ  Cara Aktifkan Fitur Lokasi Instagram 2020

Leave A Reply

Your email address will not be published.