Tips Memilih Laptop Gaming

0

Laptop pada awalnya memang diciptakan hanya untuk pekerjaan “mengetik” seperti menulis surat, menulis berita, atau hanya sekedar untuk mengerjakan pekerjaan dan tugas sekolah. Seiring dengan perkembangan zaman, game kini telah memasuki dunia gadget. Laptop menjadi salah satu media yang digunakan untuk game-game yang berspesifikasi tinggi. Dengan game-game yang memiliki spek tinggi, tidak semua laptop dapat menampungnya karena tidak semua laptop diciptakan untuk mampu menjalankan program yang dimiliki game. Lalu laptop seperti apa yang cocok dipakai untuk bermain game? Simak penjelasannya di bawah ini!

 

Tips Memilih Laptop Gaming

1. Prosesor yang Sesuai

Prosesor yang disarankan adalah prosesor milik Intel atau AMD. Intel dan AMD memiliki perbedaan yang tidak terlalu signifikan, namun prosesor milik Intel diakui memiliki peforma yang lebih stabil dan tidak cepat panas. Prosesor Intel biasanya memiliki dua jenis yaitu mobile dan ulv, sedangkan yang biasanya dipakai untuk gaming adalah yang jenis mobile karena yang jenis ulv digunakan untuk keperluan sehari-hari yang ringan-ringan saja. Untuk laptop yang digunakan gaming, disarankan memakai minimal core i5 keatas.

Baca Juga: Trik Rahasia Instagram Membuatmu Makin Kekinian

2. Kartu Grafis

Gunakanlah kartu grafis / graphic card video graphic adapter yang berkualitas tinggi. Karena VGA inilah yang akan memberikan kesan lebih terhadap game yang kalian mainkan di laptop. Misalnya seperti Asus A46CM-WX095D NVIDIA® GeForce® GT635M 2GB dibanding Asus A46CB-WX023D NVIDIA® GeForce® GT740M 2GB memiliki versi VGA yang berbeda.

Baca Juga: Hal-Hal yang Harus Dihindari saat Bermain Game

3. RAM yang Besar

RAM atau Random Access Memory memiliki peran yang tidak kalah penting untuk laptop gaming. Minimal RAM untuk laptop gaming adalah 4gb, di bawah 4gb akan mengakibatkan laptop yang cepat panas dan lemot. Jadi gunakanlah laptop gaming dengan RAM diatas 4gb.

4. Kapasitas Penyimpanan

Pada laptop terdapat dua tempat penyimpanan, yaitu SSD dan HDD. Jika kalian menggunakan laptop gaming, minimal menggunakan laptop dengan HDD 500gb atau kalau perlu 1TB agar lebih aman. Laptop dengan HDD yang besar akan memungkinkan kalian lebih nyaman saat bermain game yang memiliki iso besar.

Baca Juga: 5 Hal yang Menyebabkan Sinyal Smartphone Melemah

5. Layar

Bukan menjadi masalah jika kalian memainkan game pada layar laptop yang kecil, tapi kepuasan bermain dan rasa seru yang didapatkan akan lebih terasa berbeda jika menggunakan layar yang lebih besar. Gunakanlah layar laptop dengan ukuran minimal 15,6 inch untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan.

6. Baterai

Semua laptop gaming pasti akan mengeluarkan performa maksimalnya saat dimainkan game oleh pemiliknya dan akan cepat menguras baterai. Oleh karena itu, carilah laptop dengan kapasitas baterai yang besar meskipun akan tetap terasa cepat habis tapi setidaknya tidak secepat laptop yang memiliki kapasitas baterai biasa-biasa saja.

Baca Juga: Sepeda Listrik dari Xiaomi dengan Harga 6 Jutaan

7. Biaya

Laptop gaming bukanlah laptop yang murah. Dengan performa tinggi dan spesifikasi tinggi yang ditawarkan membuat laptop gaming adalah laptop yang memiliki harga tinggi. Carilah laptop gaming yang menyesuaikan dengan budget kalian, ya!

 

Semoga artikel ini dapat membantu kalian memahami tips-tips khusus saat ingin membeli laptop gaming, terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.