Tips Memilih Power Bank agar Lebih Awet

0

Smartphone adalah kebutuhan yang hampir menjadi primer karena setiap orang memerlukannya setiap saat. Semua pekerjaan kini bisa dilakukan dengan smartphone. Waktu menjadi semakin efisien dan bisa dipakai untuk hal yang lainnya.

Kadang kita jadi terus-menerus menggunakan smartphone seharian. Hal ini menyebabkan smartphone kita jadi panas dan baterai jadi cepat habis. Tentunya, saat kita sedang dalam perjalanan atau berada di luar ruangan kita memerlukan perangkat untuk mengisi daya batera smartphone kita. Yaitu, dengan menggunakan power bank.

Power bank sendiri adalah aksesoris smartphone tambahan yang menjadi teman setia para pengguna smartphone di manapun kalian sedang berada. Benda ini bisa menjadi penolong di saat baterai smartphone kalian kritis.

Kalian juga tidak perlu repot-repot mencari sumber listrik untuk mengisi daya baterai smarphone kesayangan.

Nah, Gaes. Kalau kalian belum mempunyai power bank, dan sedang berencana untuk membelinya, maka jangan lupa agar kalian perhatikan dulu tips-tips dari saya berikut ini.

Dengan demikian kalian nantinya akan mendapatkan power bank yang tepat sesuai keinginan dan kebutuhan.

Beli Power Bank Sesuai Anggaran

Sebelum kalian membeli power bank, kalian harus menyiapkan uang kan? Setelah itu, kalian harus menyesuaikan dengan anggaran akan membeli power bank merk dan model apa nantinya.

Kalau kalian sudah tahu budget yang akan kalian pakai, memilih power bank yang ingin kalian beli pasti jadi lebih mudah.

Belilah Power Bank yang Asli

Power bank adalah salah satu perangkat yang paling banyak dipalsukan, padahal kalau kalian tahu harganya terbilang cukup murah.

Tentunya, para pemalsu ini menjual power bank dengan harga yang lebih murah lagi. Karena sebab inilah banyak sekali power bank beredar di pasaran.

Baca Juga : Xiomi Luncurkan 4 Power Bank Super

Lebih parahnya, banyak pembeli tidak sadar kalau  power bank yang mereka beli adalah barang palsu. Semoga itu tidak terjadi pada kalian ya, Gaes.

Dan seperti barang palsu lainnya, power bank palsu pasti mempunyai kualitas yang buruk dengan masa pakai yang lebih pendek dari yang asli. Ditambah lagi, kapasitas baterai sering tidak sesuai dengan yang tertera di kemasan power bank tersebut.

Baca Juga : Charger Smartphone Aman dan Benar Hanya Setengah Jam

Ciri-ciri power bank palsu biasanya harganya  jauh di bawah harga pasaran. Di samping itu kadang mereka dikemas dengan baik.

Tips mendapatkan power bank asli, pastikan kalian membelinya hanya dari toko-toko besar.

Pastikan Power Bank yang Dibeli Kompatibel 

Power bank mempunyai teknologi yang berbeda-beda. Ada yang memakai port USB C, ada juga yang masih memakai port USB B. Kalian harus bisa menyesuaikan power bank dengan smartphone milik kalian. Jangan sampai membeli power bank duluan, tapi akhirnya tidak bisa dipakai karena beda port.

Pilih Jenis Power Bank yang Sesuai Kebutuhan

Power bank mempunyai banyak jenis. Ada yang bisa diisi memakai daya listrik, ada juga dengan cahaya matahari. Kalau kalian sering bekerja di luar ruangan, contohnya mendaki gunung, maka power bank dengan solar charging mungkin cocok untuk kalian. Begitu juga, untuk yang memakai daya listrik, dia bisa dipakai semua orang.

Perhatikan Kapasitas Baterai Power Bank yang Ingin Dibeli

Kapasitas baterai power bank juga perlu kalian perhatikan sebelum membelinya. Biasanya kapasitasnya dimulai dari 2500 mAh, 5000 mAh, 10.000 mAh, dan lainnya.

Baca Juga : Tips Menyalakan Smartphone Tanpa Tombol Power

Saya sendiri ketika memilih power bank, akan memilih yang berkapasitas 2 kali dari baterai smartphone saya. Mungkin kalian berbeda kebutuhannya. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian, Gaes.

Nilai Arus Harus Cocok dengan Smartphone

Gaes, kecepatan arus keluar power bank harus lebih besar dari kecepatan arus yang bisa masuk ke smartphone kalian. Kalau kebalikannya, maka smartphone kalian akan full baterainya menjadi lama.

Waspada Power Bank Kepasitas Besar dengan Harga Murah

Hal ini juga klaian perlu perhatikan ya, Gaes. Memang semakin besar kapasitas semakin bagus, Tapi kalian juga harus tahu, semakin besar kapasitas, harganya juga sejalan jadi lebih mahal.

Kalau sampai kalian menemukan power bank kapasitas besar, harga murah, waspadalah. Mungkin itu power bank palsu yang kapasitas baterainya tidak sesuai dengan angka yang tertulis di kemasan.

Perhatikan Tipe Sel Baterai pada Power Bank

Untuk informasi, sekarang ini di pasaran ada dua jenis sel baterai yang dipakai, yaitu Li-Ion dan Li-Po. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Carilah mana tipe sel baterai yang kira-kira cocok dengan kalian.

Perhatikan Sertifikasi Power Bank

Gaes, power bank bisanya mempunyai sertifikasi. Hal ini wajar dilakukan di negara-negara maju. Bahkan perangkan elektronik lain seperti laptop, komputer, ponsel hingga tablet juga diharuskan mempunyai sertifikasi. Sertifikasi tersebut antara lain FCC, EC dan juga BC.

Fitur Keamanan Power Bank

Fitur ini ada untuk mencegah terjadinya kerusakan power bank, Gaes. Biasanya berupa Perlindungan Pengisian Lebih. Fitur ini membuat power bank akan berhenti mengalirkan daya ke perangkat kalau baterainya sudah full.

Fitur keamanan lainnya Perlindungan Sirkuit Pendek. Fitur ini berfungsi mencegah kerusakan power bank saat dipakai atau kasus konsleting listrik di dalam power bank.

Layar Indikator Pada Power Bank

Untuk memudahkan kalian mengetahui berapa sisa daya yang ada di power bank, hal ini juga perlu. Dengan hadirnya layar indikator, kalian bisa tahu persis berapa daya yang tersisa. Dengan begitu misal kalian ingin pergi jauh, kalian bisa cas dulu atau tidak sesuai indikatornya.

Informasi Garansi

Usahakan kalian membeli power bank dengan garansi resmi, bukan toko. Ini agar klaim garansi dapat dilakukan dengan mudah.

Pilih Model Power Bank yang Sesuai Selera

Pilih model power bank sesuai selera kalian. Ada yang berbentuk kubus, lonjong, tipis, dan masih banyak lagi.

Fitur Tambahan Power Bank Lainnya

Banyak produsen power bank yang terus berinovasi menghadirkan fitur unik di power bank mereka. Ada yang memberi kabel data bawaan yang tersambung dengan power bank, ada yang bisa dicas memakai cahaya matahari, dan lainnya.

Baca Juga : Tips Mengatasi Smartphone Tidak Bisa di Charger

Nah, selesai. Semoga tipsnya bermanfaat untuk kalian ya, Gaes. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.