Tips Memotret dengan Kamera iPhone, Mirip DSLR!

0

iPhone dikenal dengan hasil potretnya yang bagus dan sangat natural. Hasil kamera dari iPhone semenjak pertama kali iPhone rilis selalu menjadi kegemaran banyak orang. Walaupun iPhone sering menjadi hal yang dibingungkan banyak orang karena memiliki megapixel yang kecil dibandingkan dengan smartphone pada umumnya, namun iPhone tetap bisa bersaing dengan smartphone yang memiliki megapixel lebih tinggi. Tidak jarang iPhone digunakan bagi para fotografer maupun videografer untuk mengambil gambar yang indah, karena sesuai pada faktanya memang terkadang kamera iPhone memiliki hasil yang setara dengan DSLR. Lalu bagaimana trik untuk mendapatkan hasil foto yang bagus hanya dengan menggunakan iPhone? Yuk disimak penjelasan di bawah ini!

 

Tips Memotret dengan Kamera iPhone, Mirip DSLR!

 

1. Aktifkan Fitur Grid untuk Hasil Foto yang Presisi

Grid adalah garis-garis yang ada di fitur kamera yang berfungsi untuk membantu kalian mendapatkan hasil foto yang presisi. Terkadang kita kesulitan untuk menentukan posisi yang sesuai untuk mengambil foto dan hasil foto jadi terlihat miring. Oleh karena itu, gunakanlah fitur grid agar lebih mudah mencari posisi atau sudut yang sesuai saat mengambil foto menggunakan iPhone.

Cara mengaktifkan fitur grid: buka Settings, scroll ke bawah lalu klik Camera, dan aktifkan Grid.

Baca Juga: Mengaktifkan Dark Mode pada Chrome

2. Atur Focus dan Brightness pada Kamera

Agar mendapatkan hasil foto yang bagus, gunakanlah fitur focus dan brightness dengan cara menaikkan icon matahari yang berada di samping kanan kotak focus. Cara yang mudah tersebut dapat membuat hasil foto kalian lebih cantik, dan tentu tidak kalah dengan DSLR!

Baca Juga: Apple Pastikan Notch di iPhone Hilang

3. Gunakan Burst Mode

Gunakan burst mode untuk menangkap gambar yang bergerak. Terkadang sulit sekali mengambil gambar yang sedang bergerak seperti mobil yang berjalan, air terjun, atau bahkan kupu-kupu yang sedang terbang. Tidak perlu lagi merasa kesulitan karena kalian hanya perlu menekan tombol shutter cukup lama. Saat hasil foto burst mode sudah masuk ke dalam gallery kamera iPhone, kalian bisa langsung memilih mana foto yang terbaik yang akan disimpan dan menghapus foto yang tidak dipilih untuk disimpan secara langsung.

Baca Juga: Realme Buds Air; Earbuds Nirkabel Terbaik

4. Aktifkan HDR

Saat mengambil foto, fitur HDR yang diaktifkan akan mengambil gambar dengan tiga eksposur yang berbeda, iPhone akan menyimpan detail-detail penting dari ketiga eksposur tersebut lalu menggabungkannya. Namun, jangan gunakan HDR untuk mengambil objek gambar yang bergerak karena akan menghasilkan gambar yang buram. Jadi usahakanlah untuk mencari objek yang stabil seperti foto pemandangan. Untuk mengaktifkan HDR kalian hanya perlu meng-klik tulisan HDR dibagian atas layar saat membuka kamera.

Baca Juga: Smartphone for Gamers, Baterai Jumbo Murah Meriah

5. Edit Hasil Foto Langsung dari iPhone

Tidak perlu lagi mengunduh aplikasi tambahan untuk mengedit gambar hasil potret kamera iPhone kalian, cukup dengan menggunakan fitur editing yang ada pada foto di dalam gallery iPhone kalian. Mode editing yang diberikan pun cukup lengkap, dari mulai memberi filter, mengatur brightness, shadows, contrast, saturation, dan lain sebagainya. Untuk mengakses fitur editing ini, kalian hanya perlu membuka gallery camera iPhone, memilih foto yang akan di edit lalu klik “edit” pada bagian atas layar.

 

Dari penjelasan di atas, apakah kalian tertarik untuk mencobanya? Semoga artikel ini dapat membantu, dan terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.