Tips Memperbesar Ukuran RAM HP Tanpa Root, Langsung Ngebut!

0

Hello guys!

Kini aplikasi untuk smartphone semakin beragam dan semakin diperbarui agar kepuasan para penggunanya meningkat. Namun, pernahkah kamu memperhatikan bahwa semakin diperbarui aplikasi tersebut, maka ukurannya semakin bertambah. Tentu saja akan memakan ruang penyimpanan memori internal mu pun semakin sempit. Aplikasi dengan ukuran yang terlalu besar dan memberatkan bagi ponselmu dapat menimbulkan masalah pada perangkat. Hal tersebut terjadi karena kapasitas RAM ponsel yang tersedia semakin menipis karena terlalu banyak yang dipakai.

Seberapapun besarnya ukuran RAM yang dimiliki oleh ponselmu, tetap saja kapasitasnya terbatas pada ukuran tertentu. Ketika kapasitas RAM ini menipis dan hampir habis, maka performa ponsel yang kamu gunakan pun akan semakin menurun. Solusi yang bisa kamu lakukan dalam hal ini adalah dengan menambah kapasitas RAM ponselmu tersebut. Sementara Ram tersebut sudah tidak bisa diotak – atik. Pasti kamu bingung kan bagaimana caranya menambah kapasitas RAM. Yuk simak 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk memperbesar ukuran RAM ponselmu berikut ini guys!

  • Melakukan uninstall aplikasi

Aplikasi yang terlalu banyak terpasang pada ponselmu merupakan salah satu penyebab utama RAM menjadi semakin menipis. Padahal belum tentu kamu menggunakan semua aplikasi yang terpasang di ponselmu. Sebaiknya kamu meng-uninstall atau menghapus aplikasi yang tidak terlalu penting atau sangat jarang kamu gunakan. Kamu juga bisa menutup aplikasi tersebut akan tidak berjalan di latar belakang agar bisa menghemat baterai juga guys.

  • Melakukan disable pada aplikasi

Aplikasi bawaan biasanya tidak bisa di-uninstall. Meskipun ada caranya, kebanyakan pengguna smartphone tidak mau melakukan cara tersebut karena takut merusak sistem ponselnya. Nah, kamu bisa saja menyiasatinya dengan cara menonaktifkan aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur Disable Application yang tersedia di ponselmu. Kamu juga bisa melakukan cara ini pada aplikasi lain yang tidak ingin kamu uninstall guys.

  • Mengurangi widget dan live wallpaper

Cara yang satu ini memang sederhana, namun sangat berguna jika kamu ingin membuat kapasitas RAM sedikit lebih luas. Kedua fitur ini sangat mengonsumsi RAM jika dipasang di ponselmu. Tidak sedikit widget yang selalu refresh, sementara live wallpaper selalu aktif ketika layar menyala. Tidak hanya memakan RAM, kedua fitur ini juga dapat menguras baterai ponselmu guys. 

  • Melakukan nonaktif pada animasi

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memperbesar ukuran RAM adalah dengan menonaktifkan animasi yang digunakan pada ponselmu. Kamu harus masuk dulu ke mode Developer Option atau Opsi Pengembang jika ingin mematikan animasi yang ada di ponselmu. Caranya dengan membuka menu settings, scroll ke bawah dan tekan menu About Phone. Pilih opsi software information, klik 7 kali pada bagian build number untuk mengaktifkan developer options. Kembali ke menu settings, scroll ke bawah dan klik developer options. Klik pada menu animasi dan pilih Animation Off. 

  • Menggunakan aplikasi Booster

Kamu juga bisa membuat performa ponselmu semakin kencang dengan menggunakan aplikasi Booster, layaknya aplikasi game booster untuk game. Biasanya aplikasi ini menawarkan fitur RAM Booster yang dapat menghapus aplikasi yang tidak penting dan memakan kapasitas RAM di ponselmu. Salah satu aplikasi Booster yang bagus adalah Smart Booster yang dikembangkan oleh AntTek Mobile. 

Baca Juga : 

  1. Aplikasi Untuk Menambah Memori Internal dan Membuat RAM Lega
  2. 3 Cara Mudah dan Praktis Mengecek RAM Laptop Tak Perlu Lihat Box
  3. Cara Mudah Menambah RAM  di PC atau Laptop Tanpa Biaya
  4. Cara Memperbaiki RaM Rusak di Komputer atau Laptop

Nah, itulah tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat ponselmu makin kencang dengan memperluas kapasitas RAM. Kamu bisa mencari tips lainnya yaa. Say goodbye untuk ponsel yang lemot guys. Selamat mencoba yaa.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.