Tips Mempercepat Chrome

Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka sekarang yang harus kalian lakukan adalah segera mengatasinya. Bagaimana caranya? Langsung simak bareng kuy!

0

Ada beberapa hal yang bisa membuat performa Chrome melambat. Contohnya terlalu banyak memasang ekstensi, memakai tema yang mempunyai ukuran cukup besar.

Kalian para pengguna Google Chrome dan saat ini merasa kesal ketika mencari informasi tapi malah lemot aksesnya? Tidak perlu khawatir, Gaes. Kalian bisa mengatasinya dengan tips ampuh di artikel ini.

Sebelumnya, kalian harus tahu apa penyebab yang membuat Google Chrome pada PC atau laptop menjadi lambat.

Biasanya, ada beberapa hal yang bisa membuat performa Chrome melambat. Contohnya terlalu banyak memasang ekstensi, memakai tema yang mempunyai ukuran cukup besar. Atau bisa juga jaringan kalian yang memang lambat.

Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka sekarang yang harus kalian lakukan adalah segera mengatasinya.

Bagaimana caranya? Langsung simak bareng kuy!

Mempercepat Internet di Google Chrome

Pada dasarnya untuk dapat mempercepat internet di Google Chrome tidak terlalu sulit. Kalian cukup mengikuti beberapa tips yang akan dibagikan di bawah ini.

Dengan catatan semua juga tergantung koneksi kalian, Gaes.

Uninstall Ekstensi Tidak Dibutuhkan

Bisa jadi kalian adalah tipe orang yang praktis, sehingga banyak memakai ekstensi. Tetapi memiliki banyak ekstensi juga sangat mempengaruhi kinerja Google Chrome kalian.

Google Chrome bisa makin melambat apabila kalian banyak memasang ekstensi. Karenanya, apabila suatu ekstensi sudah tidak dibutuhkan lagi, akan lebih untuk kalian uninstall saja.

Untuk uninstall ekstensi di Google Chrome, kalian harus membuka Google Chrome dulu. Jika sudah, klik kanan di menu atau icon titik tiga yang ada di sebelah kanan atas, klik fitur Lainnya, lalu tap Ekstensi.

Sesudah masuk ke jendela ekstensi, klik ekstensi mana yang kiranya tidak kalian butuhkan lagi.

Kalian hanya bisa menonaktifkan (disable) ekstensi yang tidak dipakai, kalau ragu dan tidak ingin menghapusnya. Tetapi apabila ingin menghapusnya, langsung saja tap opsi Hapus.

Sesudah muncul pesan notifikasi, silakan ta Hapus lagi untuk mengkonfirmasinya.

Sekarang ekstensi yang tidak kalian gunakan tersebut, sudah berhasil dinonaktifkan/dihapus.

Aktifkan Plugin Click-to-Play

Google Chrome memakai flash agar bisa memblokir iklan yang umumnya tampil secara otomatis saat kalian mengakses website tertentu.

Tetapi, sekarang Google Chrome memiliki plugin click-to-play yang bisa kalian atur via menu pengaturan.

Caranya, disini akan dipakai cara termudah saja. Silakan ketik di Google Chrome “chrome://settings/content”, kemudian klik Enter.

Berikutnya, scroll halaman tersebut ke bawah sampai kalian menemukan opsi Flash. Tap opsi tersebut.

Agar bisa menerapkan plugin click-to-play, klik opsi yang diberi tanda merah, sampai tulisan di sebelah kiri berubah menjadi Tanyakan Dulu.

Sekarang setiap kalian mengakses situs yang memakai flash, maka secara otomatis Google Chrome akan memberikan notifikasi.

Install Ekstensi OneTab

Apabila kalian sering membuka beberapa tab di Google Chrome di satu waktu, maka hal ini pasti saja akan akan memperlambat kinerjanya.

Hal tersebut disebabkan, RAM di komputer kalian tidak mampu untuk memprosesnya.

Oleh karena itu, disarankan untuk memakai ekstensi OneTab. Ekstensi ini bermanfaat untuk mengkonversi semua tab yang dibuka menjadi satu halaman.

Untuk install ekstensi OneTab, buka dulu setelan Google Chrome. Dengan tap menu dengan icon titik tiga di sebelah kanan atas, lalu tap opsi Setelan. Jika sudah, klik menu Tampilan, dan tap Tema.

Sesudah jendela Web Store terbuka, ketik “OneTab” di kolom pencarian, lalu klik Enter untuk mencarinya.

Berikutnya, tap Tambahkan ke Chrome untuk memulai proses instalasi. Tunggu sampai ekstensi selesai terpasang.

Sekarang kalian tidak perlu khawatir Google Chrome menjadi lambat lagi ketika ingin membuka beberapa tab dalam satu waktu.

Pakai Google Chrome Canary

Apabila kalian penasaran ingin mencoba fitur yang sedang dikembangkan oleh developer, sebaiknya coba Google Chrome Canary.

Bahkan di sini kalian bisa mempercepat pengaksesan Google Chrome dengan memilih fitur yang tepat.

Tapi ingat, beberapa fitur yang ada mungkin malah dapat membuat browser mengalami crash.

Kalau kalian penasaran ingin mencobanya, ketikkan “chrome://flags” pada kolom address.

Di sana kalian dapat mencari fitur yang ingin dicoba. Disarankan mencoba beberapa di antaranya, contohnya dark mode for web contents, enable fast tab/ windows cache, dan automatic tab distancing.

Pakai Data Saver

Untuk kalian para pengguna web browser Google Chrome di smartphone, maka bisa memakai fitur ini. Di samping mempercepat proses akses, fitur data saver juga membuat kuota kalian menjadi lebih hemat.

Caranya, buka aplikasi Google Chrome di smartphone. Kemudian, pilih menu yang berbentuk icon titik tiga di sisi kanan atas, dan tap Setelan.

Sesudah masuk ke jendela Setelan, sekarang kalian dapat tap opsi Mode Ringan. Silakan diaktifkan.

Dengan demikian, sekarang data saver atau mode ringan di Google Chrome kalian sudah aktif. Kalian bisa melihat juga berapa ukuran data yang dihemat dengan memakai fitur tersebut.

Gunakan Tema Ringan

Cara terakhir yaitu memakai tema yang ringan pada Google Chrome kalian.

Umumnya, tema ringan itu tidak ada gambarnya, dan kombinasi warnanya pun sedikit.

Kalau ingin tahu apa aja tema ringan yang direkomendasikan, maka contohnya adalah tema default, just balck, dan Neon Kingdom (Red Neon). Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.