Tips Mencegah Penyebaran Virus Corona Covid-19 pada Smartphone

0

Adanya virus Corona atau novel coronavirus (SARS-CoV-2 atau Covid-19) yang kini penyebarannya makin meluas, bahkan sudah masuk ke Indonesia harus membuat kita lebih waspada. Apalagi saat ini sudah ada 19 kasus WNI yang terpapar virus Corona.

Penyebaran virus seperti Covid-19 ini sendiri diketahui tersebar melalui kontak langsung dengan orang yang telah terpapar. Walau pun sempat berhembus isu tentang penyebaran virus lewat smartphone, tetapi ini kecil peluangnya terjadi. Tentu saja karena smartphone adalah benda mati yang bukan menjadi tempat untuk bertahan ideal sang virus.

Kementerian Kesehatan RI pun menegaskan, penyebaran novel coronavirus lewat barang kemungkinannya sangat kecil karena virus memerlukan makhluk hidup seperti manusia atau hewan sebagai inang untuk bertahan hidupnya, Gaes.

Baru-baru ini, salah satu produsen terkenal OPPO pun ikut dengan kejadian ini. Mereka ikut mengkampanyekan pola hidup sehat, salah satunya yaitu pentingnya merawat smartphone agar selalu bersih dan bebas dari kuman.

PR Manager OPPO Indonesia mengatakan bahwa sebaiknya kita tetap tidak panik dengan adanya kasus virus Corona, justru sebaliknya harus membuat pencegahan dari diri sendiri, salah satunya dengan merawat smartphone tetap bersih dan tidak menjadi sarang kuman atau bakteri.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mencegah atau menghindari tersebarnya virus Corona lewat smartphone? Saya akan berikan ulasannya hanya untuk kalian.

Tips Mencegah Penyebaran Virus Corona Covid-19 pada Smartphone

Gaes, cara terbaik awal menghindari atau mencegah penyebaran virus Corona Covid-19 ini yaitu dengan kita selalu menjaga kebersihan, mencuci tangan dengan sabun atau cairan antiseptik, menutup hidung dan mulut ketika batuk, memakai masker, dan menghindari kontak langsung dengan orang lain yang sedang mengalami sakit flu atau batuk. Kenapa? Karena, satu tetesan kecil dari batuk dan bersin orang yang sudah terinfeksi bisa membawa virus Corona baru sejauh satu sampai dua meter.

Ya, walau pun sudah dikatakan bahwa smartphone bukanlah media perantara bagi virus Corona, kita juga tetap harus memperhatikan kebersihan perangkat kita ya, Gaes. Karena biasanya kita setiap hari berinteraksi dengan layar smartphone lebih dari 2.000 kali sehari, seperti menyentuh, mengusap, melakukan panggilan telepon dengan menaruhnya di dekat telinga, dan sebagainya. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan smartphone kita jadinya bisa menampung banyak bakteri dan kuman. Di layar dan juga badan smartphone sangat terindikasi kotor dan umumnya kita sering lupa untuk menjaga kebersihan smartphone kita tersebut.

Perilaku-perilaku kita yang sering memegang muka, hidung dan mulut setelah memegang smartphone yang kotor bisa membuat dampak buruk bagi tubuh kita ya, Gaes. Sebab itulah, perilaku hidup bersih dan sehat untuk upaya peencegahan tertular virus Corona Covid-19 ini perlu untuk terus kita kampanyekan.

Dari pihak OPPO sendiri memberikan rekomendasi para penggunanya untuk membersihkan layar smartphone dengan kain microfiber yang sedikit basah dengan air hangat dan sabun. Kita sebagai pengguna smartphone juga bisa memakai tisu wajah atau tisu bayi, lalu mengelapnya dengan kain lembut. Bisa juga dengan kapas yang diberi minyak kayu putih, lalu kita bersihkan layar smartphone kita, maka akan menjadi bersih kembali.

Khusus untuk smartphone OPPO, jangan pernah membersihkan layar smartphone OPPO dengan pembersih kaca jendela atau disinfektan yang ada bahan kimia yang kuat, karena justru bisa merusak elemen pelapis layar. Pembersih sinar UV-C juga bisa dipakai untuk menjangkau bagian sulit dan lubang-lubang kecil di smartphone kita.

Nah, itu tadi tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid-19 di smartphone kita. Meski kemungkinannya kecil, akan lebih baik ya kalau kita tanpa ada alasan takut sakit atau yang lain selalu rajin merawat barang-barang kita, termasuk melakukan perawatan pada smartphone kita.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Gaes. Salam tekn

Leave A Reply

Your email address will not be published.